img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Banyak macam resep nasi liwet khas Sunda yang bisa kaliam baca dan praktekan di rumah. Nasi liwet sendiri memang menjadi salah satu primadona hidangan yang paling banyak disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Indonesia sangat kaya akan ragam kulinernya yang bermacam-macam. Terbukti dari hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki masakan-masakan khasnya masing-masing. Salah satunya adalah di Jawa barat. Banyak sekali sajian khas yang berasal dari jawa barat atau yang biasa di sebut dengan masakan khas Sunda. Seperti masakan yang satu ini yaitu Nasi Liwet.

Pasti kalian sudah tidak asing lagi kan dengan menu masakan yang satu ini? Ya, nasi liwet merupakan salah satu sajian yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Masakan ini berasal dari sunda dan dikenal memiliki citarasa yang sangat sedap, sehingga bagi siapa pun yang mencoba menyantapnya pasti bakalan ketagihan.

Meski kuliner ini merupakan sajian khas sunda bukan berarti masakan ini hanya ada di jawa barat, tetapi nasi liwet sudah menjadi menu utama yang disajikan diberbagai daerah di Indonesia. Jadi bagi Anda yang berada di luar daerah jawa barat tidak usah jauh-jauh ke jawa barat untuk mencoba menu nasi liwet ini. Karena biasanya masakan ini sudah banyak di sediakan di Rumah makan terdekat.

Ada banyak cara membuat nasi liwet yang enak dan gurih. Salah satunya, nasi liwet yang terkenal, yaitu nasi liwet khas Sunda yang terasa begitu gurih. Saat kumpul keluarga, kehadiran nasi liwet sunda menjadi salah satu hidangan yang paling dinanti. Rasanya yang nikmat, membuat lidah rasanya seperti ketagihan terus ya.

Resep nasi liwet sunda ini ternyata gampang lho dipraktikkan. Bahkan, kalian bisa langsung meracik nasi liwet di rice cooker atau magic com dengan cara yang sangat praktis. Pada nasi liwet Sunda, bahan-bahannya dicampur sekaligus ke dalam nasinya. Begitu juga dengan lauk-pauknya, kalian bisa mencampurkan teri, ikan asin, atau cumi asin di dalam nasi liwet. Bahkan ada juga yang menambahkan petai langsung lho ke dalamnya.

Cara membuat nasi liwet Sunda ini juga bisa menggunakan panci alumunium (kastrol) atau ketel supaya rasanya lebih gurih dan original. Namun, apabila Bunda tak memiliki kastrol bisa menggunakan magic com atau rice cooker. Setelah beras dicuci tinggal campur jadi satu dengan semua bumbu dan lauk ke dalam magic com.

Bicara soal masakan khas rumah makan Sunda, menu apa yang biasanya bikin kamu kangen? Kalau aku takkan pernah absen memesan nasi liwet sebagai teman makan ayam goreng, pepes ikan, bersama sambal terasi tentunya. Resep Nasi Liwet Sunda berciri khas dimasak tanpa santan dalam panci kastrol atau yang juga disebut panci liwet.

Nasi liwet khas Jawa Barat ini biasanya diberi topping saat disajikan. Dimulai dari petai, ikan teri, atau ikan asin. Cabai rawit, cabai gendot, atau cabai iris juga biasa diberikan untuk memberi sentuhan rasa pedas ke dalam nasi liwet.

Banyak yang penasaran bagaimana proses pembuatan nasi liwet khas Sunda dengan ciri khas aroma nikmat dan rasanya yang guruh serta lezat. Langsung saja scroll artikel berikut ini!

1. Nasi Liwet Khas Sunda

✓3 cup beras⁣
✓Air secukupnya (sesuai ukuran beras)⁣
✓50 gr cabai rawit setan⁣
✓100 gr ikan asin / ikan cuek, goreng sebentar⁣
✓5 siung bawang merah, iris⁣
✓4 siung bawang putih, iris⁣
✓1 bonggol lengkuas, iris lebar/digeprek⁣
✓1 tangkai sereh, geprek⁣
✓5 lembar daun salam⁣
✓1 sdt kaldu bubuk⁣
✓2 sdm minyak utk menumis⁣

Toping:

✓Teri medan goreng⁣
✓Sambal bawang
✓Tahu tempe goreng⁣
✓Tahu, tempe & telur bacem⁣
✓Lalapan

Cara membuatnya:

1. Cuci bersih beras hingga bersih, masukkan dalam panci rice cooker, tiriskan. Masak air sampai panas/mendidih. Takar air, masukkan ke dalam panci rice cooker.⁣
2. Tumis bawang merah dan putih sampai harum.⁣
3. Nyalakan rice cooker, masukkan tumisan bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, daun salam, ikan asin, cabai rawit & kaldu bubuk ke dalam panci rice cooker. Masak nasi seperti biasa.⁣
4. Saat tombol rice cooker berpindah posisi ke "warm", aduk nasi dengan spatula kayu. Nasi yang berada di bagian dasar rice cooker akan sedikit berwarna coklat. Tutup beberapa menit hingga nasi tanak.⁣
5. Sajikan nasi liwet Sunda dengan alas daun pisang dan pelengkap sesuai selera.

2. Nasi Liwet Teri Rice Cooker

Bahan-bahan:

-100 gr ikan teri Medan atau ikan asin

- 400 gr beras dan air matang untuk masak nasi
- 6 siung bawang merah, iris
- 3 siung bawang putih, iris
- 5 daun jeruk (buang tulang daun)
- 5 daun salam
- 5 cabai rawit
- 1 ruas lengkuas
- 2 batang serai, geprek
- Garam dan kaldu ayam bubuk

Cara membuatnya:

1. Bilas dan cuci bersih ikan teri Medan. Goreng ikannya dengan minyak secukupnya sampai kering. Angkat dan tiriskan. Simpan minyaknya. Bagi dua, setengah untuk campuran nasi dan setengah lagi ditabur di atas nasi yang sudah masak.
2. Cuci beras dan siapkan air secukupnya untuk masak nasi ke dalam rice cooker.
3. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, lengkuas, sereh. Lalu masukkan cabai, tumis sampai harum dan sedikit layu.
4. Masukkan semua tumisan ke dalam beras yang sudah diisi air ke dalam rice cooker.
5. Masukkan juga setengah ikan teri goreng, garam dan kaldu ayam secukupnya. Aduk tumisan dan beras agar tercampur, boleh cicipi airnya untuk cek apakah asin dan gurih kaldunya sudah pas.
5. Masak dengan rice cooker sampai masak.
6. Sebelum disajikan, taburi dengan sisa ikan teri goreng.

3. Nasi Liwet Pete

- 4 cup beras
- Air sesuai takaran
- 2 batang serai
- 4 lembar daun pandan
- 6 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 1/2 sdt garam (sesuaikan)
- 1 ons teri (teri direndam dulu, tiriskan, goreng sampai matang), 4 sdm untuk masak nasi, sisanya untuk taburan
- 8 siung bawang merah, rajang, tumis
- 4 siung bawang putih, iris tipis, tumis
- 1 buah cabai merah, iris, tumis

Cara membuatnya:

1. Siapkan rice cooker, masukkan beras, larutan air dan fibercreme, bumbu tumis, setengah teri nasi, garam, penyedap jamur, aduk rata dan masak hingga matang.
2. Angkat dan pindahkan ke wadah lain, beri taburan sisa teri nasi, pete, bawang goreng.

3. Jika kurang taburi Pete lagi diatas nasi liwet yang sudah matang, maka akan mengeluarkan aroma yang nikmat saat disantap.
4. Sajikan bersama lauk pelengkap, sambal, dan lalapan sesuai selera.

Topik Terkait