img_title
Foto : Pinterest/raf.tentua

IntipSelebEs teler merupakan salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang. Es teler merupakan sajian menu minuman yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

Es teler sendiri adalah es yang terdiri dari buah alpukat, kelapa muda, cincau hingga nangka, kemudian diberi parutan es batu lembut atau juga bongkahan es batu kecil-kecil yang kemudian dijadikan dengan santan atau susu kental manis.

Perpaduan rasa susu dan juga buah alpukat yang mendominasi, membuat siapa saja menjadi ketagihan ketika meminum minuman yang satu ini. Lantas taukah kamu bagaimana sejarah dari es teler? Kalau belum, simak pembahasannya berikut ini.

Sejarah es teler

Pinterest/Putu aLiki Official
Foto : Pinterest/Putu aLiki Official

Sejarah terciptanya es teler hadir sekitar tahun 80-an. Kala itu di Jalan Semarang, Jakarta Pusat, ada seorang pedagang es campur bernama Tukiman Darmowijono yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo, jawa Tengah. Tukiman menjual es campur di gerobak dan banyak disenangi oleh para pembelinya.

Kemudian di tahun 1980, ada anak-anak muda yang membeli dan meminum es campur buatannya. Lantas setelah meminumnya, anak-anak muda tersebut berucap bahwa es campur buatan Tukiman enak, saking enaknya jadi bikin orang merasa ‘teler’. Teler sendiri merupakan ungkapan apabila seseorang merasa melayang usai mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Kala itu, es campur buatan Tukiman memang sedikit berbeda dari es campur lainnya yakni terdiri dari buah alpukat yang dicampur dengan kelapa muda, sirup dan susu. Maka sejak saat itulah, Tukiman mulai menamai es campur buatannya menjadi “es teler”.

Kepopuleran es teler buatan Tukiman kala itu semakin banyak dibicarakan orang. Promosi dari mulut ke mulut hingga pada para media pun ikut meliput es tersebut. Berjualan dengan menggunakan gerobak dan berlokasi di pinggir jalan, bahkan menimbulkan antrean yang panjang dari para pembeli yang datang menggunakan mobil.

Alhasil, tumpukan kendaran itu membuat warga sekitar Jalan Semarang menjadi terganggu.
Semenjak saat itu, akhirnya Tukiman pindah ke daerah Jalan Pegangsaan Barat dan membuka lapak di dalam kompleks bioskop Megaria. Semakin ramai, akhirnya ia menambahkan varian menu lainnya seperti ayam bakar.

Kabarnya, kini kedai es teler Tukiman yang berada di kompleks tersebut sekarang telah berganti nama menjadi Kedai Ayam Bakar dan Es Teler Sari Mulia Asli. Kini kabarnya Es Teler Sari Mulia Asli itu masih terus berkembang hingga kini, bahkan kini telah memiliki 7 cabang.

Pengunjung yang datang ke Es Teler Sari Mulia juga kerap kali berasal dari kalangan artis hingga politisi, seperti Jarwo Kuat, Puan Maharani, hingga Keluarga Cendana, yakni keluarga mantan Presiden Soeharto.

Tukiman yang berasal dari daerah Kabupaten Sukoharjo, juga membuka rumah makan di daerah Sukoharjo, di Jl. Raya Veteran No.30 dan di Jl Ir Soekarno Solo Baru dengan nama, Siomay WOLU-WOLU. Kemudian di tahun 2005, Es Teler resmi dijadikan minuman khas Sukoharjo oleh Bambang Riyanto Bupati Sukoharjo yang menjabat waktu itu 2005.

Kini es teler sudah sangat mudah dijumpai di mana saja. Banyak penjual yang menjajakannya dengan cara di kelilingi dengan gerobak, namun ada juga yang membuat kios-kios sederhana hingga outlet besar yang menjajakan es teler. Seperti misalnya saja salah satu rumah makan siap saji yang cukup terkenal, yakni Es Teler 77.

Es Teler 77 didirikan oleh Sukyatno Nugroho. Pendirian restoran ini bersadarkan resep dari mertuanya, yakni Murniati Widjaja pada tahun 1982 silam di Jakarta. Bisnis ini berawal dari dari Murniati yang menang lomba membuat es teler tingkat nasional pada tahun 1982. Selain menjual es teler, restoran ini juga menyajikan makanan khas Indonesia lainnya, seperti nasi goreng, mi ayam dan lain sebagainya.

Cara membuat es teler

Pinterest/gaksukaseblak
Foto : Pinterest/gaksukaseblak

Setelah mengetahui sejarahnya, kini tak ada salahnya untuk mengetahui cara membuatnya. Sebab, cara membuat es teler sendiri cukup mudah.

Bahan-bahannya pun sedikit dan mudah ditemui, namun, bahan wajib yang harus ada di dalam campuran es teler adalah buah alpukat, buah nangka dan juga kelapa muda. Tetapi jika ada yang alergi terhadap beberapa buah wajib di atas, bisa dilewati.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat es teler.

1. Es teler

Bahan es teler
- 2 buah alpukat
- 10 buah nangka
- 1/2 butir daging kelapa
- Susu kental manis
- Es batu
Sirup santan :
- 500 ml santan
- 12SDM gula pasir
- 2 ikat daun pandan
- sejumput garam

Cara membuat es teler

1. Didihkan santan bersama dengan daun pandan, gula dan juga garam. Kemudian aduk-aduk terus agar santannya tidak pecah. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
2. Seteleh selesai, potong-potong buah nangka, buah alpukat berukuran dadu (bisa dipotong sesuai dengan selera).

3. Taruh es baru di dalam mangkuk, kemudian tambahkan alpukat, nangka, dan juga kelapa muda. Kemudian siram dengan kuah santan yang telah dibuat.
4. Aduk-aduk sebentar, kemudian tambahkan susu kental manis (sesuaikan dengan selera). Aduk kembali.
5. Es teler siap disajikan.

2. Es teler sultan

Bahan es teler sultan
- Kelapa muda
- 2 buah alpukat (dipotong tipis)
- Mutiara merah secukupnya
- Nangka dipotong dadu secukupnya

- 1 sendok sayur, air gula dicampur dengan daun pandan
- 1 sendok makan biji selasih (dimasak jadi sekitar 6 sendok makan)
- Susu kental manis

Cara membuat es teler sultan

1. Tambahkan es batu ke dalam mangkuk kemudian tambahkan mutiara merah, nangka, kelapa muda, biji selasih dan buah alpukat.
2. Kemudian siram campuran buah tersebut dengan air gula dan juga susu kental manis.
3. Aduk, kemudian es teler sultan siap disajikan.

3. Es teler dengan sirup

Bahan es teler dengan sirup
- 1 kotak agar-agar (boleh rasa strawberry atau plain)
- 1 kotak cincau
- 2 buah alpukat
- buah nangka secukupnya
- kelapa muda (secukupnya)

- biji selasih (secukupnya)
- 3 sachet susu kental manis
- 1 kaleng susu evaporasi
- sirup cocopandan
- susu cair
- es batu

Cara membuat es teler dengan sirup

1. Potong buah nangka, buah alpukat sesuai dengan selera.
2. Potong cincau dan juga agar-agar membentuk potongan dadu.
3. Kemudian, tuang 3 sachet susu kental manis, susu evaporasi dan juga sirup rasa cocopandan secukupnya. Tambahkan juga susu cair sesuai dengan selera, kemudian aduk rata.
4. Tambahkan potongan agar-agar, cincau, kelapa muda, buah alpukat, nangka, dan juga biji selasih. Kemudian aduk.
5. Tambahkan es batu sesuai dengan selera dan es teler siap disajikan.

Demikian adalah sejarah dan juga cara membuat es teler. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi inspirasi anda untuk membuat es teler di rumah tanpa repot harus membelinya keluar.

Topik Terkait