img_title
Foto : Pinterest/Freepik

IntipSeleb – Tanda-tanda hamil mungkin kadang tak disadari oleh sebagian wanita. Sebab bagi yang mengalami hamil pertama, tanda-tanda hamil kerap kali sulit dibedakan bahkan terkadang tidak disadari. Tahu-tahu usia kandungan bisa telah memasuki usia beberapa minggu.

Beberapa wanita juga mungkin tak bisa membedakan gejala kehamilan dengan sakit ringan. Namun, anda seharusnya perlu mengetahui apa saja tanda-tanda hamil agar anda bisa lebih waspada dan memberikan nutrisi yang cukup untuk sang buah hati.

Sebab, beberapa wanita mungkin memiliki gejala kehamilan yang berbeda-beda. Ada yang mengalami tanda-tanda hamil yang umum bahkan hingga yang tidak umum sekalipun. Lantas bagaimana dan apa saja tanda tanda kehamilan? Berikut ini akan kami sajikan tanda-tanda kehamilan dari yang umum dirasakan Ibu hamil hingga yang tidak umum.

Tanda-tanda hamil umum

Tanda-tanda hamil umum merupakan sebuah gejala kehamilan yang biasanya umum dialami oleh para calon ibu. Simak tanda-tanda kehamilan yang paling umum berikut ini.

1. Terlambat datang bulan

Setiap wanita umumnya selalu mengalami datang bulan atau menstruasi setiap bulannya. Menstruasi merupakan kondisi peluruhan sel telur yang tidak dibuahi sehingga menimbulkan darah menstruasi. Lantas berbeda untuk sel telur yang telah dibuahi, maka sel telur tersebut akan menjadi calon janin sehingga tamu bulanan yang kerap kali menjadi teman akrab wanita menjadi hilang.

Biasanya tanda-tanda hamil ini ketika seorang wanita tidak menstruasi setelah 4-5 hari atau lebih sejak tanggal seharusnya. Setelah implantasi, tubuh nantinya akan melepaskan hormon HCG yang bertugas menjaga kehamilan.

Hormon ini lah yang bertugas untuk memberitahu indung telur untuk berhenti memproduksi sel telur baru. Oleh sebab itu, ketika seseorang hamil maka tidak akan mengalami menstruasi karena tidak ada sel telur yang bisa mengalami peluruhan

Tetapi anda juga perlu tahu bahwa tak semua keterlambatan menstruasi karena hamil, namun bisa juga disebabkan faktor lain, salah satunya adanya ketidakseimbangan hormon.

2. Mual

Anda tentu pernah mendengar istilah morning sickness? Morning sickness merupakan kondisi ketika seseorang mengalami mual dan rasa tidak enak badan di pagi hari, umumnya adalah rasa mual. Tanda-tanda hamil yang satu ini biasanya mual di pagi hari, ada yang mual berujung dengan muntah namun ada juga yang hanya merasa mual saja.

Hampir seluruh perempuan hamil pernah merasakan tanda-tanda hamil yang satu ini, bahkan sampai trimester kedua atau bahkan sampai persiapan melahirkan. Namun tak hanya di pagi hari saja, rasa mual ini juga bisa berlangsung saat siang, sore maupun malam hari.

Namun biasanya seorang perempuan akan mulai merasakan morning sickness ini ketika usia kehamilannya memasuki usia 6 minggu, hal ini karena adanya peningkatan hormon Beta hCG atau hormon kehamilan.

Tetapi tak memungkiri juga jika ada seorang calon ibu yang merasakan kondisi ketika memasuki usia kehamilan yang dini yakni di minggu ke-2 atau setelah pembuahan terjadi.

3. Perubahan pada payudara

Mungkin seseorang yang sedang hamil mulai merasakan bahwa payudaranya mulai lebih kencang bahkan ada yang diiringi dengan rasa tidak nyaman hingga nyeri. Biasanya ibu yang sedang hamil akan mengalami tanda-tanda perubahan dalam bentuk payudara, seperti payudara akan mengencang dan keras tak seperti biasanya.

Selain itu, puting payudara juga akan akan memerah dan areola (bagian di sekitar payudara) akan berubah menjadi kehitaman. Selain itu akan muncul juga garis-garis urat pada area di sekitar puting susu. Hal ini terjadi karena meningkatnya hormon progesterone dan estrogen.

Perubahan payudara ini karena adanya hormon kehamilan yang meningkat pada aliran darah menuju area tersebut untuk mempersiapkan produksi ASI. Biasanya seorang wanita akan mulai merasakan tanda-tanda hamil ini mulai di usia kehamilan 4-6 minggu.

Tanda-tanda hamil tidak umum

Namun tak semua wanita merasakan tanda-tanda hamil yang umum di atas, ada juga yang mengalami tanda-tanda hamil yang tidak umum, hal ini dikarenakan gejala ini terasa sepele dan layaknya kebiasan sehari-hari saja.

1. Sembelit

Tanda-tanda hamil yang tidak umum yang satu ini adalah sembelit. Mungkin beberapa wanita mengira rasa sembelit yang yang menyerangnya adalah masalah pencernaan saja, namun ternyata sembelit merupakan salah satu tanda kehamilan yang tidak umum.

Sembelit atau sulit buang air besar ini bisa terjadi karena salah satu hormon kehamilan yang tinggi yakni hormon progesteron. Ketika hormon progesteron tinggi, maka berimbas pada pergerakan usus yang jadi lebih lambat. Hal Ini yang kemudian memicu sulitnya untuk mengeluarkan feses.

Selain itu, masalah pencernaan lainnya seperti kembung dan begah juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda. Biasnaya terjadi pada minggu awal kehamilan atau bisa berlanjut sampai beberapa bulan ke depan.

2. Sering buang air kecil

Selain sembelit, sering buang air kecil juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan yang tidak umum. Sering buang air kecil ini bisa terjadi di usia kehamilan yang memasuki 6-8 minggu setelah terjadinya pembuahan.

Rasa ingin buang air kecil terus menerus ini diakibatkan oleh tingginya hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga meningkatkan produksi urine lebih banyak dibanding biasanya.

Kemudian jika usia kehamilan makin besar, maka calon ibu bisa lebih sering buang air kecil karena posisi kandung kemih yang tertekan oleh rahim. Perubahan hormon saat hamil ini lah yang membuat kandung kemih jadi lebih sensitif, sehingga wanita yang sedang hamil akan lebih sulit menahan pipis.

Hal ini lah yang kemudian bisa menyebabkan beberapa wanita mengalami mengompol karena rasa ingin buang air kecil terus menerus yang tak tertahankan. Namun anda tak perlu malu maupun khawatir, sebab ini adalah hal wajar bagi seorang ibu hamil.

3. Perubahan mood

Tanda-tanda hamil yang tidak umum berikut ini adalah perubahan mood. Pasti hal ini menjadi hal yang sangat jarang sekali para wanita sadari, sebab banyak wanita sendiri yang memiliki mood yang berubah-ubah. Bahkan perubahan mood ini bisa terjadi dalam waktu singkat.

Namun jika anda telah berkeluarga, maka anda perlu memperhatikan tanda-tanda hamil yang satu ini. Seorang wanita yang sedang mengalami hamil muda, maka biasanya akan merasakan perubahan mood yang drastis. Umumnya jadi mudah marah dan juga gelisah.

Bisa juga dari yang sebelumnya ceria, maka beberapa saat kemudian bisa menangis hanya karena hal-hal sepele.

Demikian adalah tanda-tanda hamil yang umum dan yang tidak umum. Semoga informasi tanda-tanda kehamilan di atas bisa menjadi informasi dan juga meningkatkan kewaspadaan anda terkait kehamilan.

Tentu ada baiknya anda mengetahui bahwa anda hamil lebih dini agar bisa segera diperiksakan ke dokter dan menjaga pola makan dan mengubah kebiasaan yang buruk agar tumbuh kembang janin bisa lebih baik lagi. (bbi)

Topik Terkait