img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Banyak cara untuk membersihkan paru-paru kita yang sudah terkena asap rokok, ataupun memang sering merasakan sesak nafas. Bagi perokok aktif ataupun pasif, paru paru memang merupakan bagian penting yang selama ini tidak dipedulikan soal kebersihan dan kesehatannya.

Sejumlah orang yang sering terpapar udara kotor atau asap, akan memiliki risiko besar yaitu mudah tersumbat bagian paru paru, atau memang sering sekali terkena batuk.

Paru-paru merupakan organ terpenting dalam tubuh bersama dengan jantung, hati dan organ lainnya. Paru-paru memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, jika paru-paru tak lagi berfungsi, maka bisa dipastikan manusia tak akan bisa bertahan hidup lama. Hal ini dikarenakan fungsi paru-paru sebagai alat pernapasan. Paru-paru terletak di bawah tulang rusuk yang memiliki tugas sangat berat. Apabila udara yang kita hirup adalah udara kotor yang mengandung polutan, maka paru-paru akan menjadi kotor.

Paru-paru yang kotor akan menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya kanker paru-paru. Paru-paru yang kotor bisa disebabkan oleh banyak hal, namun penyebab terbesar yaitu karena rokok. Baik perokok aktif atau bagi yang sudah berhenti merokok, kemungkinan paru-paru masih terisi oleh racun-racun berbahaya. Namun, ada cara yang efektif untuk setidaknya membersihkan sebagian dari racun dalam paru-paru tersebut.

Begitu banyak orang yang tidak pernah merokok, namun memiliki masalah dengan paru-parunya sementara itu yang lain merokok selama 45 hingga 50 tahun, dan bahkan setelah periode panjang tersebut paru-parunya masih berfungsi dengan baik. Cukup banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Terdapat cara membersihkan paru-paru dalam waktu 3 hari. Dua hari sebelum proses detoksifikasi, maka perlu untuk menghilangkan semua produk susu dari penggunaan.

Cara yang tidak sehat penyebab paru-paru kotor biasanya menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya. Semua hal ini nyatanya bisa merusak paru-paru dan bahkan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan paru-paru demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang kemudian berkontribusi pada perasaan berat ini.

Teknik pembersihan paru-paru akan sangat bermanfaat bagi orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan orang dengan kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan fibrosis kistik. Selain dengan teknik khusus, kalian juga bisa mencoba minuman pembersih paru-paru yang akan mengatasi semua masalah terkait pernapasan yang kalian alami.

Paru-paru merupakan organ vital bagi tubuh manusia, oleh karena itu perlu kita jaga kesehatannya. Beberapa penyakit seperti asma, bronkitis hingga pneumonia dapat meningkat apabila paru-paru tidak rajin dibersihkan. Pada dasarnya paru-paru dapat dibersihkan dengan cara-cara alami. Hal ini dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan paru-paru agar tidak memicu datangnya penyakit.

Ketika menghisap rokok maka asap tersebut akan tersimpan di saluran bronkial dan paru-paru yang kemudian akan berdampak pada pernapasan. Hal ini disebabkan oleh karbon monoksida yang dihirup dapat mengganggu oksigenasi tubuh.
Maka dari itu berhenti merokok merupakan salah satu langkah untuk membersihkan paru-paru dari efek berbahaya tembakau tersebut sehingga dapat menjaga tubuh lebih sehat.

Menjaga kesehatan paru merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh. Walaupun paru-paru memiliki mekanisme mandiri untuk membersihkan diri, tidak ada salahnya mencoba cara berikut ini agar terhindar dari risiko penyakit pernapasan yang berbahaya.

Berikut cara untuk membersihkan paru paru yang kotor dan dapat kalian coba di rumah, langsung aja yuk simak artikel berikut.

1. Air Hangat

Pinterest
Foto : Pinterest

Air hangat efektif dalam mendetoksifikasi tubuh. Apabila air hangat dipadukan denga pemanis alami seperti madu, minuman tersebut menjadi lebih ampuh dalam mengatasi serangan radikal bebas. Minuman campuran air hangat dengan madu sangat bagus untuk membantu paru-paru dalam melawan polutan. Hal ini karena adanya sifat anti-inflamasi pada madu, yang efektif dalam mengurangi peradangan.

2. Jahe & Kunyit

Pinterest
Foto : Pinterest

Kunyit merupakan salah satu elemen paling sehat yang dapat dijumpai dengan mudah di dapur. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-kanker, serta anti-toksik. Mencampurkan kunyit dengan jahe dapat menghilangkan racun berbahaya dari tubuh, sekaligus melindungi organ dari kerusakan polusi udara.

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek anti inflamasi. Sehingga senyawa ini berperan penting dalam membantu meredakan peradangan dalam saluran pernapasan yang disebabkan karena penyakit asma.

3. Bawang Putih

pexels/Nick Collins
Foto : pexels/Nick Collins

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang dipercaya mampu membersihkan paru-paru. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat anti inflamasi yang mampu melawan infeksi dan peradangan.

Bawang putih juga dapat membantu meredakan gejala asma dan mengurangi risiko terkena penyakit paru-paru. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

4. Stroberry

Pinterest
Foto : Pinterest

Cara membersihkan paru-paru secara alami berikutnya ialah mengonsumsi stroberry dan blueberry. Kandungan vitamin C dan Antioksidan pada blueberry berperan penting dalam mencegah radikal bebas yang dapat menyerang paru-paru. Selain itu, kandungan ini juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit kronis lainnya.

5. Labu

Pinterest
Foto : Pinterest

Supaya kesehatan paru-paru tetap terjaga, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi labu. Sama seperti bahan alami yang lain, labu memiliki banyak antiinflamasi serta antioksidan. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kesehatan paru-paru bisa kalian jaga.

6. Terapi Uap

Terapi uap atau inhalasi uap dilakukan dengan cara menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir.

Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk saat udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah. Sebaliknya, uap bisa menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran napas dan paru-paru.

7. Teh Hijau

Pinterest
Foto : Pinterest

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya akibat paparan asap rokok.

Sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea Selatan melaporkan bahwa, orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

8. Apel

parentinfirstcry.com
Foto : parentinfirstcry.com

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang pertama ialah menggunakan buah apel. Beberapa kandungan yang terdapat pada apel dipercaya efektif untuk membersihkan paru-paru.

Dilansir dari laman Healthline, apel memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem pernapasan. Di samping itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. (bbi)

Topik Terkait