img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSelebCara mengecilkan perut pasti banyak dicari oleh orang-orang yang memiliki perut buncit. Tentunya memiliki perut buncit akan terasa tidak nyaman dan bagi sebagian orang, dapat menurunkan rasa kepercayaan diri.

Perut buncit bisa terjadi akibat beberapa faktor, misalnya saja karena hormon maupun kebiasaan sehari-sehari yang tidak baik dan dilakukan secara terus menerus. Memiliki perut buncit, kerap kali membuat seseorang bingung dalam memilih pakaian.

Sebab, memakai pakaian yang terlalu ketat malah akan membuat perut buncit menjadi semakin terlihat. Menghilangkan lemak di perut memang gampang-gampang sulit. Harus adanya niat dan juga konsisten jika ingin menghilangkan lemak di perut.

Lantas tahukah anda cara mengecilkan perut yang mudah tanpa berolahraga? Simak tips dan 10 cara mengecilkan perut tanpa berolahraga berikut ini.

1. Jangan makan terburu-buru

Cara mengecilkan perut yang pertama adalah dengan mengunyah makanan dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Sekadar informasi bahwa otak memerlukan waktu dalam memproses informasi bahwa tubuh telah mendapat asupan makanan yang cukup. Mengunyah makanan dengan lambat dan perlahan dapat membuat anda makan lebih lambat sehingga akan memunculkan rasa kenyang lebih cepat.

Hal ini lah yang nantinya akan membuat asupan makanan ke dalam tubuh anda menjadi lebih berkurang dan tidak berlebihan. Dengan cara ini secara tidak langsung dapat membuat porsi makan anda menjadi lebih sedikit sehingga dapat mempengaruhi berat badan.

2. Kurangi minuman bersoda

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan mengurangi minuman berkarbonasi atau minuman bersoda. Pasalnya, gas dalam minuman berkarbonasi akan terperangkap di dalam perut anda lalu dapat menyebabkan perut anda menjadi buncit. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang anda bisa mulai mengurangi minum minuman berkarbonasi.

Sebagai gantinya, anda bisa minum minuman yang lain yang tak kalah menyegarkan dari minuman bersoda, misalnya saja minuman yang memiliki rasa lemon atau jeruk nipis. Namun tentunya perlu anda imbangi juga dengan minum air putih agar lebih sehat.

3. Menggunakan piring kecil

Mungkin kedengarannya sepele, namun anda mulai sekarang bisa membiasakan diri untuk makan dengan piring kecil. Hal ini adalah salah satu cara mengecilkan perut yang efektif. Hal ini dikarenakan adanya ilusi dari mata yang kemudian mensugesti agar perut merasa lebih kenyang.

Jika anda makan dengan sepiring penuh piring kecil, maka kurang lebih ukurannya sama dengan setengah dari piring besar. Secara tidak langsung mata akan mengirim sinyal ke otak dan menganggap bahwa anda sudah mengambil porsi makan yang banyak dan akan membuat perut merasakan kenyang.

Selain itu, menggunakan piring kecil juga bisa anda jadikan solusi jika ingin mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Sehingga berat badan anda akan lebih terjaga nantinya.

4. Tidur teratur

Cara mengecilkan perut selanjutnya mungkin sulit anda tebak, yakni tidur dengan teratur. Cara yang satu ini ternyata cukup efektif untuk mengecilkan perut, lho. Jika anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka anda hormon yang mengatur nafsu makan anda akan terganggu.

Jika terganggu, maka hormon ini akan meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan munculkan rasa untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat, hal ini mengacu pada makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Oleh sebab itu, pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup minimal 8 jam dalam sehari.

5. Makan makanan berserat

Selanjutnya anda bisa mengecilkan perut dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Cara mengecilkan perut yang satu ini dianggap cukup efektif, sebab serat dapat meningkatkan rasa kenyang bagi tubuh, sehingga porsi makan anda akan teratur dan tidak makan secara berlebihan.

Kandungan serat tersebut nantinya akan berubah menjadi gel yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrsi serta memperlambat membuat perut kosong atau lapar. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi juga dapat memperlancar pencernaan anda sehingga tidak ada penumpukan makanan di usus.

6. Minum air putih

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya bisa dengan rajin mengonsumsi air putih. Ternyata jika anda mengonsumsi air putih sebelum makan, maka dapat menurunkan berat badan anda. Oleh sebab itu, anda bisa mulai membiasakan untuk banyak minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar berat badan anda bisa lebih terkendali dan menghindari perut anda menjadi buncit.

7. Mengurangi makanan bersodium

Selanjutnya anda bisa membasakan diri untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi alias makanan yang memiliki cita rasa asin dan gurih. Memang, rasa asin dan gurih terkadang memiliki kenikmatannya tersendiri dan acap kali membuat ketagihan, namun hal itu lah yang perlu anda hindari.

Sebab, kandungan garam yang ada di makanan tersebut dapat mengikat air di dalam tubuh. Alhasil, jika anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asin atau gurih yang tinggi, maka berat badan anda bisa naik.

Maka sebab itu, anda bisa mulai mengurangi asupan makanan yang bersodium tinggi agar menghindari perut semakin buncit dan berat badan menjadi naik.

8. Kurangi makanan yang tinggi gula

Makanan manis tentu memiliki banyak peminatnya. Namun ternyata, makanan yang mengandung gula yang tinggi dapat menyebabkan perut anda buncit. Hal ini dikarenakan kandungan gula tersebut dapat memicu meningkatnya lemak di dalam perut.

Oleh sebab itu, anda bisa mulai mengurangi makanan yang mengandung gula yang tinggi agar perut anda bisa lebih kecil.

9. Hindari stres

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Bagi beberapa orang, jika sedang mengalami stres maka akan melampiaskannya dengan makan dan biasanya dengan jumlah yang banyak. Rasa lapar ketika stres pun lebih tinggi dibandingkan biasanya.

Bahkan, untuk sebagian orang ketika lapar berbarengan dengan rasa stres, maka ingin untuk makan-makanan yang tak sehat misalnya saja junk food. Tentunya hal ini lah yang akan memicu berat badan anda naik drastis atau bahkan perut anda akan semakin membuncit.

Oleh sebab itu, menghindari stres adalah salah satu cara mudah untuk mengecilkan perut sekaligus menurunkan berat badan anda.

10. Ubah pola makan

Jika anda terbiasa makan di luar, maka anda lebih baik mulai mengubahnya mulai sekarang. Makan di luar lebih meningkatkan risiko anda untuk mengalami kenaikan berat badan dibanding makan masakan rumahan. Anda bisa mulai mengubah pola makan anda agar lebih sehat, misalnya saja dengan rajin mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran.

Jika ke kantor atau pergi ke suatu tempat, anda juga bisa membawa bekal dengan komposisi yang sehat tentunya. Hal ini merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang mudah dijalani tanpa harus repot-repot berolahraga.

Demikian adalah tips dan 10 cara mengecilkan perut buncit yang mudah tanpa berolahraga. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi dan sumber informasi bagi anda dalam usaha menurunkan berat badan terutama untuk mengecillkan perut.

Topik Terkait