img_title
Foto : Pinterest/Dekoruma

IntipSelebTanaman hias kekinian pasti menjadi incaran para pecinta tanaman. Saat awal-awal pandemi COVID-19, mengoleksi beragam tanaman hias kekinian menjadi salah satu hobi baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun kini keadaan pandemi berangsur-angsur membaik, namun banyak juga masyarakat yang masih mencari-cari dan berburu tanaman hias.

Tanaman hias bisa tumbuh di indoor maupun outdoor. Namun memiliki tanaman hias, maka anda perlu memperhatikan bagaimana cara merawatnya. Sebab, tak semua tanaman bisa dilakukan cara perawatan yang sama. Untuk beberapa tamanan hias tertentu, perlu diberikan perawatan khusus agar tetap tumbuh.

Lantas tanaman hias kekinian apa saja yang bisa anda miliki di rumah? Simak 4 tanaman hias kekinian berikut ini beserta dengan cara merawatnya.

1. Monstera Adansonii atau Janda Bolong

Pinterest/elif
Foto : Pinterest/elif

Tanaman hias kekinian pertama yang menjadi incaran banyak orang adalah tanaman hias janda bolong atau dikenal juga dengan nama Monstera Adansonii. Meskipun menjadi incaran, namun harga dari tanaman hias yang satu ini tidak main-main lho. Tanaman hias janda bolong ini terkenal mahal, bahkan harga jualnya paling mahal bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Monstera Adansonii memiliki ciri daun dengan lubang berbentuk oval yang tidak beraturan. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Monstera adansonii ini merupakan tipe tanaman merambat dan cocok untuk dijadikan tanaman teralis.

Namun tanaman hias kekinian ini juga bisa ditanam di pot dan jika tumbuh tingginya bisa mencapai sekitar 1 meter. Namun jika menemui tanaman ini di alam, maka tanaman hias kekinian ini bisa mencapai tinggi 2-4 meter.

Cara merawat tanaman hias ini pun susah-susah gampang, jika menanamnya di dalam ruangan, maka anda perlu memperhatikan suhu ruangan. Tanaman janda bolong atau Monstera ini lebih baik berada di suhu ruangan 18 hingga 30 derajat celsius.

Monstera Adansonii paling baik di tanam di dalam pot yang memiliki tanah berbasis gambut dan memiliki lubang drainase yang besar. Sebab, gambut dapat menahan kelembapan di dalam tanah tanpa harus membuat pot penuh dengan air.

Selain itu, yang terpenting adalah tidak meletakkannya di bawah sinar cahaya matahari langsung. Sebab mengikuti tempat hidup aslinya di alam yakni tumbuh di bawah naungan pohon.

2. Aglaonema atau Sri Rezeki

Pinterest/Netty Zai
Foto : Pinterest/Netty Zai

Tanaman hias kekinian selanjutnya adalah Aglaonema atau yang juga mendapat julukan “Si Ratu Daun”. Tanaman hias yang satu ini sudah cukup populer sebab dikenal memiliki corak daun yang beraneka ragam yang unik dan juga cantik. Oleh sebab itu lah Aglaonema mendapat julukan Si Ratu Daun.

Aglaonema juga banyak dikenal dengan nama Sri Rezeki, sebab di beberapa kawasan salah satunya Asia, banyak yang percaya bahwa tanaman ini bisa mendatangkan keberuntungan. Tanaman hias Aglaonema diperkirakan memiliki sekitar 30 macam spesies serta memiliki variasi daun meliputi motif, bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda.

Harga dari tanaman hias kekinian ini pun ditentukan dari jumlah daun, warna serta motif daunnya. Semakin banyak dan cantiknya motif daun, maka tentunya akan semakin mahal.

Sama seperti tanaman hias lainnya, merawat Aglaonema pun memiliki caranya sendiri. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan menaruh Aglaonema di bawah sinar matahari langsung, sebab dapat membuat warna daun jadi kuning dan layu.

Aglaonema paling baik tumbuh di suhu di atas 17 derajat celsius, selain itu anda juga tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman yang satu ini, namun anda perlu memastikan bahwa tanah tempat hidup Aglaonema cukup lembap sehingga tanaman tidak akan cepat mati.

3. Kaktus Hias

Pinterest/Zhc
Foto : Pinterest/Zhc

Tanaman hias kekinian selanjutnya ada Kaktus Hias. Kaktus Hias menjadi tanaman hias favotit banyak orang sebab cara merawatnya yang mudah.

Kaktus Hias sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya Kaktus Mickey Mouse yang memiliki bentuk batang seperti telinga tokoh kartun Mickey Mouse, Kaktus Asteria yang berbentuk bulat dengan bintik-bintik pada batangnya, dan Kaktus Golden Barrel yang memiliki duri-duri halus pada tiap ruas batangnya.

Kaktus Hias bisa menjadi salah satu referensi untuk koleksi tanaman hias anda, sebab cara merawat Kaktus Hias cenderung mudah. Dengan kata lain, jika anda lupa menyiramnya sekali pun, tanaman ini masih bisa tetap tumbuh.

Cara merawat tanaman hias kekinian yang satu ini pun cukup mudah, anda hanya perlu menyiram Kaktus Hias sebanyak satu hingga dua minggu sekali. Cara menyiramnya yakni dengan cara disemprotkan air sedikit demi sedikit agar tanah tidak digenangi air. Kendati demikian, anda juga perlu memastikan agar Kaktus Hias tidak terlalu kering.

Jika anda menanam Kaktus Hias di dalam ruangan, anda bisa meletakkannya di jendela sehingga Kaktus tetap bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

4. Sansevieria atau Lidah Mertua

Pinterest/Kenny Song
Foto : Pinterest/Kenny Song

Selanjutnya ada Sansevieria atau yang dikenal sebagai lidah mertua. Tanaman hias kekinian yang satu ini juga sudah akrab di telinga para pecinta tanaman hias. Sansevieria merupakan tanaman hias yang hidup di daerah tropis. Tanaman hias yang satu ini memiliki daun yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan.

Bentuknya yang menyerupai lidah dengan ujung yang tajam inilah yang kemudian banyak orang menyebutnya dengan Lidah Mertua. Jenis tanaman Lidah Mertua yang paling umum yakni daun hijau ramping dengan garis horizontal abu-abu atau perak. Tanaman ini sebenarnya cukup aman, tetapi cuma sedikit beracun jika dikonsumsi.

Hal ini karena daunnya mengandung racun yang bisa menyebabkan bengkak dan mati rasa di lidah jika ada seseorang yang memakannya dalam dosis besar. Oleh sebab itu, ada baiknya jauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan yang rentan menggigit.

Cara merawat Sansevieria juga cukup mudah lho, jika anda menanam tanaman hias kekinian ini di dalam ruangan, maka anda perlu menjemurnya di bawah sinar matahari setiap dua hari sekali. Namun anda juga tidak boleh menjemurnya terlalu lama, sebab tanaman ini rentan sekali terbakar.

Untuk menyiramnya sendiri, anda tidak boleh menyiramnya terlalu sering. Anda bisa menyiramnya dua kali dalam satu minggu. Sebab jika disiram terlalu sering, maka akarnya dikhawatirkan akan busuk. Lalu pastikan juga air tidak menggenangi area tengah daun, sebab bisa daun bisa jadi lembek dan mudah membusuk.

Anda juga tidak boleh meletakkan tanaman ini di suhu yang terlalu rendah, jadi hindari menyimpan di ruangan yang memiliki pendingin udara menyala. Selain itu, ada baiknya anda menggunakan tanah yang cepat meresap air, seperti sekam bakar, pasir malang, atau pun pakis. Atau anda juga bisa meletakkan potongan genteng di dasar tanah di dalam pot untuk melancarkan drainase.

Demikian adalah 4 tanaman hias kekinian serta cara merawatnya. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi dan juga bermanfaat untuk anda dalam menentukan tanaman hias seperti apa yang akan ada pilih. (bbi)

Topik Terkait