img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Sejumlah resep Sop ayam yang dapat kalian tiru dan coba buat di rumah, biasanya hanya terdiri dari satu varian olahan sop saja. Namun kali ini, IntiSeleb akan memberikan 2 resep Sop ayam yang berbeda, yang pastinya memiliki citra rasa yang tak kalah enak.

Sop ayam kerap menjadi hidangan sayur yang banyak disukai orang Indonesia, dengan campuran kaldu asli dan berbagai macam sayuran di dalamnya. Tak hanya itu, Sop ayam juga bisa dijadikan hidangan paling lezat dan ampuh untuk menaikan nafsu makan pada orang yang sedang terkena jatuh sakit.

sop ayam bisa kalian praktikan dengan mudah di rumah. Makanan yang enak disantap di saat sedang hangat ini dapat memberikan rasa segar dan tentunya kehangatan pada tubuh. Ini tentunya sangat cocok dikonsumsi pada saat cuaca dingin.

Cara membuat sop ayam tergolong sederhana dan cocok bagi pemula. Sop ayam merupakan menu andalan untuk makan bersama keluarga di rumah. Apalagi, sop juga sering disajikan dengan tambahan sayur, sehingga memiliki berbagai manfaat pula untuk kesehatan.

Untuk cuaca dingin maupun panas, sop selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Terlebih lagi ketika sedang berpuasa atau untuk yang sedang kurang sehat. Resep sop ayam bening ini adalah salah satu contoh yang cocok di segala situasi. Selain rasanya yang memanjakan, sop ini juga pastinya menyehatkan!

Memang, ada saja alasan untuk tidak memasak sop. Takut rasanya keasinan atau proses masaknya yang terlalu lama. Tapi setelah sekian lama rajin memasak, sop bukanlah jenis masakan yang menyusahkan untuk dibuat. Malah kadang sop bisa bertahan lebih lama dari makanan lainnya dan ini membuat uang belanja menjadi lebih hemat.

Kamu bisa sajikan beragam masakan sop ayam untuk keluarga atau sebagai bekal ke kantor atau ke sekolah. Untuk menjamin nutrisinya pastikan kamu memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk membuat sop ayam favorit kamu.

Sop ayam kerap menjadi makanan rumahan yang simpel. Pasalnya, makanan satu ini hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana dengan harga terjangkau dan cara membuatnya juga mudah. Cukup dengan merebus semua bahan dan bumbu jadi satu untuk membuatnya.

Meski mudah, namun saat membuat sop ayam, penting untuk membuat bumbunya dengan tepat agar rasanya enak. Pasalnya, bumbu yang tepat jadi rahasia nikmatnya sop ayam. Bumbu yang nendang, bikin kuah sop ayam terasa nikmat dan bikin nagih. Apalagi yang meresap hingga ke daging ayamnya.

Untuk membuat sop ayam agar bening dan kaldunya gurih ala rumahan nan sederhana, perlu beberapa tips. Kuah dihasilkan dari daging ayam. Untuk rasa yang gurih enak, sebaiknya gunakan ayam kampung. Setelah matang, ambil daging ayam dan sisihkan tulangnya. Masukkan tulangnya ke dalam kuah kaldu dan rebus lagi dengan api kecil selama sekitar 1 jam. Angkat dan saring kaldu.

Untuk bumbunya, kamu cukup menumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi. Lalu masukkan ke dalam kuah kaldu. Tambahkan lada, garam, dan sedikit gula. Satu lagi, tambahkan bawang goreng setelah sop ayam bening matang.

Daging ayam adalah salah satu bahan pokok yang sering digunakan ibu-ibu dapur untuk membuat suatu makanan yang lezat. Ada beragam olahan yang memiliki bahan dasar daging ayam.Olahan itu seperti ayam bakar pedas, ayam goreng, tumis ayam, ayam bumbu kuning, sop ayam, serta yang lainnya.

Tapi pada kesempatan ini kita bakal mengulas cara membuat sop ayam. Sop Daging ayam adalah salah satu bahan pokok yang sering digunakan ibu-ibu dapur untuk membuat suatu makanan yang lezat. Ada beragam olahan yang memiliki bahan dasar daging ayam.

Ada sajian sop ayam dengan cara mudah dan lezat yang bisa kamu masak di rumah sebagai menu makan malam. Apalagi sop ayam yang dihidangkan bersama sayuran, tentu akan lebih bergizi dan bisa untuk menambah stamina tubuh.

langsung saja kita Intip olahan resep sop ayam yang bisa kalian buat di rumah, chek it out!

1. Resep Sop Ayam Kampung

Sebagian orang banyak yang menyebutkan jika sop ayam kampung memiliki citra rasa yang lebih gurih dan enak saat disantap, bahkan memiliki aroma yang berbeda dengan ayam pada dasarnya. Terkenal dengan dagingnya yang alot dan sedikit, Sop ayam kampung tetap menjadi incaran banyak orang. Yuk langsung aja kita intip resepnya.

Bahan-bahan:

✓1,5 liter air
✓½ ekor ayam kampung, potong-potong
✓1 batang daun bawang, potong 3 bagian
✓1 batang seledri, ikat
✓2 sdm minyak sayur
✓20 g bawang bombay, iris kasar
✓1 siung bawang putih, memarkan
✓100 g wortel, potong kasar
✓300 g kentang, kupas, potong kasar
✓1 buah tomat, potong-potong
✓½ sdt merica bubuk

Cara membuatnya:

1. Didihkan air, masukkan potongan ayam.
Masak hingga mendidih, tambahkan daun bawang dan seledri.

2.Didihkan dengan api kecil hingga ayam empuk dan kuahnya bening.

3.Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi. Angkat.
Masukkan ke dalam kaldu berisi potongan ayam.

4. Tambahkan wortel, kentang dan tomat.
Masukkan pala, merica dan garam
Masak dengan api kecil hingga sayuran lunak.

5. Angkat, beri bahan Taburan bawang goreng dan daun bawang.

2. Resep Sop Ayam Spesial

Kali ini IntipSeleb akan memberikan resep Sop ayam spesial dan memiliki rasa yang lezat berbeda dengan yang lainnya. Kalian dapat mencobanya dengan membaca resep berikut ini.

Bahan-bahan:

•Daging ayam 350 gram (potong sesuai selera)

•Kentang 2 buah (potong dadu)

•Wortel 1 buah (potong sesuai selera)

•Tomat merah 1 buah (potong-potong)

•Bawang daun polong 1 batang (iris halus)

•Bawang goreng secukupnya (untuk taburan)

•Kol 2 lembar (potong-potong)

•Kacang buncis 5 utas (potong-potong setiap 3 cm)

•Gula pasir (secukupnya)

•Garam halus (secukupnya)

•Penyedap rasa (secukupnya)

•Air bersih (secukupnya)

•Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

•Bawang putih 2 siung

•Bawang merah 5 butir

•Merica bubuk 1/2 sendok teh

•Kemiri sangrai 2 butir

Cara membuatnya:

1. Pertama, silahkan cuci ayam yang telah dipotong-potong tersebut lalu tiriskan.

2. Langkah kedua adalah dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan menggunakan sedikit minyak goreng, tunggu hingga harum.

3. Tuangkan air bersih secukupnya pada tumisan bumbu tersebut, lalu tunggu hingga mendidih.

4. Lalu masukan potongan ayam kedalam rebusan bumbu tersebut. Tunggu hingga matang dan empuk.

5. Setelah itu baru masukan semua sayuran yang telah dipotong-potong.

6. Jangan lupa tambahkan juga penyedap rasa, garam, serta gula. Silahkan aduk-aduk hingga benar-benar tercampur dengan merata serta sudah matang.

7. Sesudah itu, mari kita masukkan potingan bawang daun polong serta potongan tomat.

8. Sop ayam sudah siap dihidangkan.

Nah selamat mencobanya di rumah sobat IntipSeleb, jangan lupa bagikan hasilnya agar banyak diikuti oleh banyak pembaca. Pastikan kalian membuat resep Sop ini untuk orang terkasih ya! (bbi)

Topik Terkait