img_title
Foto : Instagram/@novenanoveni

IntipSelebResep bubur sumsum sangatlah simpel alias sederhana. Anda bahkan tak memerlukan waktu yang lama untuk membuat panganan manis ini. Bubur sumsum sendiri merupakan salah satu kuliner Indonesia yang memiliki rasa manis dan diyakini berasal pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bubur sumsum sendiri merupakan panganan tradisional yang kerap kali muncul di acara-acara tertentu. Untuk yang belum tahu, ternyata bubur sumsum dipercaya dapat mendatangkan keberkahan serta kesehatan. Hal ini tentunya berkaitan dengan tampilan dari bubur sumsum yang berwarna putih layaknya tulang sumsum yang berwarna putih.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi bubur ini dipercaya bisa mengembalikan stamina di dalam tubuh. Namun seiring berjalannya waktu, bubur sumsum tak hanya ada di acara tertentu saja. Namun sudah banyak dijajakan oleh para pedagang dan mudah untuk ditemui.

Setelah mengetahui makna filosofis dari bubur sumsum di atas, tahukah anda bahwa ternyata cara membuat bubur sumsum sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang lama? Bahkan bahan yang diperlukan pun sangatlah sederhana dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Lantas sudah tahukah anda bagaimana resep bubur sumsum yang mudah dan enak? Bagi anda yang ingin mencoba panganan manis yang satu ini, berikut ini akan kami sajikan 4 resep bubur sumsum yang mudah dan tentunya enak. Ada bubur sumsum lembut, bubur sumsum pandan, bubur sumsum candil biji salak dan bubur sumsum tanpa santan. Yuk simak resepnya berikut ini!

Resep kuah gula merah bubur sumsum:

Bahan untuk kuah atau gula merahnya:

- 1 sdt tepung maizena/tepung tapioka
- 160 gram gula merah (diiris tipis agar cepat meleleh saat dimasak)
- 300 ml air

Cara membuat kuah gula bubur sumsum:

1. Langkah pertama membuat kuah bubur sumsum adalah dengan menuangkan gula merah yang telah diiris tipis kemudian dituangkan 300 ml air. Kemudian tambahkan pula daun pandan yang telah diikat.
2. Masak hingga matang sambil terus diaduk-aduk. Setelah mendidih, angkat kuahnya kemudian disaring. Kuah bubur sumsum telah siap, namun jika anda ingin membuat yang kental maka anda perlu memasaknya sekali lagi.

3. Setelah disaring, masak kembali kuah gula dan kemudian ditambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air. Kemudian aduk-aduk terus hingga mendidih. Setelah mendidih matikan kompor dan aduk-aduk terus hingga buih kuah gula menghilang.
4. Kuah bubur sumsum siap!

1. Resep bubur sumsum lembut

Bahan-bahan bubur sumsum:

- 700 ml air
- 100 gram tepung beras
- 2 bungkus santan instan (@65ml)
- 2 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam

Resep bubur sumsum lembut atau cara membuatnya:

1. Tuangkan tepung beras ke dalam panci atau wadah untuk merebus, kemudian tambahkan 2 bungkus santan instan, tambahkan juga garam dan air. Penambahan air ini digunakan setengah terlebih dahulu, kemudian diaduk agar tidak ada yang menggumpal barulah tuang sisa airnya.
2. Kemudian aduk hingga merata. Setelah itu nyalakan api sedang, tambahkan daun pandan yang telah diikat kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga adonan mengental.

3. Masak hingga adonan meletup-letup. Aduk-aduk sebentar hingga letupannya menjadi banyak. Jika sudah, matikan kompor.
4. Tuang ke dalam mangkuk, kemudian sajikan bubur sumsum yang telah dibuat bersama dengan kuah gula yang manis yang telah dibuat. Bubur sumsum siap disajikan.

2. Resep bubur sumsum pandan

Bahan-bahan bubur sumsum pandan:

- 100 gram tepung beras
- 1 liter santan encer
- 1 sdt garam
- pasta pandan (atau pewarna makanan pandan) secukupnya

Resep bubur sumsum pandan atau cara membuatnya:

1. Masukan tepung beras ke dalam wadah merebus, bisa panci atau apa pun, kemudian tambahkan santan encer, garam, pasta pandan secukupnya kemudian diaduk-aduk hingga merata.
2. Setelah itu nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian masak sambil terus diaduk-aduk pelan agar adonan bubur tidak menggumpal. Lalu setelah mulai panas, aduk dengan sedikit cepat. Masak hingga adonan bubur meletup-letup dan mengental

3. Setelah itu matikan kompor dan tuang bubur ke dalam mangkuk. Setelah itu, tambahkan gula merah sebagai pelengkapnya.
4. Bubur sumsum pandan siap disajikan.

3. Resep bubur sumsum candil biji salak

Bahan-bahan bubur sumsum:

- 150 gr tepung beras
- 30 gr tepung kanji/tapioka
- 200 ml santan instan

- 1200 ml air
- 1 sdt garam
- 1 lembar daun pandan

Bahan candil biji salak

- 300 gr ubi jalar (dikukus dan dihaluskan)
- 100 gr tepung tapioka/kanji

Resep bubur sumsum atau cara membuatnya:

1. Tuangkan tepung beras ke dalam wadah yang akan digunakan untuk merebus, bisa panci dan lain-lain. Kemudian tambahkan juga 30 gram tepung taipoka, 1200 ml air, 200 ml santan instan, 1 sdt garam lalu aduk-aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata.
2. Setelah itu masak dengan api kecil, tambahkan pula daun pandan yang telah diikat. Jangan lupa untuk terus diaduk hingga adonan bubur mengental dan meletup-letup. Setelah adonan meletup-letup matikan kompor dan sisihkan.
3. Kemudian buat candilnya, yakni dengan menyiapkan ubi yang telah dikukus kemudian dihaluskan. Lalu tambahkan tepung tapioka. Aduk-aduk hingga kedua bahan tercampur rata lalu uleni dengan tangan agar adonan lebih tercampur dan bertekstur seperti lilin mainan.

4. Setelah itu bentuk bulat-bulat sesuai selera. Kemudian didihkan air dan rebus adonan candil biji salah tersebut hingga mengapung (tandanya telah matang)
5. Setelah itu tuangkan candil biji salah ke kuah gula merah yang telah dibuat.
6. Sajikan bubur sumsum ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan air gula yang telah dicampur dengan candil biji salak. Bubur sumsum candil siap disajikan.

4. Resep bubur sumsum tanpa santan

Bahan-bahan bubur sumsum tanpa santan:

- 3 sdm tepung beras
- 1/2 sdm tepung tapioka
- 1 sachet susu bubuk vanilla (pengganti santan/bisa pakai susu dancow)
- 1 sdt garam
- 1 gelas air ukuran sedang

Resep bubur sumsum tanpa santan atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah masak 1 gelas air ukuran sedang, kemudian tunggu hingga mendidih.
2. Sembari menunggu air mendidih siapkan tepung beras, tambahkan tepung tapioka, 1 sachet susu bubuk kemudian tambahkan air secukupnya. Aduk-aduk hingga tidak ada tepung yang menggumpal, jangan lupa tambahkan 1 sdt garam kemudian aduk kembali hingga rata.

3. Setelah itu jika air telah mendidih, tambahkan adonan tepung yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian aduk-aduk terus. Masak dengan api kecil hingga adonan mengental atau meletup-letup. Pengadukan ini juga berfungsi agar adonan tidak cepat gosong.

4. Setelah itu matikan kompor dan pindahkan ke dalam mangkuk, siram dengan air gula yang telah dibuat dan bubur sumsum tanpa santan siap disajikan.

Demikian adalah 4 resep bubur sumsum yang mudah dan juga enak. Semoga informasi di atas bisa menjadi sumber informasi, bermanfaat dan tentunya menjadi referensi bagi anda untuk membuat bubur sumsum di rumah. (bbi)

Topik Terkait