img_title
Foto : Pexels/alena dharmel

IntipSeleb – Kata-kata Ali bin Abi Thalib penuh dengan pesan-pesan menarik dan bermakna bagi kehidupan. Ali bin Abi Thalib sendiri merupakan salah satu orang terdekat Nabi Muhammad SAW, dan beliau pernah menjabat sebagai salah satu Khulafaur Rasyidin keempat, setelah Abu Bakar, Umar, dan Utsman.

Melansir pada Kompas, Ali bin Abi Thalib lahir di Mekkah, sekitar tahun 600 atau 10 tahun sebelum kenabian Muhammad. Ayahnya, Abu Thalib, adalah paman dari Nabi Muhammad SAW. Ali sendiri memiliki nama asli Assad bin Abi Thalib.

Nama Assad, yang berarti singa, dipilih sebagai harapan keluarganya agar mempunyai penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani di antara kalangan Quraisy Mekkah. Sedangkan nama ibu Ali bin Abi Thalib adalah Fatimah binti Asad, di mana Asad merupakan anak dari Hasyim, pendiri Bani Hasyim sekaligus kakek buyut Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, Ali merupakan keturunan Hasyim, baik dari sisi bapak ataupun ibu. Kelahiran Ali bin Abi Thalib banyak memberi hiburan bagi Nabi Muhammad SAW, yang tidak memiliki anak laki-laki. Menjadi salah satu orang berarti bagi Nabi Muhammad SAW, kata-kata Ali bin Abi Thalib penuh dengan kebijakan.

Ali bin Abi Thalib memang dikenal sebagai sosok yang kerap memberikan petuah dan nasihat baik. Sehingga kata-kata Ali bin Abi Thalib perlu didengar dan diresapi dengan baik sebagai motivasi kehidupan. Kata-kata Ali bin Abi Thalib dapat menginspirasi kamu untuk jalani hidup.

Kata-kata Ali bin Abi Thalib penuh dengan rangkaian huruf yang membuat hati sejuk. Jika kamu sedang pusing dalam menjalani kehidupan, melihat kata-kata Ali bin Abi Thalib diharapkan dapat mengembalikan rasa semangat di dalam dirimu.

Lantas apa sajakah kata-kata Ali bin Abi Thalib yang dapat menjadi motivasi kamu? Kata-kata Ali bin Abi Thalib yang menyejukkan hati? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum kata-kata Ali bin Abi Thalib bangkitkan gelora semangat dalam jiwa dari berbagai sumber. Tunggu apalagi, yuk ke bawah untuk simak artikel kata-kata Ali bin Abi Thalib.

Kata Motivasi dari Ali bin Abi Thalib

1. Jangan gunakan ketajaman kata-katamu pada ibumu yang mengajarimu cara berbicara. – Ali bin Abi Thalib.
2. Kemarahan dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan. – Ali bin Abi Thalib.
3. Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun. Karena yang menyukaimu tidak membutuhkan itu, dan yang membencimu tidak mempercayai itu. – Ali bin Abi Thalib
4. Jadilah seperti bunga yang memberikan keharuman bahkan kepada tangan yang telah merusaknya. – Ali bin Abi Thalib
5. Jangan biarkan kesulitan membuatmu gelisah. Karena bagaimanapun juga hanya di malam yang paling gelap bintang-bintang tampak bersinar lebih terang. – Ali bin Abi Thalib.
6. Teman sejati adalah dia yang selalu memberi nasihat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang mau membelamu di saat kamu tidak ada. – Ali bin Abi Thalib.
7. Memaafkan adalah kemenangan terbaik. – Ali bin Abi Thalib.
8. Jangan pernah mengambil keputusan ketika sedang marah dan jangan pernah mengumbar janji ketika sedang bergembira. – Ali bin Abi Thalib.
9. Sembunyikanlah kebaikan yang kamu lakukan, dan biarkan kebaikan yang telah kamu lakukan itu hanya diketahui olehmu. – Ali bin Abi Thalib.
10. Jangan membenci siapapun, tak peduli seberapa banyak kesalahan yang mereka lakukan terhadapmu. Hiduplah dengan rendah hati, tak peduli seberapa banyak kekayaanmu. Berpikirlah positif, tak peduli seberapa keras kehidupan yang kamu jalani. Berikanlah banyak, meskipun menerima sedikit. Tetaplah menjalin hubungan dengan orang-orang yang telah melupakanmu, maafkanlah orang yang berbuat salah padamu, dan jangan berhenti mendoakan yang terbaik untuk orang yang kau sayangi. – Ali bin Abi Thalib.

Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Hubungan Manusia

11. Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, siapa tahu ia akan menjadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti ia akan menjadi kekasihmu.– Ali bin Abi Thalib.
12. Sungguh wanita mampu menyembunyikan cinta selama 40 tahun, namun tak sanggup menyembunyikan cemburu meski hanya sesaat. – Ali bin Abi Thalib.
13. Dosa yang paling berbahaya adalah dosa yang diremehkan oleh pelakunya. – Ali bin Abi Thalib.
14. Apabila kau jatuh miskin, berdaganglah dengan Allah, yaitu dengan cara memperbanyak sedekah. – Ali bin Abi Thalib.
15. Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu. – Ali bin Abi Thalib.
16. Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia. – Ali bin Abi Thalib.
17. Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya. - Ali bin Abi Thalib.
18. Jangan mengucapkan kata-kata yang menertawakan pribadi seseorang walaupun engkau hanya menirukan sesuatu yang dikatakan oleh orang lain. - Ali bin Abi Thalib.
19. Jangan kenali kebenaran berdasarkan individu-individu. Kenalilah kebenaran itu sendiri, otomatis kau akan kenal siapa di pihak yang benar. – Ali bin Abi Thalib.
20. Orang yang terlalu memikirkan akibat dari suatu keputusan atau tindakan, sampai kapanpun dia tidak akan menjadi orang berani. – Ali bin Abi Thalib.

Kata Ali bin Abi Thalib Penyemangat Diri

21. Ada dua jenis manusia: 1) mereka yang mencari tapi tidak bisa menemukan, dan 2) mereka yang menemukan tapi masih menginginkan lebih. – Ali bin Abi Thalib.
22. Jangan besarkan anakmu dengan cara orangtuamu membesarkanmu dulu, karena mereka lahir di zaman yang berbeda. – Ali bin Abi Thalib.
23. Selalu ada cahaya bagi orang yang mau melihat. – Ali bin Abi Thalib.
24. Orang yang penuh harap akan terus mencari, sementara orang yang penuh ketakutan akan melarikan diri. – Ali bin Abi Thalib.
25. Yakinlah, ada sesuatu yang menantimu setelah sekian banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit. – Ali bin Abi Thalib.
26. Kemarahan itu seperti bola api, tapi jika kamu menelannya, itu akan lebih manis daripada madu. – Ali bin Abi Thalib.
27. Ucapan itu seperti obat, dosis kecilnya bisa menyembuhkan tapi jika berlebihan bisa membunuh. – Ali bin Abi Thalib.
28. Tidak ada yang lebih menyakiti hati daripada dosa. – Ali bin Abi Thalib.
29. Berhentilah membahas apa yang tidak kamu ketahui dan membicarakan tentang apa yang tidak menjadi perhatianmu. – Ali bin Abi Thalib.
30. Banyak permasalahan pelik yang berhasil diselesaikan dengan sikap bermurah hati. – Ali bin Abi Thalib. (jra)

Topik Terkait