img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebCara membuat brownies panggang yang bisa kalian coba sendiri di rumah tanpa ribet dan pastinya empuk, tak perlu merogoh kocek terlalu banyak. Selain sambil belajar membuat hidangan kue-kuean, kalian juga wajib mencoba sendiri membuat brownies panggang.

Belakangan ini brownies panggang menjadi salah satu primadona kue oleh-oleh khas Bandung yang banyak diminati oleh banyak orang. Brownies yang biasanya lembek lengket, namun kali ini brownies panggang memiliki citra rasa gurih dan manis yang pas.

Brownies merupakan salah satu kue yang digemari masyarakat. Cita rasa manis berpadu dengan pahit cokelat membuat siapa saja ketagihan. Selain menikmati brownies sebagai makanan penutup, kue ini juga cocok jadi camilan di waktu senggang.

Apalagi kue brownies kini ada berbagai macam jenis dengan tekstur yang beragam juga. Sehingga para pecinta kue cokelat ini tidak mudah bosan untuk menikmati. Terutama brownies panggang yang memiliki perpaduan tekstur renyah dan lembut.

Sajian brownies memang sering dicari banyak orang. Kue ini dapat dinikmati bersama secangkir kopi atau teh. Tak jarang menjadi pilihan oleh-oleh. Cara membuat brownies panggang oven tidaklah sulit. Cara membuat kue brownies panggang terbilang mudah kok. Dengan resep di bawah ini kamu akan bisa menghasilkan brownies yang lembut dengan rasa coklat yang menggoda.

Brownies memang menjadi hidangan kue favorit kebanyakan orang. Rasa manisnya dan teksturnya yang lembut membuat brownies disukai banyak orang. Mau coba brownies panggang lembut ala rumahan.

Untuk kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri, rupanya cara membuat kue brownies panggang ini tidaklah sulit. Bahannya pun mudah ditemukan loh.

Kunci cara membuat brownies panggang sederhana ini adalah pada bahan dan kelengkapan alat membuatnya. Nah untuk membuat kue brownies panggang ini perlu alat panggang seperti oven, agar tekstur kering dan padat di dalam.

Belajar mengolah panganan seperti membuat brownies memang butuh ketelatenan dan keterampilan yang luar biasa, sehingga akan menghasilkan brownies yang enak dan nikmat.

Brownies panggang tidak hanya memiliki satu rasa saja, namun dapat dikombinasikan dengan berbagai varian rasa dan toping seperti wijen, kacang almond, kismis, kurma, keju dan berbagai macam toping lainnya.

Nah sebelum mencoba membuatnya di rumah, ada baiknya kalian mencoba untuk membaca artikel IntipSeleb kali ini atau justru melihat cara pengolahannya di YouTube. Brownies panggang terbilang cukup mahal jika kita membelinya diluaran, dan bahkan rasanya pun tidak senikmat jika dibuat dengan olahan tangan kita sendiri.

Resep brownies panggang ini juga bisa dijadikan sebagai hidangan penutup. Brownies panggang juga kerap disajikan untuk berbagai acara hingga untuk menemani cemilan di sore hari. Selain itu, brownies ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak terlalu padat.

Resep brownies rumahan ini, biasanya hanya dicampurkan dengan bahan-bahan yang ada di warung-warung atau toko bahan-bahan kue yang terdekat di sekitar rumah kalian. Brownies panggang coklat atau varian lain, menjadi salah satu primadona jajanan yang sering dijual di pasaran dengan harga kisaran Rp70.000 sampai Rp150.000. Biasanya brownies jenis ini, memang dibuat untuk dijual di pasaran atau justru untuk hidangan acara-acara syukuran keluarga.

Tekstur brownies pun juga bisa disesuaikan sesuai selera mulai dari tekstur berat hingga agak lengket. Yang terpenting saat membuat brownies, alasi selalu loyang dengan kertas roti yang sudah diolesi minyak atau margarin/mentega agar brownies mudah dilepaskan dari loyang.

Langsung aja mari Intip cara membuat brownies panggang super gurih dan nikmat, chek it out!

1. Brownies Panggang Wijen

Resep pertama dari sobat IntipSeleb untuk brownies panggang toping wijen, bisa kian coba di rumah dengan bahan-bahan yang dapat dibeli di toko-toko atau supermarket terdekat rumah kalian. Agar tidak gagal, sebaiknya sandingkan resep brownies panggangnya saat kalian ingin mencoba membuatnya ya.

Bahan-bahan:

✓3 butir telur

✓200 gr tepung terigu protein sedang

✓150 gr gula pasir

✓ 30 gr coklat bubuk

✓20 gr susu bubuk

✓1 sdt vanili bubuk

✓ 125 ml minyak goreng

Cara membuatnya:

1.Campur tepung terigu, susu bubuk, dan cokelat bubuk aduk rata lalu ayak.
2. Mixer telur, gula, dan vanili bubuk hingga mengembang.
3. Masukkan campuran tepung terigu susu bubuk dan cokelat bubuk, aduk rata
4. Tambahkan minyak goreng aduk rata.
5. Lalu masukkan ke plastik segitiga lalu isi ke cup kertas 2/3 bagiannya saja.
6. Kemudian beri taburan wijen putih. Oven dengan suhu 180 derajat selama 25 menit. Jika sudah matang keluarkan dari oven dan siap dinikmati.

2. Brownies Panggang Keju

Jarang sekali orang membuat dan terdengar aneh jika brownies dicampur dengan keju. Biasanya brownies identik dengan coklat yang super lumer dan manis saat disantap. Namun kali ini sedikit berbeda, IntipSeleb akan memberi resep brownies keju dijamin gurih dan delicious saat dikunyah.

Bahan-bahannya:

✓150 gr dark cooking chocolate (dcc)
✓35 gr cokelat bubuk
✓50 gr margarin
✓40 ml minyak
✓135 gr gula pasir diblender
✓100 gr tepung terigu pro sedang
✓2 butir telur
✓sejumput garam

Untuk Toping dan Campuran:

•200 gr cheesecake
•50 gr margarin
•40 gr gula pasir diblender

•30 gr tepung terigu
•1 sdt vanilla esscence
•1 butir kuning telur

Cara membuatnya:

1. Buat adonan brownies, dcc dan margarin dilelehkan.
2. Kocok telur dan gula pasir halus sampai gula larut, lalu tambahkan coklat, margarin, dan minyak. Aduk rata.
3. Tambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk, sedikit garam aduk kembali, sampai tidak ada gumpalan.
4. Masukkan ke loyang, sisakan sedikit adonan.
5. Kemudian kocok cheesecake dan margarin dengan whisker atau mixer kecepatan rendah.
6. Tambahkan gula pasir halus, kuning telur dan terigu, masukkan di atas adonan brownies.
7. Masukkan kembali sisa adonan brownies di atasnya dan ditusuk acak dengan tusuk gigi.
8. Jika menggunakan loyang sekat bisa ditambahkan aneka toping.
9. Panggang dengan suhu 170 derajat celcius, dalam waktu 30 menit.

3. Brownies Fudgy Panggang

Brownies varian ini biasanya sering dijumpai dan di jual oleh online shop dan beberala toko kue khas oleh-oleh. Dengan berbentuk kotak-kotak kecil dan banyak topingnya Oreo, coklat, cheress, brownies fudgy termasuk brownies panggang favorit di pasaran.

Bahan-bahannya:

✓150 gram dark cooking chocolate
✓50 gram mentega
✓40 ml minyak goreng
✓2 butir telur
✓150 gram gula butiran halus
✓100 gram tepung terigu
✓35 gram cokelat bubuk

Cara membuatnya:

1.Panaskan oven 170 derajat celcius selama 15 menit. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan alasi kertas roti, sisihkan.
2. Lelehkan dark cooking chocolate, mentega dan minyak dengan cara ditim. Biarkan hangat.
2. Kemudian kocok gula dan telur dengan whisk sampai gula benar-benar larut.
3. Masukkan terigu dan cokelat bubuk dengan cara diayak. Aduk rata.
4. Tuang campuran cokelat dan mentega, aduk rata.
5. Tuang ke loyang, beri topping. Panggang suhu 170 derajat celcius selama 10 menit, lalu turunkan suhu 150 derajat celcius selama 25 menit.

Topik Terkait