img_title
Foto : Pinterest/L'Express Styles

IntipSelebCara memutihkan ketiak dengan bahan alami ternyata cukup mudah. Bagi sebagian orang, mungkin memiliki warna ketiak yang kusam atau cenderung menghitam bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Apabila jika harus mengenakan baju dengan lengan pendek yang berpotensi bagian tersebut terlihat di muka umum.

Oleh sebab itu, tak sedikit pula yang berusaha untuk memutihkan kulit ketiaknya agar lebih percaya diri. Kini anda tak perlu khawatir, cara memutihkan ketiak ternyata bisa anda lakukan di rumah dan dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya. Bahan-bahannya pun cukup mudah didapatkan.

Lantas bagaimana cara memutihkan ketiak dengan bahan alami? Simak tips dan 10 cara memutihkan ketiak dengan bahan alami berikut ini.

1. Kentang

Siapa sangka, ternyata kentang bisa menjadi salah satu bahan alami untuk memutihkan ketiak. Cara memutihkan ketiak dengan kentang pun cukup mudah, yakni memarut kentang yang telah disiapkan, kemudian, peras parutan tersebut untuk mendapatkan airnya.

Setelah siap, oleskan air perasan kentang tersebut ke ketiak secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai, cuci bersih ketiak dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukannya kurang lebih 2-3 kali selama satu minggu.

2. Timun

Mungkin anda pernah mendengar bahwa irisan timun bisa mengatasi kantung mata yang menghitam. Ternyata, manfaat lain dari timun ialah dapat mencerahkan ketiak. Timun nyatanya tidak hanya bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah saja, namun buah yang satu ini rupanya juga baik untuk membantu mencerahkan kulit ketiak.

Cara memutihkan ketiak dengan timun adalah dengan cara mengiris tipis-tipis timun yang telah disediakan, kemudian tempel potongan tipis timun di area ketiak. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin kurang lebih 2-3 kali dalam satu minggu.

3. Lemon

Sama seperti timun, lemon juga dapat mencerahkan kulit ketiak. Cara memutihkan ketiak dengan lemon pun kurang lebih sama seperti timun, yakni yang pertama iris lemon dengan ketebalan sedang (jangan terlalu tipis). Kemudian letakkan irisan lemon ke area ketiak.

Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bersihkan ketiak dengan air bersih kemudian keringkan. Perlu diperhatikan, jika area ketiak terdapat luka gores akibat pencukuran, mungkin akan menimbulkan rasa perih. Oleh karena itu, setelahnya anda bisa mengoleskan pelembap agar tidak perih dan tidak terasa kering.

4. Minyak zaitun

Salah satu minyak esensial ini ternyata memiliki manfaat untuk memutihkan ketiak loh. Cara memutihkan ketiak dengan minyak zaitun pun cukup mudah, yakni dengan cara mencampurkan minyak zaitun dengan parutan gula merah.

Kemudian aduk hingga merata. Setelah itu anda bisa mengoleskannya ke area ketiak lalu didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Anda bisa melakukannya kurang lebih 2-3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga cepat.

5. Lidah buaya

Sudah tak asing lagi bukan terkait manfaat lidah buaya yang sangat baik untuk tubuh. Ternyata, salah satu dari sejuta manfaat dari lidah buaya adalah dapat memutihkan ketiak. Lidah buaya banyak dipercaya sangat efektif untuk mencegah pigmentasi. Tak hanya itu saja, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang bisa mengatasi peradangan kulit.

Cara memutihkan ketiak dengan lidah buaya pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area ketiak anda. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Kunyit

Siapa sangka, salah satu bahan bumbu dapur ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit ketiak. Meskipun dikenal sebagai pewarna kuning alami, kunyit dipercaya dapat mencerahkan warna kulit ketiak. Cara memutihkan ketiak dengan kunyit pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt susu dan 1 sdt madu.

Lalu, aduk rata kemudian oleskan pada kulit ketiak anda. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Baking soda

Salah satu bahan yang biasa digunakan dalam membuat kue yakni baking soda juga dipercaya dapat mencerahkan kulit ketiak. Cara menggunakannya pun cukup mudah, bahkan anda bisa melakukannya di rumah. Saking banyaknya orang yang percaya bahwa baking soda dalam mencerahkan kulit ketiak, tak sedikit pula orang-orang yang menggunakan baking soda untuk mencerahkan lutut yang menghitam.

Cara memutihkan ketiak dengan baking soda pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air untuk menghasilkan masker kental. Setelah itu oleskan pada area ketiak anda. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5-7 menit.

Sebelum dibilas, anda bisa mengencerkan lagi baking soda untuk dioleskan kembali di area ketiak yang sebelumnya telah dioleskan, kemudian diamkan selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Minyak kelapa

Cara memutihkan ketiak selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan memijat beberapa tetes minyak kelapa yang telah diteteskan atau dioleskan ke ketiak anda.

Lakukan selama kurang lebih 2 menit. Setelah diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun jika diperlukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukannya secara rutin, kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu,

9. Bengkoang

Sudah tak heran lagi jika bengkoang dijadikan salah satu bahan dasar utama di setiap produk pemutih kulit. Hal ini karena memang bengkoang mengandung zat dan vitamin yang telah terbukti dapat memutihkan kulit termasuk kulit ketiak.

Cara memutihkan ketiak dengan bengkoang pun cukup mudah, yakni dengan menyiapkan 1 buah bengkoang kemudian kupas kulitnya. Setelah itu parut bengkoang hingga halus. Lalu, gosokkan parutan bengkoang tadi pada kulit ketiak yang hitam.

Biarkan menempel selama 15 menit, setelah kering bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukannya secara rutin, atau bisa melakukannya setiap setiap habis mandi.

10. Cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit ketiak adalah cuka apel. Cuka apel mengandung asam ringan yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Cara memutihkan ketiak dengan cuka apel pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 2 sdt cuka apel dan soda kue.

Kemudian oleskan pada area ketiak. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukannya setiap selesai mandi. (bbi)

Demikian adalah tips dan 10 cara memutihkan ketiak dengan bahan alami yang aman. Semoga informasi cara memutihkan ketiak di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Topik Terkait