img_title
Foto : Pexels/justyna

IntipSelebTanaman hias indoor menjadi salah satu pelengkap di sebuah tempat. Mungkin kamu dapat menggunakan tanaman hias indoor untuk di rumah. Tak hanya itu, tanaman hias indoor pun dapat menjadi dekorasi di kafe, restoran, ataupun kantor.

Kamu dapat menggunakan tanaman hias indoor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Fungsi dari tanaman hias indoor sendiri di dalam sebuah ruangan, untuk membuat sirkulasi udara yang nyaman dan memberikan oksigen alami sehingga bisa disebut sebagai air filter alami.

Penggunaan tanaman hias indoor di sebuah ruangan juga seakan-akan membuatnya terlihat lebih hidup. Namun, biasanya tanaman identik dengan pertumbuhan dari cahaya matahari, perlu air, dan hanya di outdoor saja.

Namun dengan banyaknya jenis tanaman, tanaman hias indoor pun menjadi pilihan pas untuk berada di dalam. Tak perlu cahaya matahari maksimal dan juga dapat dirawat dengan mudah, tanaman hias indoor cocok untuk pemula. Lantas apa sajakah jenis dari tanaman hias indoor yang mudah dirawat dalam minim cahaya? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum untuk kamu mengenai tanaman hias indoor yang bisa dijadikan rekomendasi. Tunggu apa lagi, check it out!

Daun Monstera

Siapa yang tak mengenal tanaman hias satu ini yang sangat populer. Daun monstera menjadi sebuah tanaman yang memang sangat menarik di tempatkan di dalam rumah. Saun lebar unik dengan bagian rongga pada tengah daun benar-benar sangat menarik perhatian dan menjadi ciri khas dari daun monstera.

Melansir pada Pinhome, daun monstera hadir dari keluarga araceae. Di mana daun monstera masuk dalam kategori tanaman hias yang mudah dirawat. Dikarenakan tidak memerlukan asupan cahaya matahari secara langsung, maka ia sangat cocok berada dalam ruangan.

Daun Dollar

Dollar plants yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan menjadi salah satu tanaman yang mudah dirawat dan digemari oleh para pecintanya. Bentuk daun yang unik dan berwarna hijau pekat mirip, disebut dengan mata uang negara Amerika Serikat. Tak heran bila banyak yang menyebutnya sebagai daun atau tanaman dollar. Selain itu, perawatannya pun tak perlu dengan cahaya matahari maksimal.

Di mana ia cukup dijadwalkan untuk terkena sinar matahari sekaligus melakukan penyiraman, maka tanaman dollar milikmu akan bertahan lama dan mampu menghiasi ruang rumah mu dengan nyaman. Pembeliannya pun dapat dilakukan di penjualan tanaman-tanaman sekitar mu.

English Ivy

Menjadi salah satu tanaman yang digantung, daun tersebut cocok berada di dalam ruangan. Tanaman unik ini ditempatkan di dalam pot tanaman. Selain itu, tanaman satu ini juga dapat dijadikan tanaman pagar yang cantik. Cocok ditempatkan pada pot gantung, english ivy memiliki daun unik dan masuk dalam jenis tanaman yang merambat.

Berbeda dengan dua daun diatas, english ivy ini membutuhkan perhatian dari kamu. Pasalnya, tanaman ini harus dijaga kelembapannya dan harus rajin dibersihkan bagian daunnya. Karena debu yang akan menempel pada tanaman atau daun tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

Kamu tak ingin bukan, niat mempercantik sebuah tempat justru jadi terlihat angker karena kurangnya perhatian. Sehingga merawatnya bagaikan keluarga sendiri dianjurkan untuk tanaman ini.

Daun Rosemary

Hampir menyaingi popularitas daun monstera, rosemary ini juga digemari oleh para pecinta tanaman. Pasalnya, rosemary menjadi salah satu tanaman dengan sejuta manfaat bagi kesehatan. Tidak heran kehadirannya dalam sebuah ruangan sangat dinanti apalagi untuk para penggiat tanaman.

Selain sebagai dekorasi ruang yang menarik, rosemary mampu menurunkan kadar gula dalam darah, meringankan nyeri hingga menjaga kesehatan otak. Kamu akan dengan mudah mengetahuinya dari harum yang dikeluarkan tumbuhan ini.

Daun rosemary pun juga mudah ditemukan bibitnya, sehingga cocok untuk pemula yang ingin fokus bertanam. Perawatannya sendiri cukup mudah. Kamu dapat menaruhnya di ruangan yang memiliki air conditioner.

Daun Karet

Rubber plant ataudaun karet menjadi sebuah tanaman menarik dalam ruangan yang patut diperhitungkan. Walaupun warnanya cenderung gelap, tanaman karet ini mampu bertahan dengan baik. Namun ia juga hampir sama dengan english ivy, harus diperhatikan.

Daun karet akan tumbuh secara baik jika diperhatikan. Jika kamu memilih daun karet sebagai hiasan ruangan kamu, menyiraminya secara teratur dapat membantu perawatan dari tanaman tersebut. Tak hanya itu, asupan matahari juga harus dipersiapkan.

Sehingga kamu dapat menghindari menaruhnya di ruangan yang gelap ya. Gunakan pot warna warni, agar kesan ceria menambah pada tanaman tersebut.

Daun Lidah Mertua

Tak hanya lidah buaya, rupanya tanaman lidah mertua pun juga tak kalah populernya. Pasalnya, lidah mertua ini memiliki banyak manfaat. Tanaman lidah mertua menjadikan ruangan tempat asri dan sejuk.

Tak hanya itu, tanaman lidah mertua sangat cocok sebagai tanaman dalam ruangan yang cantik karena tidak butuh banyak perawatan, cahaya, dan air. Sehingga pemula wajib menjadikan daun ini untuk jadi dekoreasi di ruangan yang sedang kamu desain.

Selain membuat tampilan ruangan menjadi cantik, tanaman ini dapat menyaring zat-zat oksida berbahaya, seperti karbondioksida, formalin, dan benzena. Alangkah bagusnya jika penempatan lidah mertua berada dii rak display dekat TV, dalam kamar mandi, atau ruang tidur agar udara di dalam rumah lebih segar dan bersih. Siapa tahu tanaman lidah mertua ini dapat membuat tidurmu nyenyak bukan.

Daun Laba-Laba

Tanaman dalam ruangan lainnya yang cocok untuk kamu coba ialah spider plant atau daun laba-laba. Daun unik ini tampil dengan juntaian helai berwarna hijau yang cantik rupanya. Tanaman ini juga tergolong ke dalam tanaman yang cepat tumbuh dan tingginya bisa mencapai 60 cm dalam waktu singkat.

Peran spesial dari tanaman dalam ruangan daun laba-laba ini, ia bisa beraksi sebagai penyaring toksin di dalam ruangan sekaligus memberi kesan alami.

Tak hanya itu, daun laba-laba mampu menyerap zat-zat kimia yang dihasilkan oleh kulit dan karet. Tanaman yang memang direkomendasikan dalam ruangan ini seperti english ivy. Yaitu pantas untuk digantung pada sebuah pot kecil yang sudah dilubangi supaya bisa tumbuh dengan baik. Jangan lupa berikan pencahayaan alami yang sedang serta rajin menyiramnya agar tumbuh jadi daun yang bagus.

Lidah Buaya

Tentunya, tanaman satu ini tak boleh ketinggalan menjadi tanaman pelengkap dalam ruangan yang kamu bangun. Terkenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk kecantikan, tanaman dalam ruanganbernama lidah buaya ini juga terkenal dengan manfaat lainnya.

Di mana lidah buaya bermanfaat untuk menghancurkan senyawa benzena yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Senyawa benzena itu sendiri biasanya terkandung di dalam cat dinding rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman lidah buaya ini di atas meja kerja atau meja belajar agar pikiran lebih fresh. Jangan lupa untuk memberikan perhatian dengan menaruhnya beberapa saat di bawah sinaran matahari serta menyiramnya dengan seperlunya saja.

Topik Terkait