img_title
Foto : Pinterest/briliofood.net

IntipSelebResep kuah bakso akan tim IntipSeleb sajikan dalam artikel ini untuk anda. Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Rasa-rasanya, bakso telah menjadi makanan favorit bagi segala kalangan di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti suka dengan panganan yg satu ini.

Bakso sendiri merupakan makanan yg terbuat dari daging sapi yang dihaluskan, kemudian dibentuk bulat-bulat dan direbus. Tekstur bakso yang kenyal kemudian dipadukan dengan kuah bakso yg panas dan gurih maka akan terciptalah cita rasa yang luar biasa.

Tak mengenal musim, bakso bisa dinikmati di cuaca apapun. Saat penghujan, menikmati semangkuk bakso dengan kuahnya yg panas akan membuat tubuh menjadi hangat. Sedangkan ketika panas, menikmati semangkuk bakso dengan kuahnya yg panas dan pedas akan membuat seseorang jadi lebih segar.

Cara membuat bakso pun ternyata cukup mudah loh. Anda bahkan bisa melakukannya di rumah dan bahannya pun mudah ditemukan. Penasaran bagaimana cara membuat bakso dan resep kuah bakso? Simak cara membuat dan 4 resep kuah bakso berikut ini.

Cara membuat bakso sapi

Bahan bakso sapi

- 250 gram daging sapi bagian paha dalam tanpa lemak
- 100 gram es batu
- 40 gram tepung tapioka
- 1 sdm garam kasar
- 1 sdt baking powder
- Kaldu penyedap secukupnya

Cara membuat bakso sapi:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan daging bersamaan dengan es batu. Setelah halus tambahkan garam, baking powder dan juga kaldu penyedap kemudian haluskan kembali.

2. Setelah itu tambahkan tepung tapioka lalu aduk hingga adonan tercampur rata kemudian sisihkan.

3. Kemudian, panaskan air mendidih di dalam panci yang akan jadikan alat untuk merebus bakso nantinya.

4. Setelah air panas siap, anda bisa mulai membentuk adonan bakso bulat-bulat dengan tangan, kemudian setelah dibentuk bulat, taruh ke dapat air yang berisi air panas. Ditaruh ke dalam air panas bertujuan agar adonan bakso mulai termasak secara tidak langsung dan adonan yang telah dibulatkan pun tidak menjadi lembek nantinya.

5. Setelah selesai membentuk adonan bakso, kemudian masak dengan api sedang hingga bakso mengapung. Jika telah mengapung dan berubah warna menjadi putih keabu-abuan tandanya bakso telah matang.

6. Angkat bakso, dan bakso sapi siap disajikan.

1. Resep kuah bakso mercon

Bahan-bahan

- 9 siung bawang putih
- 11 siung bawang merah
- 12 cabai merah keriting
- 20 cabai rawit setan
- 1 liter air
- lada bubuk secukupnya

- daun seledri secukupnya
- 15 cabai rawit utuh untuk di taburkan
- 1 sdm garam
- 1/2 sdm penyedap rasa sapi
- 1 sdm gula

Resep kuah bakso mercon atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah keriting (bisa dengan diblender atau diulek). Penghalusan bumbu ini tidak perlu terlalu halus.
2. Setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut dengan api kecil hingga harum. Setelah itu tambahkan lada bubuk sesuai selera.
3. Setelah matang, pindahkan bumbu yang telah ditumis itu ke panci.

4. Setelah itu, tambahkan 1 liter air ke dalam panci dan mulai masak. Jangan lupa, masukkan juga bakso yang telah dibuat atau bakso siap saji bersama dengan pelengkapnya (sesuai selera, bisa ditambahkan ceker atau tahu).
5. Tambahkan juga cabe utuh, dan 1 sdm garam, ½ sdm penyedap rasa sapi, 1 sdm gula. Kemudian masak hingga kuah mendidih.
6. Setelah mendidih, sajikan bakso ke dalam mangkuk dan tambahkan juga irisan daun seledri jika suka. Bakso kuah mercon siap disajikan.

2. Resep kuah bakso bening

Bahan-bahan

- 3 siung bawang putih
- jahe (kurang lebih seujung kelingking)
- 1 liter air
- 1 sdt merica
- garam
- kaldu ayam bubuk
- sedikit micin (jika tidak suka bisa dilewati)
- daun bawang secukupnya (untuk taburan)

Resep kuah bakso bening atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih, jahe dan merica (bisa diulek atau diblender), usahakan jangan terlalu halus.
2. Setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis dengan api kecil dan hingga bumbu harum. Lalu, tambahkan 1 liter air dan masak dengan api sedang.
3. Setelah itu tambahkan garam, kaldu ayam bubuk, dan juga micin. Sesuaikan dengan selera anda. Kemudian tambahkan bakso yang telah dibuat atau bakso siap saji.
4. Masak hingga mendidih dan jangan lupa tambahkan irisan daun bawang.
5. Sajikan bakso di dalam mangkuk dan anda bisa menambahkan pelengkap lainnya seperti irisan seledri dan juga bawang goreng.

3. Resep kuah bakso malang

Bahan-bahan kuah bakso malang

- 4 siung bawang putih
- 1 sdt garam
- ½ kg tulang sapi (bisa bagian iga atau pun bagian sengkel)
- 4 sdm bawang putih goreng
- 5 sdm bawang merah goreng
- 1 sdt kaldu jamur
- ½ sdt merica bubuk
- 3 sdt garam
- penyedap rasa secukupnya

Resep kuah bakso malang atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih dan juga garam (bisa dengan diulek atau di-blender). Kemudian sisihkan.
2. Panaskan 1 liter air kemudian rebus tulang sapi, masak hingga mendidih.
3. Setelah mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya kemudian aduk-aduk hingga bumbu larut.
4. Kemudian, tambahkan bawang putih dan bawang merah goreng, aduk. Jangan lupa tambahkan pula bumbu penyedap seperti garam, merica bubuk, kaldu jamur dan penyedap rasa. (sesuaikan dengan selera anda)
5. Setelah itu kecilkan api dan kemudian masukkan bakso yang telah dibuat atau bakso siap saji ke dalam kuah tersebut. Kemudian masak selama kurang lebih lebih 15 menit.
6. Tuang bakso ke dalam mangkuk dan bakso siap disajikan.

4. Resep kuah bakso cuanki

Bahan-bahan kuah bakso cuanki

- 3 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1 sdt merica
- garam secukupnya
- gula pasir secukupnya
- penyedap rasa secukupnya
- 1 batang daun bawang

Resep kuah bakso cuanki atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih dan merica (bisa dengan blender atau diulek). Setelah itu sisihkan.
2. Iris 2 siung bawang merah kemudian tumis hingga harum. Setelah itu tambahkan bumbu yang telah dihaluskan dan tumis dengan api kecil agar tak cepat gosong.
3. Tambahkan potongan daun bawang kemudian aduk-aduk sebentar. Setelah itu sisihkan.
4. Panaskan 1 liter air kemudian tambahkan bumbu yang telah ditumis sebelumnya.

5. Setelah mendidih, jangan lupa tambahkan bumbu penyedap seperti garam, gula, dan penyedap rasa (sesuaikan dengan selera anda)
6. Lalu tambahkan juga bakso yang telah dibuat kemudian rebus sebentar hingga matang.
7. Kemudian, tuangkan bakso ke dalam mangkuk dan tambahkan pelengkap lainnya seperti daun seledri, tahu cuanki dan lain-lain. Bakso siap disajikan,

Demikian adalah cara membuat bakso dan sederet resep kuah bakso. Semoga resep kuah bakso di atas bisa menjadi inspirasi anda untuk membuat sajian bakso di rumah.

Topik Terkait