img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Resep dan cara membuat pizza ala rumahan, yang anti gagal dan super meleleh seperti di kafe-kafe memiliki beberapa langkah yang harus dicoba. Nah, untuk kalian para pemula yang ingin mencobanya membuat di rumah, wajib baca artikel IntipSeleb ini.

Pizza adalah salah satu hidangan atau menu dari Eropa yang sudah terkenal keseluruh penjuru dunia. Menu yang satu ini juga dapat ditemukan di mana-mana. Setiap daerah Indonesia terutama kota besar pasti ada hidangan yang enak ini.

Cara membuat pizza terbaru yang enak dan sederhana, tentu sangat mudah dipraktikkan oleh semua orang. Pizza rumahan ini juga berbahan dasar familiar atau sangat mudah Anda jumpai, atau bahkan yang suka di dapur tentu tahu, membuat pizza sendiri juga dapat bertahan lebih lama ketimbang buatan resto cepat saji

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pizza, karena memang seperti yang kita tahu bahwa, saat ini sudah banyak toko yang menyediakan makanan tersebut. Bicara masalah pizza, maka kali ini saya akan berbagi cara bagaimana membuat pizza sendiri di rumah.

Makanya tak heran banyak franchise restoran pizza yang tak pernah sepi pelanggan. Saking enaknya, banyak orang yang tak hanya ingin membelinya tapi juga membuatnya sendiri di rumah. Apalagi pizza buatan sendiri bisa diatur tingkat ketebalannya bahkan topping yang digunakannya.Tapi, membuat pizza sendiri terkadang masih suka gagal, entah karena adonan kulit pizzanya yang tidak lembut malah keras.

Pizza sendiri merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu dan telur yang umumnya berbentuk bundar dengan topping keju, sosis dan saus di atasnya. Pizza digemari karena teksturnya yang unik yaitu perpaduan adonan roti yang lembut dengan aneka topping di atasnya. Pizza sendiri juga memiliki banyak jenis mulai dari roti yang digunakan hingga topping yang disajikan.

Bahan yang digunakan untujk membuat Pizza tidak sulit ditemukan, alatnya pun juga demikain. Sementara topping yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, yang berbeda adalah proses pembuatannya cukup menghabiskan waktu yang lama.

Pizza memang bukan makanan khas Nusantara, makanan ini berasal dari Italia. Namun keberadaannya di Indonesia sudah sangat dikenal dan banyak digemari. Artinya makanan ini bisa diterima oleh lidah orang Indonesia pada umumnya. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga bisa disantap untuk berbagai momen dan suasana.

Pizza saat ini telah hadir dengan ragam variasi menu dan cara membuatnya. Aneka toping pilihan bisa Anda taburkan di atasnya. Pizza pun tak hanya bisa dibuat dengan cara dipanggang dengan oven. Faktanya, pizza teflon sedang populer belakangan ini.

Sejumlah orang biasanya ingin mencoba mengolah kreasi panganan baru sendiri di rumahan, ketimbang harus membeli diluar dengan harga yang lumayan mahal. Pizza dengan berbagai macam toping dan varian, di pasaran harga jual pizza lumayan mahal. Maka dari itu, IntipSeleb akan ajak kalian untuk bedah resep dan cara membuat pizza berikut ini.

Hal yang harus diperhatikan saat membuat pizza agar empuk dan tidak gagal adalah beberapa langkah berikut:

Adonan Kulit Pizza

Untuk membuat kulit pizza yang bagus, dibutuhkan dua bahan. Bahan pertama adalah bahan biang yang terbuat dari ragi instan, air hangat dan gula pasir. Bahan kedua adalah tepung terigu, air, minyak goreng dan garam.

Perhatikan proses pengistirahatan adonan kulitnya, ya, supaya mengembangnya bagus dan hasil pizzanya akan lembut dan empuk. Tidak seperti roti, proses pengistirahatan adonan pizza ini hanya dilakukan sekali namun cukup lama.

1. Pizza Sosis

Bahan-bahan:

•350 gr tepung protein tinggi

•15 gr gula

•5 gr ragi

•20 gr susu bubuk

•200 ml air es

•50 gr mentega putih

•1sdt garam

•3 buah sosis (potong)

•150 gr saus pizza

•150 gr keju (parut)

•Saus sambal secukupnya

•Mayonnaise

•Daun seledri

•Oregano

Cara membuatnya:

1. Campurkan tepung, gula, susu, ragi sampai rata. Tambahkan air, uleni hingga kalis. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi hingga elastis, bulatkan, diamkan 30 menit.

2. Bagi 3 bagian, bulatkan, diamkan 10 menit.

3. Pipihkan adonan dengan sisi luar lebih tebal, tusuk-tusuk dengan garpu, diamkan hingga mengembang.

4. Oven setengah matang, keluarkan.

5. Olesi saus, tabur sosis, keju, dan bahan lainnya.

6. Oven kembali hingga matang, angkat dan sajikan.

2. Pizza Teflon Mozarella

-500 gram tepung terigu protein sedang

- 5 gram fermipan

- 3 sendok makan minyak sayur

- 1/2 sendok teh garam

- 2 sendok makan gula pasir

- 250 ml air

-Pasta tomat secukupnya

- Keju mozzarella secukupnya, parut

- Bawang bombay 2 buah, potong dadu

Cara membuatnya:

1.Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, fermipan, gula pasir, garam dan minyak sayur. Aduk dan campur sampai merata.
2. Sambil menguleni tepung, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga terbentuk menjadi adonan.
3. Tutup wadah dengankain, dan biarkan dulu adonan di dalamnya.
4. Siapkan wajan, lalu tumis bawang bombay sampai berbau harum, tambahkan topping sesuai selera - Anda ke dalam tumisan.
5. Masukkan secukupnya saus tomat dan saus cabai.
6. Adonan yang telah cukup lama didiamkan lalu digilas agar berbentuk pipih. Tentukan ketebalan adonan roti sesuai selera Anda. - Makin tipis adonan, maka makin renyah rasanya.
7. Siapkan wajan teflon, kemudian panaskan dan cairkan 1 sdm mentega.
8. Letakkan adonan pizza di atas wajan, taburi dengan keju mozarella.
9. Selama memasak, tutupilah wajan dengan penutupnya, agar benar-benar matang dan keju mencair dengan sempurna.

3. Pizza Mini

-200 gram tepung terigu cakra

- 50 gram tepung terigu segitiga biru

- 40 gram gula pasir

- 1 sdt ragi instan

- 1 sdm susu bubuk

-Saus tomat

- Saus bolognese

- Jagung rebus pipil

- Daun bayam

- Sosis, potong-potong

- Keju mozarella

- Oregano

Cara membuatnya:

1. Aduk bahan A, tuangi bahan B, uleni hingga tercampur rata dan setengah kalis, masukkan bahan C, uleni terus hingga kalis dan elastis
2. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, kempiskan adonan dan timbang per 30 gr
3. Rounding dan pipihkan taruh di loyang dan tunggu sampai mengembang 2 kali lipat
4. Olesi dengan saos tomat + saus bolognese, sosis, jagung pipil, dan keju mozarella daun bayam terakhir taburi dengan sedikit oregano
5. Panaskan oven, panggang hingga matang.

4. Sausage Pizza

Bahan-bahan:

- 350 gram terigu protein tinggi
- 15 gram gula pasir
- 5 gram ragi instan
- 20 gram susu bubuk
- 200 ml air es
- 50 gram mentega putih
- 1 sdt garam

Cara membuatnya:

1. Campur terigu, gula, ragi instan, susu bubuk aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis elastis
2. Bentuk bulat diamkan kurang lebih 1 jam sampai mengembang dua kali lipat. Kempiskan, bagi 3 bagian, bulatkan dan diamkan 10 menit
3. Tipiskan adonan dengan rolling pin, taruh di loyang pizza diameter 20 yang dioles margarin dengan bagian pinggir lebih tebal. Tusuk-tusuk dengan garpu, diamkan 30 menit
4. Panggang dengan api bawah suhu 190 derajat 8 menit, sampai roti setengah matang.

Topik Terkait