img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Berbagai jenis tanaman hias gantung yang dapat mempercantik rumah, dan membuat hunian kalian menjadi lebih asri dan enak dilihat yaitu salah satunya bunga Anggrek. Tanaman hias tak hanya yang di lantai saja, namun bisa gantungkan dibagian teras rumah kalian agar terlihat lebih hijau dan asri.

Beragam jenis tanaman hias gantung pun bisa dipilih, mulai dari janda bolong, monstera hingga kaktus. Tidak hanya itu, belakangan tanaman hias gantung juga menjadi primadona lantaran kecantikan daun dan batang yang menjulur ke bawah.

Selain mempercantik rumah, tanaman hias gantung juga nggak bikin makan tempat yang luas. Sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, berikut jenis tanaman hias gantung yang bisa menghias rumahmu agar tampak asri. Belakangan tanaman hias jadi favorit sebagai penghias ruangan di luar dan dalam rumah.

Tapi agak repot juga kalau rumah tak terlalu luas jika harus memajang tanaman hias di lantai rumah. Belakangan ini menjadi primadona bagi sebagian masyarakat. Dengan menanam tanaman hias diyakini dapat menghilangkan stres dan menaikkan mood baik selama pandemi.

Selain mampu mempercantik rumah dengan tampilannya yang indah, tanaman hias gantung ini juga membuat rumah tampak lebih natural dan fresh. Dengan adanya tanaman gantung di rumah juga dapat membuat kualitas di rumah lebih baik karena oksigen yang dihasilkan dari tumbuhan.

Guna mempercantik pekarangan rumah, banyak orang memanfaatkan tanaman hias gantung yang juga memberikan kesan asri pada rumah. Namun, tak semua orang dapat merawat tanaman hias dengan baik dan membuatnya lebih cepat layu, bahkan mati. Terlebih ketika tanaman hias gantung tidak tahan akan cuaca panas maupun hujan, tentu membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

Mempercantik taman kecil di rumah tidak selalu membutuhkan biaya tinggi. Memanfaatkan tanaman hias gantung yang tidak memerlukan perawatan khusus, taman kecil yang biasa-biasa saja bisa tampak lebih hijau dan berwarna. Bagi kamu yang ingin memperindah taman kecilmu, berikut ini adalah jenis tanaman hias gantung terbaik yang akan memperindah tampilan halaman rumahmu!

Siapa sangka, tanaman gantung yang sederhana dapat mengubah nuansa dan energi hunian di rumah. Banyak orang bilang bahwa teras rumah menentukan kesan terhadap sebuah hunian sehingga perlu memberikan kesan pertama yang bagus pada rumah melalui teras. Jangan takut kalau tanaman gantung akan terlihat membosankan, karena ada berbagai pilihan yang bisa disesuaikan denga gaya hunian.

Tanaman hias gantung dipercaya akan memberi kesan ramah lingkungan dan asri untuk siapa saja yang memilikinya. Tak hanya bunga anggrek berbagai bunga dan daun menjalar daoat dijadikan tanaman hias gantung, dengan model dan di modifikasi sedemikian rupa. Biasanya tanaman hias gantung dialasi oleh berbagai pot kecil yang unik dan menggemaskan. Ada pula yang dimasukan ke dalam bekas bohlam lampu dan diberi air lalu digantungkan dengan kawat-kawat kecil.

Langsung saja kita simak, apa saja tanaman hias gantung yang cocok untuk rumah kalian, chek it out!

1. Daun Dischidia Geri

Dischidia Geri atau terkenal dengan nama apple leaf ini memang warna keseluruhannya hijau dan dedaunan. Supaya tanaman gantung Dischidia Geri awet, hindari menggantungnya di depan jendela dan dekat pintu ya, posisikan ia jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Supaya tanaman gantung Dischidia Geri mu tetap happy, hindari memajangnya di tempat terpapar sinar matahari yang cukup terik ya.

2. Daun Peperomia Hope

Tumbuhan Peperomia Hope termasuk dalam jenis tanaman sukulen. Bentuknya yang pipih, bulat dan kelopaknya yang berbentuk daun ini perawatannya cukup mudah. Jika warna daunnya berwarna hijau gelap, berarti ia memberimu tanda ia sudah cukup terpapar sinar matahari, posisikan ia di tempat yang hangat.

3. Anggrek

anggrek merupakan salah satu tanaman hias dengan bunga yang sangat indah. Agak berbeda dari tanaman gantung lainnya, anggrek memerlukan perawatan secara bertahap hingga anggrek bisa mendapatkan paparan matahari secara langsung.

Anggrek memiliki banyak jenis dan warna, mulai dari anggrek lokal dan luar masih sering menjadi idaman bagi banyak orang. Anggrek biasanya digantung di bagian depan rumah, dengan warna warni dan bunga yang indah, beberapa bunga anggrek juga menjadi tanaman hias dengan harga yang fantastis.

Bunga anggrek cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis pot bunga gantung mulai dari material plastik sampai keramik. Pastikan bagian bawah pot bunga diberi lubang untuk sirkulasi udara di sekitar akar. Lubang pot ini juga bisa mengeluarkan air berlebihan untuk menjaga kesehatan bunga anggrek. Karena ciri khasnya yang tahan panas, tanaman hias ini sangat populer di kalangan Asia Tenggara.

4. Algonema

Tanaman aglaonema memiliki nama lain Sri Rejeki. Tanaman hias ini cukup populer di Indonesia karena dipercaya dapat mendatangkan rezeki pada orang yang merawatnya. Kelebihan dari tanaman yang satu ini adalah kemampuannya yang bisa tumbuh dalam cuaca panas maupun hujan.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki corak daun yang unik. Sebenarnya terdapat beberapa jenis tanaman aglaonema seperti jenis silver king, silver queen, harlequin, widuri merah dan aglaonema cutlass. Memiliki corak daun yang unik yakni berwarna merah serta tulang daunnya berwarna hijau, tanaman sri rezeki mampu mempercantik pekarangan rumah. Selain itu, membuat udara sekitar rumah menjadi lebih segar karena sifatnya yang mampu menyerap zat beracun di udara.

5. Begonia

Tanaman hias dengan bunga cantik lainnya yang cukup populer, yakni begonia. Dengan ragam corak dan bunga, tanaman begonia cocok dijadikan tanaman gantung sebagai penghias pekarangan maupun dalam ruangan.

Tak hanya itu, tanaman satu ini masuk ke dalam tanaman yang mudah dirawat karena dapat tumbuh dalam cuaca yang panas maupun hujan. Maka dari itu, cocok bagi kalian yang tengah mencari tanaman hias gantung yang mudah dalam perawatannya.

6. Jenggot Putih

Memiliki bentuk daun berwarna putih dan panjang menyerupai jenggot ini disebut sebagai tanaman hias gantung yang memiliki banyak sebutan. Mulai dari jenggot putih, jenggot musa, jenggot dewa, jenggot nabi, jenggot firaun, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya yang mirip dengan jenggot, tanaman berwarna putih ini memiliki daun yang lebat dengan panjang menjuntai hingga 6 meter. Tidak perlu takut layu dan susah merawatnya, tanaman hias ini mampu beradaptasi baik dalam kondisi panas maupun hujan lho.

7. Lili Paris

Tanaman hias bunga lili Paris atau Clorophpytum comosum merupakan tanaman gantung populer di dunia karena mudah beradaptasi di temperatur dingin dan panas. Bunga asal Afrika ini memiliki kombinasi warna hijau dan putih yang terlihat estetis.

Karena daunnya yang tumbuh memanjang ke bawah, tanaman ini cocok digunakan sebagai dekorasi tanaman gantung minimalis. Selain itu, bunga lili paris sangat efektif dalam mengurangi polutan di udara ruangan loh.

8. Sirih Belanda

Warna daun sirih Belanda atau “devil’s ivy” yang kuning keemasan, ketika terkena cahaya, memberikan kesan dekorasi rumah yang elegan. Daun yang merambat dan berbentuk hati ini juga sanggup menarik perhatian banyak orang.

Untuk perawatannya, kamu bisa meletakkannya di ruangan yang lembab dengan cahaya tidak langsung. Tanaman hias gantung sirih belanda memiliki khasiat mempurifikasi udara ruangan dari kotoran seperti asap rokok, cocok bagi para perokok pasif. (bbi)

Topik Terkait