img_title
Foto : Pinterest/Stylecraze

IntipSelebCara membersihkan komedo bisa anda lakukan di rumah dan dengan bahan alami. Siapa di sini yang memiliki masalah serius dengan komedo? Munculnya komedo pada wajah, tentunya akan membuat siapa saja kesal dan risih. Komedo adalah berupa benjolan kecil di pori-pori kulit yang biasanya akan menjadi bakal dari jerawat.

Komedo memang umumnya muncul di kulit wajah, namun tak bisa dipungkiri bahwa komedo juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, bahu atau pun lengan. Umumnya, komedo pada wajah bisa tumbuh akibat adanya sel kulit mati, bakteri yang menumpuk serta perubahan hormon.

Tak hanya itu saja, ternyata pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan munculnya komedo. Tentunya, membersihkan komedo adalah salah satu hal yang perlu anda lakukan agar kulit tetap sehat dan terhindar dari potensi munculnya jerawat.

Cara membersihkan komedo pun cukup mudah, anda bisa melakukannya dengan bahan-bahan alami dan bisa dilakukan di rumah. Kira-kira bagaimana ya cara membersihkan komedo? Simak tips dan 8 cara membersihkan komedo berikut ini.

1. Putih telur

Cara membersihkan komedo yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan putih telur. Putih telur dipercaya mampu untuk mengencangkan kulit. Oleh sebab itu, putih telur juga dianggap efektif untuk menghilangkan komedo.

Cara membersihkan komedo dengan putih telur juga cukup mudah, yakni dengan menjadikannya masker. Langkah pertama adalah ambil satu butir telur, ambil bagian putihnya saja. Setelah itu anada juga bisa menambahkan beberapa tetes jeruk lemon agar menyamarkan aroma amisnya.

Lalu oleskan putih telur yang telah diaduk rata dengan tetesan jeruk lemon ke area wajah yang ditumbuhi komedo. Putih telur ini berguna untuk mengecilkan pori-pori sehingga akan memaksa komedo untuk keluar. Selain itu, putih telur juga dapat menutrisi dan memperbaiki tekstur kulit serta menghilangkan minyak berlebih.

2. Tomat

Buah tomat ternyata juga banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Hal ini disebabkan buah tomat yang mengandung vitamin C dan A yang berguna untuk mencerahkan kulit, menyerap minyak berlebih serta mengecilkan pori-pori.

Cara membersihkan komedo dengan tomat pun cukup mudah, yakni dengan memotong topan menjadi beberapa irisan. Setelah itu gosokkan irisan tomat pada kulit yang dipenuhi komedo. Atau, anda juga bisa menghaluskan tomat hingga menjadi seperti bahan masker wajah. Lalu oleskan pada kulit yang terdapat komedo.

Diamkan untuk beberapa saat hingga masker tomat mengering. Lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Lidah buaya

Cara membersihkan komedo selanjutnya bisa dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah menghilangkan komedo dan jerawat.

Menggunakan lidah buaya ini memang tidak akan langsung terasa hasilnya, namun lidah buaya dapat membantu membersihkan pori wajah, melembutkan kulit, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area wajah yang ditumbuhi komedo.

Diamkan selama beberapa menit agar nutrisi dalam lidah buaya bisa diserap oleh kulit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kopi

Ternyata bubuk kopi juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit, salah satunya adalah menghilangkan komedo. Cara membersihkan komedo dengan bubuk kopi pun cukup mudah, yakni dengan cara mencampurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi.

Setelah itu aduk rata, lalu oleskan ke wajah yang ditumbuhi oleh komedo. Jangan lupa, anda juga bisa memberikan pijatan lembut pada wajah secara perlahan dengan gerakan memutar.

Biarkan selama kurang lebih lima menit agar kulit dapat menyerap nutrisi yang terkandung pada kopi. Setelah itu bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Lemon dan madu

Cara membersihkan komedo selanjutnya bisa dengan menggunakan campuran lemon dan madu. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat berguna untuk menyehatkan kulit. Sedangkan madu yang mengandung beragam vitamin juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan juga satu sendok teh gula. Kemudian oleskan ketiga bahan yang telah diaduk rata itu ke kulit wajah yang ditumbuhi komedo.

Setelah itu, pijat lembut dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan ini kurang lebih selama satu hingga dua menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya kurang lebih 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Cuka apel

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan cuka apel untuk membersihkan komedo membandel pada wajah anda. Cara membersihkan komedo dengan cuka apel cukup mudah, yakni dengan mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan air hangat, kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.

Setelah menggunakan cuka apel untuk masker, anda bisa memakai pelembap kulit. Sebab, kandungan asam pada cuka apel dapat menyebabkan kulit kering. Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilang komedo kurang lebih 2 kali dalam seminggu.

7. Pepaya

Kandungan vitamin E, A, dan C dalam pepaya dipercaya dapat berfungsi untuk meregenerasi kulit, melembapkan serta menutrisi kulit secara alami. Selain itu, buah pepaya juga banyak dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran yang ada pada wajah, menghilangkan berbagai sel kulit mati, hingga membersihkan komedo yang membandel.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan menghaluskan buah pepaya yang setengah matang maupun yang matang, kemudian jadikan sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu bilas hingga bersih.

8. Penguapan

Selanjutnya anda bisa melakukan penguapan untuk membersihkan komedo di wajah anda. Cara membersihkan komedo dengan penguapan pun cukup mudah, yakni dengan menyiapkan air panas dan dituang ke baskom, usahakan ukuran baskom muat untuk wajah anda. Setelah itu anda bisa menaruh wajah anda di atas baskom air panas yang masih mengeluarkan uap panas.

Agar lebih maksimal, anda bisa menutupi bagian kepala anda dan baskom air panas dengan handuk agar uap panas tidak cepat habis. Untuk yang belum terbiasa, anda bisa membuat air tersebut tidak terlalu panas terlebih dahulu. Karena sebagian orang memiliki kulit yang sensitif dan dikhawatirkan malah akan menimbulkan luka bakar.

Selain melakukan metode di atas, anda juga bisa berendam dengan air hangat. Anda bisa membasahi wajah anda dengan air hangat juga. Penguapan ini bisa membuat pori-pori kulit terbuka dan membuat komedo mudah hilang.

Demikian adalah tips dan 8 cara membersihkan komedo. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda dalam menghilangkan komedo yang membandel. (bbi)

Topik Terkait