img_title
Foto : Pinterest/secretface.ru

IntipSelebCara membersihkan wajah yang benar perlu mulai dibiasakan dan diterapkan. Sebab, dengan membersihkan wajah dengan baik, maka anda bisa menjaga kesehatan kulit wajah anda.

Mungkin di antara anda banyak yang berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun wajah saja sudah cukup. Tapi ternyata, ada beberapa cara membersihkan wajah agar wajah lebih terawat dan sehat.

Penasaran bagaimana cara membersihkan wajah yang benar? Simak tips menjaga kesehatan kulit wajah dan cara membersihkan wajah dengan baik dan benar berikut ini.

1. Cuci tangan

Cara membersihkan wajah yang pertama adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan merupakan media perantara yang bisa saja terdapat banyak kotoran atau bakteri yang tertinggal. Sehingga jika anda langsung menyentuh wajah, dikhawatirkan kotoran tersebut akan berpindah ke wajah dan malah akan menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti misalnya saja jerawat.

Selain itu, jika wanita yang memiliki rambut panjang, ada baiknya mengikat rambut atau menggunakan bandana terlebih dahulu agar tidak mengganggu saat membersihkan wajah. Selain itu juga menghindari kemungkinan adanya bakteri yang ada di area rambut.

2. Menghapus riasan

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah dengan menghapus riasan. Biasanya para wanita yang seusai pulang dari kantor atau dari kegiatan yang mengharuskan anda berdandan, maka anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Menghapus riasan juga sangat penting jika anda hendak tidur.

Untuk memastikan riasan telah benar-benar bersih, anda bisa menggunakan produk make up remover atau micellar water untuk membersihkan riasan. Kandungan molekul yang ada di dalam micellar water dapat membantu memecah kotoran atau riasan yang menempel di wajah.

Setelah menggunakan micellar water, gunakan juga cleansing oil untuk menghapus riasan mata, seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow.

3. Basahi wajah dengan air hangat

Jika selesai membersihkan riasan, maka langkah selanjutnya adalah dengan membasahi wajah dengan air hangat. Untuk para pria yang tidak mengenakan riasan, bisa langsung masuk ke tahap ini sesuai mencuci tangan dengan bersih.

Cara membersihkan wajah yang benar ialah dengan membasahi muka dengan air hangat. Penggunaan air hangat ini dipercaya dapat membantu mengangkat kotoran yang ada pada wajah.

Namun, anda juga perlu memperhatikan agar menghindari membasuh wajah dengan air yang suhunya terlalu panas. Sebab, alih-alih membantu mengangkat kotoran dari wajah dengan melebarkan pori-pori, suhu air yang terlalu panas justru dapat membuat kulit wajah mengalami iritasi.

4. Gunakan sabun pembersih wajah

Setelah membasahi wajah dengan air hangat, cara membersihkan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Caranya yakni dengan menuangkan sedikit sabun pembersih wajah ke telapak tangan, kemudian aplikasikan sabun pembersih wajah tersebut ke seluruh area wajah.

Jangan lupa, beri pijatan lembut juga pada wajah selagi mengaplikasikan sabun ke wajah selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu anda bisa mendiamkannya sebentar selama 1 menit agar nutrisi dalam sabun muka bisa bekerja dengan baik.

5. Bilas dengan air bersih

Setelah melakukan pijatan lembut dan mendiamkan sejenak, anda bisa lanjut untuk membilas wajah anda. Air yang digunakan untuk membilas wajah yang dipenuhi sabun bisa dengan menggunakan air apa pun, bisa air dingin atau air hangat. Yang terpenting, anda perlu memastikan agar wajah benar-benar bersih dan sabun wajah telah sepenuhnya hilang.

6. Keringkan wajah dengan handuk bersih

Cara membersihkan wajah seusai dibilas dengan bersih adalah mengeringkannya dengan handuk. Jangan salah, menggunakan handuk kering yang bersih juga hal penting yang harus anda perhatikan. Sebab, jika handuk yang anda gunakan dalam keadaan kotor, maka justru kotoran yang ada di handuk bisa berpindah kembali ke wajah dan menimbulkan masalah kulit yang baru.

Keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk ke wajah secara perlahan. Membiarkan wajah agar tetap basah sesuai mencuci muka justru nantinya akan membuat kulit menjadi kering.

7. Gunakan pelembap

Setelah wajah kering dan bersih, anda bisa mengoleskan krim pelembap. Menggunakan pelembap sangat baik untuk kulit, terutama untuk kulit yang terasa kering atau gatal. Namun anda juga perlu memperhatikan agar berhati-hati dalam mengaplikasikan pelembap di area bawah mata, sebab kulit di area tersebut cenderung lebih tipis. Jadi jangan terlalu menarik-narik area kulit halus tersebut.

Setelah anda mengetahui cara membersihkan wajah dengan baik dan benar, berikut ini kami juga akan membagikan informasi mengenai tips agar kulit wajah anda bisa tetap sehat.

1. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Membersihkan wajah memang baik agar wajah tampak lebih cerah dan sehat. Namun, mencuci wajah terlalu sering pun tidak baik lho. Dalam sehari, anda hanya disarankan untuk mencuci sebanyak dua kali saja. Yakni di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Hal ini dikarenakan bisa membuat kulit mudah kering.

2. Pilih sabun wajah yang tepat

Tentunya anda sudah tahu bahwa banyak sekali produk sabun pembersih wajah. Namun, anda tetap tak boleh asal untuk memilih sabun pembersih wajah yang akan anda gunakan. Anda disarankan untuk memilih sabun muka yang lembut dan non-abrasif, yang tidak mengandung alkohol.

Serta jangan gunakan sabun batang untuk mencuci muka. Sebab, sabun batang dapat mengubah keseimbangan pH kulit sehingga memungkinkan lebih banyaknya pertumbuhan bakteri. Selain itu, ketika mencuci wajah juga anda perlu menentukan takaran yang tepat.

Jangan sampai anda menggunakannya terlalu banyak, sebab selain boros, hal itu juga sia-sia. Dalam artian bukan berarti jika anda menggunakan sabun pembersih wajah yang banyak maka wajah anda akan semakin bersih.

3. Menggosok wajah berlebihan

Ketika mencuci wajah, maka anda memang disarankan untuk mengusap-usap atau memberikan pijatan lembut pada wajah. Namun mungkin ada beberapa orang ketika buru-buru, justru tanpa sadar membersihkan wajahnya dengan cara menggosokkannya dengan kencang. Hal ini perlu anda hindari. Menggosok wajah secara berlebihan justru dapat membuat lapisan pelindung kulit alami menjadi rusak.

Jika lapisan pelindung kulit rusak, maka kulit wajah anda akan rentan sekali terkena iritasi, timbulnya jerawat bahkan akan muncul sensasi seperti terbakar ketika menggunakan produk skincare tertentu.

4. Gunakan produk skincare yang tepat

Selain membersihkan wajah, anda juga bisa menggunakan beberapa produk skincare untuk membuat wajah anda menjadi sehat. Memilih skincare yang tepat memang bukan perkara mudah, sebab setiap kulit memiliki tipe yang berbeda-beda dan produk skincare yang digunakan pun berbeda-beda. Namun jika anda telah menemukan skincare yang tepat, maka itu sangat baik untuk kesehatan kulit wajah anda.

Anda juga bisa rutin menggunakan pelembab ataupun sunscreen ketika hendak keluar rumah agar kulit terlindungi dari sinar matahari yang bisa membakar kulit.

Demikian adalah tips agar kulit tetap sehat dan cara membersihkan wajah yang baik dan benar. Semoga informasi terkait tips dan cara membersihkan wajah di atas bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk anda. (bbi)

Topik Terkait