img_title
Foto : Pinterest/Fitriani gozel

IntipSelebCara membersihkan karang gigi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Karang gigi sendiri merupakan plak yang menebal dan mengeras. Biasanya karang gigi ada di atas garis gusi, terutama di bagian dalam dari gigi depan bawah.

Namun karang gigi berbeda dengan plak. Karang gigi biasanya berwarna kecokelatan atau bahkan kehitaman. Karang gigi perlu dibersihkan untuk mencegah terjadinya penyakit radang gusi atau periodontitis. Biasanya pembersihan karang gigi ini dilakukan di dokter gigi dengan metode scaling gigi.

Namun, sebelum anda memutuskan untuk membersihkan karang gigi ke dokter, ternyata ada cara membersihkan karang gigi yang sederhana dan bisa anda lakukan di rumah. Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi yang mudah? Simak tips dan 9 cara membersihkan karang gigi berikut ini.

1. Lemon

Cara membersihkan karang gigi yang mudah bisa dengan menggunakan lemon. Buah lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga memiliki sifat asam. Sifat asam ini yang dipercaya mampu untuk membersihkan karang pada gigi.

Selain itu, buah lemon juga mengandung kalsium dan sifat antimikroba yang bagus untuk kesehatan gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan lemon pun cukup mudah, yakni dengan menggosokkan kulit lemon pada gigi yang terdapat karang gigi, biasanya di dekat garis gusi.

Gosok selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, kumur-kumur hingga bersih. Atau, anda juga bisa menghancurkan buah lemon kemudian beri ekstrak lemon tersebut dengan sedikit air dan garam. Aduk untuk membuat larutan pasta gigi, kemudian gosok lah gigi anda dengan campuran tersebut.

2. Jambu biji

Selanjutnya anda bisa menggunakan buah jambu biji. Anda bahkan bisa menggunakan buah maupun daunnya. Cara membersihkan karang gigi dengan jambu biji pun cukup mudah, yakni dengan makan jambu biji mentah yang telah diberi sedikit taburan garam.

Jika ingin memakai daun jambu biji, maka anda hanya perlu mencuci beberapa lembar jambu biji kemudian mengunyahnya. Setelah itu buang dan kumur-kumur menggunakan air bersih. Penggunaan jambu biji ini dipercaya dapat mengatasi masalah gusi sebab memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu juga dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi.

3. Baking soda

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya anda bisa mencoba menggunakan baking soda atau soda kue. Baking soda dipercaya dapat menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi anda. Tak hanya itu, kandungan baking soda dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium serta email. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antimikroba yang berguna mencegah kerusakan gigi.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan membuat pasta gigi dari baking soda. Ambil 1 sendok makan baking soda, kemudian tambahkan sedikit air. Aduk-aduk kemudian pakai bahan tersebut untuk menggosok gigi anda. Anda juga bisa mengganti air dengan perasan jeruk lemon agar lebih wangi dan menyegarkan.

4. Cuka putih

Selanjutnya ada cuka putih. Cuka putih merupakan cairan asam asetat sehingga efektif dalam membunuh bakteri mulut dan mencegah infeksi.

Cara membersihkan karang gigi dengan cuka putih pun cukup mudah, yakni campurkan dua sendok makan cuka putih dalam setengah cangkir air hangat. Setelah itu tambahkan satu sendok garam dan aduk merata. Pakailah larutan tersebut untuk berkumur sebanyak sekali sehari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak kelapa

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak kelapa. Kandungan dalam minyak kelapa dipercaya mampu menarik minyak yang tertimbun, yang menjadi sebab terbentuknya karang gigi. Kemampuan minyak kelapa ini karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba. Cara membersihkan karang gigi dengan minyak kelapa cukup mudah, yakni dengan menghangatkan 1-2 sendok makan minyak kelapa, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu buang, namun hindari mengeluarkan minyak kelapa ke wastafel, karena dapat menyumbat pipa. Oleh karena itu anda bisa menggunakan tisu atau kertas. Jika tidak ada minyak kelapa, anda juga bisa menggunakan minyak almond, minyak zaitun atau minyak wijen.

6. Cengkeh

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya bisa dengan menggunakan cengkeh. Cengkih akan melawan mikroba di mulut yang menjadi penyebab terbentuknya karang gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan cengkeh pun cukup mudah, yakni ambil 1 sendok makan bubuk cengkeh lalu tambahkan minyak zaitun secukupnya, aduk-aduk hingga membentuk pasta.

Setelah itu oleskan campuran ini pada gigi dan biarkan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Setelah selesai bilas dengan berkumur-kumur air hangat.

7. Berhenti merokok

Selain menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, membersihkan karang gigi juga bisa dilakukan dari memperbaiki pola hidup, salah satunya ialah dengan berhenti merokok. Mungkin banyak di antara anda ketika stres akhirnya memilih untuk merokok untuk membuat tenang.

Namun selain menyebabkan gangguan fungsi jantung dan paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut, salah satunya adalah karang gigi. Hal ini dikarenakan rokok yang mengandung bahan kimia dan dapat memicu pembentukan karang gigi.

Bahkan, karang gigi orang yang merokok cenderung berwarna hitam pekat dan bisa membuat warna gigi anda jadi kusam. Karang gigi para perokok umumnya lebih gelap dibanding yang tidak merokok. Oleh sebab itu anda bisa mulai berhenti merokok untuk membantu menghilangkan karang gigi.

Anda bisa melakukannya secara perlahan dan jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau kerabat dekat.

8. Sikat gigi dua kali dalam sehari

Cara membersihkan karang gigi yang paling mudah ialah dengan menyikat gigi secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Hal ini tentunya bisa menjaga kesehatan gigi dan juga dapat mencegah atau membersihkan karang gigi yang masih ringan.

Waktu sikat gigi yang baik adalah saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Anda juga perlu menyikatnya dengan baik, kurang lebih selama 2 menit agar bersih. Jangan menyikat gigi terlalu cepat karena dipercaya tidak efektif untuk membersihkan kotoran dan plak yang masih menempel di permukaan gigi.

Disarankan untuk menyikat selama 30 detik untuk masing-masing empat bagian gigi (samping kanan, samping kiri, depan, dalam).

9. Bersihkan dengan benang

Selanjutnya anda bisa membersihkan karang gigi dengan menggunakan benang (dental floss). Benang gigi dianggap efektif untuk membersihkan sela-sela dan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat.

Membersihkan gigi dengan benang juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Selain itu, membersihkan gigi dengan benang juga bisa menghindari seseorang dari bau mulut.

Demikian adalah tips dan 9 cara membersihkan karang gigi yang mudah. Jika karang gigi masih tergolong ringan, maka anda bisa menggunakan beberapa metode di atas. Namun jika sudah terlalu tebal, maka ada baiknya anda berkonsultasi dan membersihkan karang gigi ke dokter gigi. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan anda. (bbi)

Topik Terkait