img_title
Foto : Pinterest/bora

IntipSelebCara memutihkan kuku ternyata cukup mudah, bahkan bisa menggunakan bahan alami. Mungkin beberapa di antara anda ada yang memiliki warna kuku yang tiba-tiba berubah menjadi menguning. Penyebab warna kuku tiba-tiba menguning ada beberapa faktor, mulai dari karena penggunaan cat kuku hingga karena adanya infeksi jamur.

Memiliki kuku yang putih dan cerah pasti menjadi nilai tambah sehingga seseorang menjadi lebih percaya diri. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan kuku agar tetap sehat dan cerah adalah hal yang penting yang perlu dilakukan.

Lantas, cara memutihkan kuku ternyata cukup mudah, lho. Menggunakan bahan alami dan bisa dilakukan di rumah. Penasaran dengan cara memutihkan kuku secara alami? Simak tips dan cara memutihkan kuku secara alami berikut ini.

1. Baking soda

Cara memutihkan kuku yang pertama adalah anda bisa mencoba menggunakan baking soda. Mungkin terdengar asing, namun ternyata salah satu bahan baku pembuatan kue ini bisa digunakan untuk memutihkan kuku.

Baking soda dipercaya mampu mengangkat noda kuning pada kuku dan tentunya juga aman. Cara memutihkan kuku dengan baking soda pun cukup mudah, yakni dengan mengunakan 3 sendok teh baking soda setelah itu ditambahkan sedikit air hingga teksturnya menjadi pasta.

Setelah itu oleskan pada bagian kuku satu persatu. Lalu diamkan sampai kering kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menggunakannya sebanyak kurang lebih 3 kali dalam seminggu.

2. Minyak zaitun

Cara memutihkan kuku selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Selain dipercaya dapat memutihkan kulit, minyak zaitun juga dipercaya bisa memutihkan kuku. Cara memutihkan kuku dengan minyak zaitun pun cukup mudah.

Langkah pertama adalah pastikan kuku kamu telah dicuci bersih, setelah itu siapkan 3 hingga 4 sendok minyak zaitun. Kemudian, olesi kuku dengan minyak zaitun satu Bersatu kemudian pijat lah perlahan. Karena minyak zaitun merupakan bahan alami yang terbuat dari zaitun, maka anda bisa menggunakannya setiap hari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Air garam

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk memutihkan kuku adalah air garam. Air garam banyak dipercaya ampuh untuk memutihkan kuku. Cara memutihkan kuku dengan air garam pun cukup mudah, yakni dengan menyiapkan semangkuk air hangat yang telah diberi 4 hingga 5 sendok makan garam.

Setelah itu rendamlah kuku anda ke dalam mangkuk berisi air garam hangat itu sambil digosok menggunakan sikat gigi secara perlahan. Lakukan secara rutin agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

4. Konsumsi makanan mengandung vitamin E

Selain menjaga kesehatan kuku dari luar, anda juga perlu menjaga kesehatan kuku dari dalam, salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E. Hal ini dikarenakan vitamin E dapat merangsang pertumbuhan kuku agar tetap sehat.

Bahkan efektivitas vitamin E disebut-sebut dapat menjadi solusi dalam pengobatan sindrom kuku kuning. Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin E atau memperbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin E, seperti biji bunga matahari, selai kacang, asparagus (sayuran), mangga, alpukat, kacang almond, hingga paprika merah.

5. Lemon

Cara memutihkan kuku selanjutnya bisa dengan menggunakan perasan jeruk lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon dipercaya dapat membantu menyehatkan kuku agar lebih cerah. Selain itu lemon juga dianggap sebagai agen pemutih alami yang terbaik.

Cara memutihkan kuku dengan lemon pun cukup mudah, yakni dengan peras satu buah lemon, lalu rendam kuku Anda di dalamnya selama kurang lebih 15 menit. Selam direndam, anda juga bisa sambil menggosoknya dengan sikat gigi.

Setelah selesai, bilas kuku sampai bersih menggunakan air suam-suam kuku. Atau, anda juga dapat menggosokkan potongan buah lemon pada permukaan dan di bawah kuku. Lakukan cara memutihkan kuku dengan lemon ini tiap 2-3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil maksimal.

6. Konsumsi makanan vitamin B

Selain vitamin E, mengonsumi makanan yang mengandung vitamin B juga baik untuk memutihkan kuku. Vitamin B dapat anda dapatkan dari kacang-kacangan dan sayuran seperti kedelai, gandum, bayam, selada, dan kubis. Selain itu, anda juga perlu menghindari konsumsi minuman berkafein dan alkohol berlebihan dan juga perbanyak minum air putih, kurang lebih 2 liter dalam sehari.

7. Cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk memutihkan kuku adalah cuka apel. Selain dapat menghilangkan bakteri penyebab kuku menguning, hal ini tentunya dapat menjadi bahan alami untuk memutihkan kuku.

Cara memutihkan kuku dengan cuka apel pun cukup mudah, yakni dengan membersihkan kuku anda terlebih dahulu dengan air bersih. Kemudian, rendam kuku-kuku jari anda ke dalam 120 ml cuka apel selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu keringkan kuku hingga benar-benar kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara ini selama kurang lebih 2 kali dalam sehari.

8. Pasta gigi

Selanjutnya anda juga bisa memutihkan kuku dengan menggunakan pasta gigi yang khusus untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan kuku dengan pasta gigi pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan pasta gigi ke kuku anda satu persatu kemudian sikat-sikat secara perlahan.

Setelah itu diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum kemudian dibilas dengan air bersih. Memutihkan kuku dengan pasta gigi ini dipercaya ampuh jika anda baru mendapatkan noda kuning yang tiba-tiba muncul di kuku anda.

9. Bawang putih

Selanjutnya, anda bisa menggunakan bawang putih untuk memutihkan kuku anda. Bawang putih dipercaya dapat membantu membersihkan kuku kotor sehingga membuatnya jadi lebih berkilau. Cara memutihkan kuku dengan bawang putih pun cukup mudah, yakni siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas, potong menjadi dua bagian.

Lalu oleskan bawang putih secara perlahan pada kuku tangan dan kaki yang menguning. Jika sudah, bilas dengan air hangat atau air biasa. Lakukan sebanyak kurang lebih 3 kali dalam seminggu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Kulit Semangka

Mungkin anda akan heran jika disarankan memutihkan kuku dengan kulit semangka. Namun ternyata, banyak orang yang percaya bahwa kulit semangka ampuh untuk memutihkan kulit, lho. Jadi alih-alih membuangnya, lebih baik anda menggunakannya untuk membersihkan kuku. Selain dapat membuat kuku nampak lebih bersih, kulit semangka juga akan membuat kuku lebih mengkilap.

Cara memutihkan kuku agar terlihat lebih berkilau secara alami pun cukup mudah, yakni dengan menggosokkan kulit semangka pada kuku tangan dan kaki yang menguning. Kemudian, tunggu sampai air kulit semangka pada kuku mengering. Setelah selesai, bersihkan dengan tisu atau handuk hingga kuku nampak mengkilap.

Demikian adalah cara memutihkan kuku secara alami. Semoga tips dan informasi di atas bisa menjadi bahan referensi anda untuk memutihkan kuku secara alami dan menghindari menggunakan bahan kimia. (bbi)

Topik Terkait