img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Banyak varian resep bolu pisang yang bisa kalian tiru dan pelajari. Namun kali ini, IntipSeleb akan mengajak kalian untuk sama-sama belajar bagi pemula yang ingin mencoba membuat bolu pisang sendiri di rumah untuk suguhan keluarga.

Kue bolu merupakan kue berbahan dasar tepung yang memiliki berbagai cita rasa dan ciri khas yang berbeda-beda. Di Indonesia, tersedia beragam kue bolu tradisional yang bisa dengan mudah ditemukan, termasuk bolu pisang panggang. Meski mudah didapat, tak sedikit juga yang lebih memilih untuk membuat kue bolu sendiri di rumah. Pasalnya, jenis kue ini memang sangat mudah untuk dibuat sendiri dengan bahan yang sedikit.

Ini dia resep bolu pisang agar tidak gagal, Biasanya jika anda salah resep atau cara membuatnya tidak benar bolu pisang cenderung bantat dan keras.

Bolu pisang merupakan salah satu jenis kue yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain itu, bolu pisang cocok untuk dijadikan kue di berbagai acara, seperti hajatan, lebaran, tahun baru dan lain-lain. Kue satu ini tentunya berbahan dari pisang, dan jika anda berhasil membuat bolu pisang akan tercium aroma pisang yang wangi. Selain untuk camilan di rumah, bolu pisan juga bisa diperjualbelikan. Terbukti banyak toko kue atau toko roti yang yang menjual bolu pisang.

Bolu pisang terrdiri dari 2 macam pengolahan, ada bolu pisang kukus dan bolu pisang panggang. Keduanya merupakan sama-sama hidangan favorit yang memiliki rasa nikmat dan cocok untuk menjadi teman ngopi di sore hari.

memang salah satu jenis bolu yang paling banyak disukai dari segala macam kalangan. Anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang menyukai bolu pisang. Bolu pisang bisa jadi kudapan atau teman minum teh dan kopi yang pas. Untuk membuat bolu pisang yang lembut dan mengembang pun tidak terlalu sulit. Berikut ini lima resep bolu pisang pilihan yang bisa dicoba.

Kalau stok pisang di rumah lagi banyak. Ada resep bolu pisang lembut dan empuk yang mudah kamu ikuti. Pada resep bolu pisang yang satu ini menggunakan bumbu spekuk yang membuatnya lebih harum. Selain itu, cara mematangkan adonan bolu pisang adalah dengan dipanggang dalam oven. Bolu pisang panggang ini menggunakan bahan sederhana yang mudah dibeli di minimarket. Selain itu, cara membuat bolu pisang panggang tidak kalah mudah.

Sedangkan Bolu pisang kukus merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan legit, membuat bolu pisang kukus sangat digemari oleh semua kalangan. Terlebih saat kita sedang memiliki hajatan atau acara tertentu, tak jarang kue bolu sering dijadikan menu utama.

Di samping itu, bolu pisang kukus juga cocok dihidangkan saat perayaan hari-hari besar keagamaan, seperti hari raya Idulfitri. Maka tak heran apabila menjelang hari-hari besar masyarakat Indonesia seringkali membuat kue bolu pisang sendiri di rumah. Hal ini akan menambah kehangatan saat berkumpul bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan bolu pisang kukus, dapat membuatnya sendiri di rumah.

Kue satu ini bisa dibuat dengan cara dikukus maupun dipanggang menggunakan oven. Keduanya sama-sama bisa bikin tekstur bolu empuk dan nikmat. Nggak melulu rasa cokelat, kamu bisa membuat bolu dengan rasa buah-buahan. Salah satu buah yang bisa dijadikan rasa pada bolu adalah pisang. Rasa pisang yang manis dan tekstur lembutnya bisa jadi paduan sempurna saat disulap jadi kue bolu panggang. Nggak ribet, cara bikinnya juga super gampang.

1. Bolu Pisang Panggang Kacang Almond

Bahan-bahan:

✓200 gram pisang ambon matang, lumatkan

✓4 butir telur ayam

✓175 gram tepung terigu, diayak

✓120 gram mentega, lelehkan

✓20 ml kental manis putih

✓120 gram gula pasir

✓1/2 sdt vanila bubuk, diayak

✓kacang almond secukupnya, iris tipis

Cara membuatnya:

1. Kocok gula dan telur dengan mixer hingga berwarna putih pucat.

2. Masukkan pisang ke adonan. Kocok dengan mixer, putar balik arah.

3. Tambahkan tepung dan vanila ke adonan. Aduk rata dengan mixer.

4. Masukkan mentega dan kental manis. Aduk rata.

5. Panaskan oven.

6. Tuang adonan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti.

7. Beri taburan kacang almond.

8. Panggang selama kurang lebih 25 menit hingga matang.

2. Bolu Pisang Keju Spesial

✓4 btr telur

✓1 buah pisang kepok

✓50 gr mentega

✓50 gr keju

✓10 sdm gula pasir

✓1 sdt SP

✓1 sdt baking powder

✓17 sdm tepung terigu

Cara membuatnya:

1. Mixer telur, sp, gula. hingga kental putih berjejak dengan speed tinggi.

2. Turunkan speed paling rendah, masukkan terigu dan baking powder. Lalu masukkan pisang yang sudah dilumatkan. Mixer sebentar saja karena jika terlalu lama membuat bolu jadi bantat.

3. Masukkan margarin cair, aduk rata dengan spatula. Pastikan tidak ada yang mengendap di bawah. Terakhir, tambahkan keju dan aduk rata.

4. Oles margarin pada loyang dan taburi tepung terigu lalu tuang adonan. Masukkan adonan ke dalam oven, panggang dengan api atas bawah 180° selama 30 mnt.

5. Setelah matang, tunggu dingin keluarkan dari loyang, potong-potong dan hidangkan.

3. Bolu Pisang Kayu Manis Gurih

Bahan-bahan:

✓4 buang pisang uli ukuran besar yang matang

✓2 sdt bubuk kayu manis

✓4 butir telur ayam

✓140 gram gula pasir

✓170 gram tepung terigu

✓27 gram susu bubuk

✓2 gram vanili bubuk

✓10 ml minyak goreng

✓1 sdt baking powder double acting

Cara membuatnya:

1. Buah pisang dilumatkan dengan garpu sampai benar-benar halus. Sementara itu, kocok telur dan gula sampai mengembang dan berwarna putih.

2. Campur terigu, baking powder, vanili bubuk, kayu manis, dan susu. Aduk rata. Masukkan campuran tepung tersebut ke dalam kocokan telur dan gula. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Setelah itu, masukkan pisang yang sudah dilumatkan. Aduk rata. Terakhir, masukkan minyak. Aduk sampai tercampur rata.

3. Jika menggunakan oven tangkring, gunakan api sedang. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan terigu. Tuang adonan ke loyang. Panggang selama kurang lebih 45 menit. Sebaiknya setelah dipanggang 30 menit, dicek dengan menusukkan lidi. Bila tidak ada adonan yang menempel, berarti kue sudah matang.

4. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang. Biarkan dingin lalu potong sesuai selera. Selamat mencoba.

4. Bolu Pisang Kukus Gula Aren

•200 gr pisang (2-3 buah)

• 80 gr gula/ gula aren

• 2 butir telur

• 50 ml minyak sayur

• 1/2 sdt vanila essence

• 130 gr tepung singkong

• 1/2 sdt baking powder

• 1/2 sdt baking soda

Cara membuatnya:

Lumatkan pisang, masukkan gula. Aduk rata.

2. Masukkan minyak dan vanilla. Kemudian aduk rata.

3. Masukkan tepung singkong, baking powder, dan baking soda yang sudah diayak. Aduk sampai tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduk.

4. Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi minyak. Tata potongan pisang di atasnya. Kukus selama 30 menit. Angkat dan dinginkan. (nes)

Topik Terkait