img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Salah satu masalah wanita dan pria yaitu bagaimana cara memutihkan leher dengan instan dan ampuh. Sebagian orang cenderung memiliki warna kulit yang berbeda, dan banyak yang dibagian lipatan-lipatan area tertentu biasanya berwarna lebih gelap.

Leher merupakan salah satu area yang sering dikeluhkan oleh banyak wanita, lantaran memiliki warna kulit yang berbeda dengan tangan dan bagian wajah. Nah untuk kalian yang masih sering kebingungan apa sih tips atau cara untuk memutihkan leher, tetap simak terus artikel berikut ini jangan sampai di skip ya!

Kulit gelap di leher biasanya bukan hanya disebabkan oleh sel kulit mati atau kumpulan debu yang menempel pada kulit yang biasa disebut dengan daki. Bisa jadi kulit leher hitam adalah tanda dari suatu kondisi medis tertentu. Beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Di antaranya adalah iritasi akibat adanya gesekan pada leher, pola kebersihan yang kurang terjaga dengan baik misalnya lembab, dan paparan sinar matahari.

Lipatan yang sering terjadi adalah lipatan leher, ketiak, ataupun selangkangan. Penyebab dari acanthosis nigricans ini dapat dipengaruhi karena reaksi obat-obatan ataupun pengaruh hormonal. Penyebab lainnya bahkan bisa karena penyakit kulit yang dipicu gangguan insulin atau acanthosis nigricans, dan radang kulit. Acanthosis nigricans merupakan kondisi area lipatan seseorang menjadi lebih hitam dan biasa terjadi pada orang gemuk atau diabetes.

Secara medis biasanya, kulit leher gelap yang disertai dengan garis gelap pada kulit bagian belakang leher (acanthosis nigricans) bisa menjadi tanda penyakit diabetes atau resistensi insulin dalam tubuh. Namun, untuk lebih jelasnya kamu bisa periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain wajah, bagian leher juga cenderung menjadi pusat perhatian seseorang khususnya yang tidak mengenakan hijab. Biasanya jika wanita yang memiliki leher hitam dan gelap, cenderung disebut kurang resik dan bersih. Padahal, kulit leher hitam tersebut, merupakan salah satu masalah yang sulit untuk diatasi.

Pada dasarnya, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara menyeluruh. Jika leher tampak kotor bahkan menghitam, orang lain pun bisa dengan mudah menyadarinya.
Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebersihan diri yang tak terjaga hingga kondisi medis tertentu. Rasa percaya diri seseorang pun bisa berkurang karenanya.

Banyak yang menyebutkan jika memiliki kulit leher yang hitam memang mengganggu penampilan. Kulit leher yang hitam sebagian atau belang umumnya dipengaruhi kebersihan. Untuk mengatasi, rajinlah mandi dan coba terapkan cara memutihkan leher secara alami.

Selain cara memutihkan leher secara alami, pastikan pola hidup bersih dan sehat selalu dipraktikkan. Mulai dari mandi 2 kali sehari, konsumsi buah sayur, dan jaga gula darah.

Pakai juga pelembap kulit agar kulit leher selalu ternutrisi dengan baik. Pastikan jika saat mandi, bagian leher anda cuci bersih dan gunakan sabun hingga dipijat mengangkat daki dan sel kulit mati.

Kulit leher yang tidak dirawat dapat menghitam atau menjadi belang warnanya. Masalah lainnya yang dapat menyerang kulit pada bagian leher adalah skin tags. National Institute of Aging menyebutkan, skin tags adalah pertumbuhan kulit berwarna yang berbentuk seperti daging terangkat.

Langsung saja untuk para ciwi-ciwi di rumah khususnya yang tidak memakai hijab, memiliki masalah belang pada bagian leher, yuk simak artikel berikut ini!

1. Madu & Buah

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk mencerahkan kulit leher yang gelap, kamu bisa membuat masker dari bahan-bahan alami, seperti madu, yogurt, dan buah-buahan. Beberapa jenis buah, seperti lemon, pisang, dan pepaya diketahui bisa mengurangi pigmentasi kulit serta mencerahkan dan menutrisi kulit dengan baik.

2. Gel Lidah Buaya

medicalnewstoday.com
Foto : medicalnewstoday.com

Aloe vera mengandung senyawa aloin, yang terbukti dapat mencerahkan dan menghilangkan belang di wajah secara efektif. Cara membuatnya juga sederhana saja. Cukup mengoleskan gel aloe vera atau lidah buaya ke area kulit belang sebelum tidur.

Kemudian, pada esok harinya bilas dengan air hangat. Ulangi secara rutin untuk hasil maksimal. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Kentang

Pinterest
Foto : Pinterest

Kentang bisa Anda manfaatkan sebagai cara memutihkan leher. Alasannya, bahan tersebut mengandung pencerah alami sehingga warna kulit leher yang gelap dapat teratasi.

Caranya, parut kentang terlebih dahulu lalu peras agar Anda bisa mendapat ekstraknya. Setelah itu, aplikasikan ekstrak kentang pada kulit leher menggunakan kapas. Diamkan dulu sampai kering lalu bilas dengan air hangat.

4. Cuka Apel

Pinterest
Foto : Pinterest

Bahan alami selanjutnya yang bisa jadi pencerah kulit adalah cuka apel. Asam malat yang terkandung dalam cuka apel efektif membersihkan sel kulit mati sehingga warna kulit bisa terlihat lebih cerah.

Tak hanya itu, kandungan dalam cuka apel juga mampu menyeimbangkan pH kulit. Caranya, Anda perlu mencampur 2 sdm cuka apel dengan 4 sdm air terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit menggunakan kapas. Diamkan dulu selama 10 menit lalu bilas dengan air. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk memakainya setiap hari.

5. Baking Soda

Pinterest
Foto : Pinterest

Cara memutihkan leher berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai baking soda. Campur 2 sdm baking soda dengan air hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada kulit.Diamkan dulu hingga kering lalu gosok secara perlahan. Dengan begitu, sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam bisa hilang.

6. Kontrol Berat Badan & Diabetest

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Cara menghilangkan hitam di leher berikutnya adalah mengontrol berat badan dan gula darah. Ini karena pada umumnya, orang yang mengalami obesitas atau menderita diabetes memang cenderung memiliki masalah leher hitam. Oleh karena itu, Anda perlu mengendalikan berat badan dan gula darah.

Selain itu, lakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga. Cara menghilangkan leher hitam ini juga dapat mengurangi kondisi acanthosis nigricans yang Anda alami.

7. Minyak Zaitun & Lemon

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Cara menghilangkan hitam di leher dari bahan alami lainnya adalah dengan minyak zaitun dan lemon. Lemon merupakan zat pencerah alami untuk mencerahkan dan mengatasi kulit kusam sekaligus mengencangkan pori-pori kulit. Sementara, minyak zaitun dapat menghidrasi dan melembutkan kulit.

Cara memutihkan leher belakang dengan minyak zaitun dan lemon adalah dengan mencampurkan kedua bahan alami ini secukupnya. Oleskan pada permukaan area leher yang menghitam sebelum tidur di malam hari. Lakukan langkah ini selama sebulan penuh untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Serbuk Kunyit

Pinterest
Foto : Pinterest

Sudah pernah coba cara memutihkan leher hitam dengan kunyit? Kunyit dianggap dapat digunakan untuk memutihkan kulit sekaligus memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Anda bisa mencampurkan 1-2 sendok makan yoghurt tanpa rasa dan ¼ sendok teh bubuk kunyit.

Oleskan masker kunyit pada permukaan leher yang sudah dibersihkan dan diamkan sampai mengering selama 15 menit. Lalu, bilas area leher dengan air suam-suam kuku.

Perlu diingat bahwa beberapa cara menghilangkan hitam di leher secara alami di atas mungkin masih ada yang membutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya. (bbi)

Topik Terkait