img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Pancake biasanya dipilih untuk dijadikan sajian sarapan. Anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang menyukainya. Ada banyak resep pancake empuk yang mudah sekali untuk dibuat sendiri di rumah.

Resep pancake bisa menjadi rekomendasi salah satu menu makanan untuk dibuat sendiri di rumah. Pancake atau dikenal juga dengan panekuk adalah kue dadar yang cukup populer di Amerika dan juga Eropa. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula dan susu. Biasanya pancake dimakan dengan tambahan aneka ragam topping.

Pancake sangat cocok dijadikan menu sarapan, jika kamu bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja. Pancake untuk sarapan sudah sangat lazim. Memakan pancake dalam kondisi masih hangat dapat memberikan kenikmatan tersendiri. Cara membuat pancake juga terbilang cukup mudah.

Resep pancake sederhana juga adalah makanan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Asal usul pancake ini bahkan dipercaya sudah ada sejak masa atau Peradaban Romawi Kuno. Awalnya cara membuat pancake sederhana ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti 'makanan manis', yang dibuat dari terigu, susu, dan bumbu.

Lambat laun, pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa. Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, makanan-makanan tersebut juga menggunakan bahan yang sama, seperti tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatan adonannya. Yang membedakannya adalah cara pengolahannya saja.

Kamu bisa membuat pancake rumahan dan menaruh berbagai topping seperti biskuit Oreo, pisang, madu, atau es krim. Berikut resep pancake rumahan yang fluffy ala Cafedelites. Pancake salah satu kudapan lezat yang biasanya ditemukan di kafe atau restoran. Bagi yang ingin tahu cara membuat pancake, simak berikut ini resep pancake yang lembut dan bisa kamu buat sendiri di rumah.

Pancake memiliki berbagai varian. Cara membuat pancake pun cukup mudah. Kamu bisa mencampurkan semua bahan yang dibutuhkan. Agar memiliki tekstur yang lebih lembut, dapat ditambahkan buttermilk. Resep pancake gaya Amerika sangat sederhana. Terdiri dari tepung terigu, telur, susu dan mentega. Membuatnya sangat mudah. Tinggal mencampurkan semua bahan. Tetapi ada juga yang memakai buttermilk agar teksturnya lebih lembut.

Saking populernya, banyak campuran tepung adonan pacake siap pakai dalam berbagai merk. Tinggal tambah susu dan telur sehingga makin praktis. Karena dimakan hangat pancake juga disebut hotcake atau griddlecake karena dimasak di atas wajan bergelombang.

Resep pancake teflon bisa menjadi solusi ketika Anda bingung ingin menyajikan apa saat sarapan. Rasanya yang manis dan lembut membuat camilan ini banyak disukai orang dari berbagai kalangan. berbentuk bundar, datar, tipis, dan biasanya disajikan secara bertingkat. Dalam penyajiannya, pancake sering ditambahkan berbagai macam topping, seperti butter, susu kental manis, keju, cokelat, atau topping lainnya sesuai selera.

Langsung saja Intip 4 varian resep pancake yang bisa dicoba di rumahan, chek it out!

1. Pancake Pisang Nikmat

Bahan-bahan:

✓2 buah pisang

✓¼ sdt kayu manis bubuk

✓1 butir telur

✓250 ml susu cair Frisian Flag Flavour Milk Chocolate

✓125 gr tepung terigu

✓2 sdm mentega

✓¼ sdt garam

✓2 tsp baking powder

Cara membuatnya:

1. Masukkan 2 buah pisang ke dalam mangkok lalu haluskan, masukkan telur 1 butir, mentega cair 2 sdm, kayu manis 1/4 sdt, susu cair Frisian Flag Flavour Milk Chocolate 250 ml, lalu aduk merata.

2. Masukkan tepung terigu 125 gram, garam 1/4 sdt, baking powder 2 sdt dan aduk dengan merata

3. Masukkan adonan ke wajan dan pancake pisang Frisian Flag siap untuk dihidangkan.

2. Pancake Apel

Bahan-bahan:

•2 butir apel

•300 ml susu cair

•200 gram tepung terigu, diayak

•4 sdm butter, dicairkan

•1 sdt baking powder

•1 butir telur ayam

•1 sdt vanilla

•1/2 sdt garam

•gula halus sebagai taburan

Cara membuatnya:

1. Campur tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk rata, sisihkan.

2. Kocok telur, butter, dan gula sampai mengembang. Tambahkan susu dan vanilla.

3. Tuangkan campuran telur ke dalam bahan kering. Aduk rata.

4. Potong apel jadi beberapa bagian.

5. Panaskan butter di teflon, ambil 1 sdm adonan pancake, taruh 1 iris apel di atasnya. Setelah bagian bawah agak kecoklatan, balik dan masak sampai matang. Lakukan sampai adonan dan irisan apel habis.

6. Sajikan pancake apel dengan taburan gula halus di atasnya.

3. Pancake Teflon

Bahan-bahan:

✓2 sdm margarin, lelehkan

✓130 gram tepung terigu serbaguna

✓2 sdm gula pasir

✓1/4 sdt vanili

✓1 sdt baking powder

✓1/2 sdt baking soda

✓1/8 sdt garam

✓1 butir telur ayam, kocok lepas

Cara membuatnya:

1. Buat buttermilk dengan cara mencampur susu dengan air lemon, lalu diamkan selama 10 menit.

2. Campur tepung terigu, gula, gula, vanili, baking powder, baking soda, dan garam. Aduk rata.

3. Tambahkan telur, buttermilk, dan margarin cair ke adonan kering. Aduk rata.

4. Panaskan teflon anti lengket dengan api sedang.

5. Tuang adonan pancake dengana sendok sayur ke teflon. Setelah berongga, balik adonan, lalu angkat dan sajikan.

4. Pancake Keju Cokelat

Bahan-bahan:

✓8 sdm terigu

✓3 sdm gula pasir

✓1 sdm baking powder

✓1 sdt vanili bubuk

✓1 butir telur

✓100 ml susu kental manis putih

✓2 sdm margarin leleh

✓Sejumput garam

✓Topping meses & keju

Cara membuatnya:

1. Campurkan semua bahan kering, aduk rata lalu masukan telur aduk rata.

2. Masukkan susu adul rata, lalu margarin yang sudah dilelehkan

3. Panaskan teflon, oles margarin secukupnya

4. Masukkan 1 centong sayur adonan. Ulangi sampai adonan habis. Tambahkan topping, lalu siap dihidangkan.

5. Pancake Milo

Bahan-bahan:

✓2 putih telur

✓1 sdt gula pasir

3✓ sdm Milo bubuk

✓1 sdm tepung terigu

✓1 sdm tepung mocaf (bisa pakai terigu semua)

✓100 ml air hangat

✓1 sdt baking powder

Cara membuatnya:

1. Mixer putih telur tambahkan 1 sdt air jeruk nipis lalu masukan gula pasir mixer sampai kaku sisihkan

2. Dalam mangkuk campur Milo bubuk,tepung dan air hangat aduk sampai rata jgn sampai bergerindil lalu masukan adonan putih telur

3. Panaskan minyak teflon api kecil tuang adonan seperti buat dadar lalu tutup panggang sampai matang sekitar 4-6 menit angkat siap disajikan.

Rahasia Pancake Lembut & Mengembang Sempurna

Untuk menghasilkan pancake yang super lembut dan mengembang, beberapa hal harus diperhatikan seperti jangan terlalu banyak mencampurkan adonan. Lebih baik untuk menyiapkan adonan dalam ukuran kecil untuk selanjutnya siap dimasak. Selain itu, sebelum membuat adonan, dinginkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Pasalnya, bahan yang disimpan dalam suhu ruangan dapat memanaskan gluten dalam tepung sehingga membuat pancake jadi lebih cepat kenyal.

Saat menggoreng, jangan gunakan minyak terlalu banyak. Agar pancake tidak lengket dan mudah dibalik, sebaiknya Anda menggunakan mentega putih. Dan saat memasak, pastikan teflon telah panas sebelum menuangkan adonan. Adapun tanda pancake sudah bisa dibalik adalah ketika bagian atas adonan telah menggelembung. Setelah pancake matang, sebaiknya segera langsung habiskan dan hindari menghangatkan pancake yang sudah dimasak.

Topik Terkait