img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh dan bisa digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit, meskipun memiliki citra rasa yang asam dab sedikit kecut. Markisa adalah salah satu buah yang lezat dan banyak digemari oleh banyak orang. Selain kelezatan yang ditawarkan, ternyata buah satu ini memberikan banyak manfaat. Buah markisa ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, hingga dapat meredakan beberapa penyakit dan keluhan-keluhan pada manusia.

Buah markisa berkhasiat sebagai antikanker, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah tekanan darah tinggi. Markisa adalah buah yang sangat bergizi. Buah ini banyak ditemui di benua Amerika Selatan dan sekarang tersedia secara luas di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Buah ini memiliki berbagai warna. Namun, secara umum memiliki dua warna, yaitu Markisa ungu dan kuning. Memiliki nutrisi tinggi yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

Ada juga manfaat lainnya adalah bisa mengatasi dan merawat saluran pencernaan. Pencernaan Anda akan semakin sehat dengan mengonsumsi markisa secara teratur. Buah markisa mengandung daging buah yang lembut dan banyak biji di dalam kulit buah yang keras. Orang bisa memakan biji dan ampasnya, membuat jus, atau menambahkannya ke jus lain.

Buah markisa merupakan sumber yang kaya akan antioksidan kuat dan mungkin juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Buah ini memiliki rasa yang khas, dengan cita rasa asam berpadu manis yang menyegarkan.

Markisa adalah buah dari tanaman tropis yang dikenal sebagai Passiflora. Tanaman ini tumbuh di negara beriklim hangat seperti Australia, India, dan Indonesia. Ada dua jenis markisa yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu markisa ungu dan kuning.

Buah markisa ungu merupakan yang paling banyak dibudidayakan karena rasanya paling lezat dengan aromanya yang wangi. Biasanya, buah ini dapat ditemukan di kawasan dataran tinggi dengan iklim basah.

Meskipun berlainan dalam warna dan rasa, kandungan gizi pada buah markisa ungu dan kuning tidak begitu berbeda. Berikut zat gizi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi dua buah markisa seberat 100 gram. Buah markisa juga kaya akan senyawa tanaman yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Beberapa senyawa yang paling tinggi kandungannya yakni karotenoid dan polifenol.

Manfaat Kandungan nutrisi dalam buah ini bisa memberikan banyak kebaikan untuk tubuh, mulai dari mencegah berbagai penyakit hingga menjaga kesehatan tubuh. Dalam 1 buah markisa, terkandung sekitar 80 – 100 kalori.

Buah markisa mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan kalium.

Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi lain dalam jumlah kecil, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Kandungan inilah yang membuat buah markisa menjadi buah yang menyehatkan.

Kira-kira apa saja sih manfaat dari buah markisa yang asem ini, yuk kita Intip artikel berikut ini!

1. Membantu Program Diet

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Buah markisa mengandung 17 kalori. Meskipun rasanya manis, indeks glikemiknya juga rendah. Karena itulah buah ini cocok dikonsumsi mereka yang sedang berdiet. Selain itu, biji berselaput di dalamnya tinggi serat yang baik untuk pejuang kurus.

Untuk kalian yang tengah menjalani program diet, dan mencoba menurunkan berat badan, alangkah baiknya mencoba konsumsi rutin buah markisa kuning atau ungu, bisa dimakan langsung atau dicampuri dengan air lemon dan bisa juga dibuat jus. Selain tiu, kandungan serat dalam buah ini juga bisa membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama.

Buah markisa juga mengandung karbohidrat kompleks dan gula alami yang berperan menurunkan kolesterol. Senyawa baik yang terkandung didalamnya, bisa mempercepat proses pemulihan tubuh dan menambah energi.

2. Membuat Kulit Lebih Kencang

Pinterest
Foto : Pinterest

Dilansir Healthline, buah markisa merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin ini berperan penting bagi produksi kolagen yang berperan untuk menjaga kekenyalan kulit.

3. Meredakan Penyakit Asma

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Markisa juga dipercaya bisa meredakan asma. Kandungan vitamin C pada buah ini diketahui bisa menghambat senyawa penyebab reaksi alergi dan gejala asma. Markisa juga mengandung polifenol yang bersifat antiradang. Zat ini berguna untuk meredangan radang di saluran pernapasan.

4. Menguatkan Tulang & Mencegah Osteoporosis

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Manfaat berikutnya dari buah tropis ini yaitu bisa menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kandungan mineral dipercaya bisa menurunkan risiko osteoporosis. Karena kaya mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dan magnesium, buah markisa bisa menjadi cara yang bagus untuk mempertahankan kepadatan tulang.

5. Mencegah Kanker Menjalar

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Manfaat buah markisa untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa menurunkan risiko kanker. Hal ini dikarenakan markisa mengandung beta-karoten. Menurut penelitian, konsumsi makanan tinggi beta karoten bisa menurunkan risiko kanker payudara dan lambung.

Antioksidan baik yang terkandung di buah markisa bisa digunakan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Antioksidan ini akan bertugas dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.

6. Menjaga Kesehatan Mental & Otak

www.freepik.com/kues1
Foto : www.freepik.com/kues1

Menjaga kesehatan mental dan otak merupakan salah satu manfaat buah markisa kuning. Selain menjaga kesehatan fisik, manusia juga harus senantiasa menjaga kesehatan mental dan otak akan dapat beraktivitas dengan baik.

Buah markisa mengandung manfaat asam folat yang baik untuk kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masih dalam kandungan.

7. Mengatasi Gejala Insomnia

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Bagi penderita insomnia, bisa mencoba untuk mengonsumi buah markisa kuning untuk mengatasi insomnia. Manfaat buah markisa kuning yang baik untuk penderita insomnia ini memiliki efek yang dapat membuat sistem saraf tenang serta merilekskan pikiran sehingga akan menjadikan saraf Anda menjadi mudah mengantuk.

Dengan mengkonsumsi segelas jus markisa sebelum tidur agar anda bisa terhindar dari gejala insomnia. Jangan lupa mencoba ya, agar kalian tidak begadang terus.

8. Membantu Proses Pencernaan

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Terkena sembelit biasanya dapat mengonsumsi buah markisa kuning untuk membantu memperlancar dan menyehatkan pencernaan. Manfaat buah markisa kuning dapat membantu untuk memperlancar dan menyehatkan perncernaan karena mengandung serat tinggi yang terkandung di dalam daging buahnya.

Biji buah markisa juga bisa dimakan karena mengandung serat yang tinggi juga. Dengan rajin mengonsumsi buah markisa maka pencernaan lancar serta usus menjadi bersih.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kandungan buah markisa yang kaya serat tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga berperan untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Dalam hal ini, serat membantu mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah. Kandungan serat dan kalium pada buah markisa berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah markisa dalam menjaga kesehatan jantung didukung oleh kemampuannya untuk menstabilkan tekanan darah. Selain itu, buah markisa juga rendah natrium.

10. Meningkatkan Imun Tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Topik Terkait