img_title
Foto : Pexels/alexandr podvalny

IntipSelebResep nasi uduk yang nikmat dan gurih masih digandrungi oleh sebagian besar masyarakat sebagai santapan di pagi hari. Berbahan dasar santan, nasi uduk merupakan makanan khas betawi.

Nasi uduk yang nikmat pun kerap ditemani dengan berbagai bahan lauk, seperti bihun, tempe orik, telur rebus, dan lain sebagainya. Tak heran bila nasi uduk pun menjadi salah satu menu simpel yang menjadi pilihan untuk di makan.

Tak hanya itu, jika di malam hari, banyak nasi uduk yang disajikan dengan lauk yang di goreng. Seperti umumnya, dapat ditemukan pada warung-warung kaki lima atau pinggir jalan yang menjual dengan banner tulisan pecel lele. Ya, nasi uduk disandingkan dengan berbagai sajian, mulai dari ayam goreng, pecel lele, bebek, tahu, tempe, dan lain sebagainya.

Sehingga nasi uduk pun tak dapat dipisahkan dari masyarakat Tanah Air. Tak heran bila resep nasi uduk pun masih dicari. Pasalnya, banyak yang mencari resep nasi uduk untuk dimasak. Dari resep nasi uduk tersebut pun, kamu dapat membuat porsi yang banyak. Sehingga resep nasi uduk tersebut dapat dijadikan makanan dalam sebuah acara, kamu jadikan ladang bisnis, ataupun lainnya.

Lantas, seperti apa resep nasi uduk yang lezat? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk menyajikan resep nasi uduk buat kamu. Tunggu apa lagi, yuk langsung aja cek ke bawah untuk resep nasi uduk. Check it out!

Nasi Uduk Rice Cooker

Bahan-bahan:
- 2 cangkir beras yang sudah dicuci.
- 2 lembar daun salam.
- 2 batang daun serai, memarkan.
- 200 ml santan kelapa.
- 1 sendok teh garam halus.
- Air secukupnya.

Bahan untuk pelengkap nasi uduk;
- Telur dadar, iris tipis-tipis.
- Kerupuk.
- Sambal goreng tempe.
- Sambal cabai merah.
- Bawang goreng.
- Irisan timun.
- Ayam suwir.

Cara pembuatan serta penyajian:
- Pertama, buatlah nasi uduk terlebih dahulu. Dengan memasukan beras yang sudah dicuci kedalam rice cooker. Disarankan untuk cuci beras dan rendam selama kurang lebih 5-10 menit agar lebih cepat matang. Pastikan takaran beras dan santannya pas
- Kemudian masukan santan dan tambahkan air sesuai takaran rice cooker seperti biasanya. Dengan cara mengukur air rendaman hingga mencapai 1 ruas jari diatas permukaan beras.
- Masukan semua bahan yang tersisa seperti daun salam, batang serai, dan garam secukupnya kedalam rice cokker sambil diaduk. Tekan tombol power pada rice cooker, biarkan kurang lebih 15 sampai 20 menit hingga nasi setengah matang, kemudian aduk-aduk kembali nasinya.
- Tutup rice cooker kembali dan tunggu sampai nasi matang. Ketika nanti membuka penutup rice cooker saat nasi sudah matang, bukalah ketika uapnya sudah hilang. Apabila tutup rice cooker terlalu cepat dibuka, maka uapnya akan keluar. Hasilnya, nasi akan cepat keringnya.
- Setelah matang, sajikan di piring, dan tambahkan lauk pelengkap yang sudah disiapkan sesuai selera, nasi uduk pun siap disantap.
- Nasi uduk pun siap disantap dengan lauk pelengkap di atas!

Nasi Uduk Spesial

Bahan untuk nasi uduk:
- 500 gr beras putih.
- 600 ml santan.

Bahan untuk sambal:
- 100 gr kacang goreng (kacang tanah).
- 150 ml air putih (air matang).
- 1 buah cabe merah.
- 1 sendok makan gula pasir.
- 1 sendok teh garam.
- 1 sendok makan ketumbar.
- 10 buah cabe rawit.
- 2 siung bawang putih.

Bahan untuk pelengkap nasi uduk:
- Sambal kacang.
- Telur dadar (di iris).
- Teri (goreng).
- Bawang (goreng).
- Kacang (goreng).
- Emping (goreng).

Cara pembuatan serta penyajian:
- Pertama, masak beras terlebih dahulu, sampai setengah matang, jangan sampai menjadi nasi. Jika sudah setengah matang, letakkan pada panci.
Kemudian rebus santan kelapa di panci yang lain hingga mendidih, lalu tambahkan daun sereh, daun salam, dan daun pandan, kemudian tambahkan juga ketumbar dan garam. Aduk-aduk sampai mendidih, lalu angkat dan sisihkan.
- Masukkan santan yang telah matang tadi ke dalam panci yang berisi beras setengah matang. Santan yang di masukkan sebanyak 1 ruas jari dari atas beras, atau seperti memasak nasi biasanya. Kemudian masak hingga air santan dalam panci habis.
- Setelah itu, kukus nasi dan tunggu hingga benar benar matang.
- Untuk sambal, campurkan semua bahan sambal kacang, lalu haluskan menggunakan blender sampai halus. Lalu sisihkan di tempat terpisah.
- Sajikan nasi uduk yang telah matang dengan tambahan sambal kacang kemudian beri pelengkap seperti telur dadar, ikan teri, bawang dan kacang goreng, serta emping. Sajikan selagi masih hangat.
- Nasi uduk siap melewati tenggorokanmu dengan nikmat!

Nasi Uduk Ayam Bakar

Bahan untuk nasi uduk:
- 2 gram beras, cuci bersih.
- 300 ml santan.
- Air secukupnya, sesuaikan dengan kondisi beras.
- 2 lembar daun pandan.
- 1 batang serai, memarkan.
- 1/2 sendok makan garam.

Bahan untuk ayam bakar:
- 1 ekor ayam kampung muda, potong-potong menjadi beberapa bagian.
- 1 batang serai, memarkan.
- 2 ruas lengkuas, memarkan.
- 2 lembar daun salam.
- 3 lembar daun jeruk.
- 3 sendok makan kecap manis.
- 3 sendok makan minyak untuk tumisan.
- Garam dan gula pasir secukupnya.
- Air secukupnya.

Bahan untuk bumbu halus:
- 5 buah cabe merah.
- 7 butir bawang merah.
- 5 siung bawang putih.
- 1 cm kunyit.
- 2 cm jahe.

Cara pembuatan serta penyajian:
- Pertama, campurkan beras, santan, dan garam, aduk hingga rata kemudian masukkan daun pandan dan serai.
- Tambahkan air sesuai takaran beras, tekan tombol "cook" pada rice cooker.
- Tunggu hingga kira-kira 1/2 matang, buka rice cooker, dan aduk rata beras. Setelah itu, tutup kembali dan lanjutkan memasak hingga matang. Setelah matang, aduk nasi kembali dan siap disajikan.
- Sembari menunggu kematangan nasi, kamu dapat memask ayam bakar.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Lalu masukkan daun dalam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Aduk hingga rata.
- Tuangkan air, bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
Masukan ayam, masak hingga ayam empuk, bumbu meresep, dan air menyusut.
- Apabila air sudah menyusut dan ayam belum empuk, bisa ditambahkan air lagi. Teruskan memasak hingga bumbu mengental dan matikan api. Lalu anggang ayam sambil diolesi sisa bumbu dan diberikan kecap manis.
- Hingga diperkirakan bahwa ayam sudah matang. Lalu sajikan dengan nasi uduk dan sambal.
- Nasi uduk pun siap dihidangkan!

Itulah deretan resep nasi uduk yang pulen, lezat, gurih, dan nikmat untuk disantap. Meski kamu baru mencoba membuatnya, jangan takut gagal untuk mengikuti resep nasi uduk. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Topik Terkait