img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Banyak cara membuat cimol ala rumahan yang bisa kalian cari diberbagai media sosial. Tak hanya lewat tayangan YouTube, namun beberapa resep cara membuat cimol pun bisa menjadi referensinya.

Jika kalian pencinta jajannan dan kulineran sederhana, wajib sekali kalian menyimak artikel berikut ini. Karena IntipSeleb kali ini akan mengajak kalian untuk mengintip proses dan cara pembuatan cimol dengan berbagai macam isian seperti keju, Mozarella, namun tidak meledak pada saat di goreng nanti.

Cimol merupakan makanan ringan asal Bandung yang terbuat dari tepung dan dibentuk bulat-bulat kemudian digoreng. Rasa cimol sendiri sangat gurih dan terasa agak kenyal-kenyal. Cimol sangat populer dan terkenal di kalangan anak-anak maupun dewasa di Indonesia

Tentunya yang sangat berpengaruh penting adalah rasa yang enak pada cimol dan harga yang sangat terjangkau. Cimol biasa disajikan dengan bumbu-bumbu bubuk dengan aneka macam rasa yang membuat anak-anak menyukainya, seperti rasa pedas, rasa ayam panggang, rasa jagung, rasa manis dan aneka macam variasi lainnya.

Resep cimol anti meledak ini bisa jadi sesuatu yang telah kamu cari selama ini. Apalagi untuk para penggemar cireng, pastinya cimol otomatis menjadi salah satu camilan kegemaran. Maklum, siapa sih yang tidak suka dengan gorengan? Apalagi ketika tersaji di sore hari dengan sepoci teh hangat. Rasanya ingin bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta.

Sebagian dari kalian yang mungkin pernah mencoba resep cimol sebelumnya mungkin mengalami cimol yang meledak saat digoreng. Supaya tak terjadi lagi, coba tips ini, ya!

Saat membulatkan adonan cimol dibulatkan, hindari menyalakan api langsung. Berbeda dengan gorengan lain, cimol justru tidak meletus atau meledak jika dimasak dimulai dari minyak dingin. Selesaikan membentuk cimol secara bertahap, kemudian masukkan ke dalam wajan berisi minyak.

Kemudian kamu bisa menyalakannnya dari api kecil. Proses panas secara bertahap bukan cuma membuat cimol tidak meletus, tetapi juga membuat gorengan berbahan tepung tapioka atau tepung sagu ini lebih matang merata.

Cireng, cilok, dan cimol mungkin jadi jajanan yang sudah tak asing lagi bagi kebanyakan orang terutama saat berwisata ke Bandung. Bandung memang menjadi asal jajanan serba berbahan aci alias tapioka. Nah, kali ini kita akan mencoba cara membuat resep cimol gurih rumahan. Pastinya lebih higienis, lho!

Cimol banyak disukai anak-anak karena kenyal dan gurih serta murah. Namun, karena dijajakan di pinggir jalan, higienitasnya dipertanyakan. Belum lagi minyak bekas menggorengnya dipakai berulang kali serta bumbu taburnya mengandung MSG dan pewarna.

Cimol, salah satu gorengan yang cocok banget dimakan bareng-bareng di rumah. Kreasi cimol pun beragam seperti diberi isi keju mozzarella atau taburan keju bubuk. Cimol punya rasa lezat dan sulit untuk dilupakan. Terbuat dari perpaduan tepung kanji dan terigu, dibentuk bulat kemudian digoreng hingga crispy. Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Cimol bisa disajikan dengan taburan bubuk cabai, keju, barbeque, atau dicolek saus.

Cara membuat cimol terbilang mudah tetapi ada tantangan tersendiri. Tidak jarang cimol meledak ketika digoreng. Namun, tenang saja ada solusinya. Pertama, cimol harus dimasukkan ke dalam minyak saat masih dingin. Jangan dulu menyalakan kompor sampai semua adonan cimol terendam minyak goreng.

Membuat cimol sendiri di rumah seringkali banyak tantangannya, beberapa tantangan yang sering dihadapai banyak orang adalah cimol yang meletus atau meledak saat digoreng dan teksturnya yang alot atau tidak empuk sehingga susah dikunyah. Jika ingin membuat cimol sendiri yang tidak meledak dan empuk, ini dia resep yang bisa dicoba.

Langsung saja kita intip resep pembuatan cimol rumahan dengan berbagai macam isian, dijamin empuk dadan tidak meletus. Check it out!

1. Cimol Polosan Gurih

Resep yang pertama yaitu cimol polosan tanpa isian dan dijamin gurih. Biasanya dipadukan dengan berbagai macam bumbu tabur.

Bahan-bahan:

✓300 gram tapioka

✓1 sdm terigu

✓3 siung bawang putih, haluskan

✓350 ml air

✓1 sdt kaldu bubuk

✓¾ sdm garam

✓1 helai daun bawang, iris-iris halus (opsional)

✓Minyak goreng

✓Bumbu tabur

Cara membuatnya:

1.Campur air, bawang putih, garam, dan kaldu di panci lalu masak hingga mendidih. Matikan api.

2. Tuangkan air tersebut ke wadah berisi campuran tapioka dan terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan menambahkan air jika dirasa tekstur adonan sudah pas dan kalis. Cicipi.

3. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Masukkan satu per satu bola ke wajan berisi minyak goreng yang banyak dan belum dipanaskan.

4. Setelah minyak dipenuhi bola-bola adonan, taruh wajan di kompor dan nyalakan api kecil (api tidak mengenai wajan) agar cimol tidak meledak-ledak.

5. Angkat cimol setelah berwarna kuning keemasan. Tiriskan, setelah agak dingin, beri bumbu tabur secara merata.

2. Cimol Isi Keju

Bagaimana sih cara buat Cimol Isi Keju Anti Meledak. Kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara masak Cimol Isi Keju Anti Meledak dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Bahan-bahan:

-200 gram tepung tapioka
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- 3 siung bawang putih (haluskan)
- 180 ml air panas
- potongan keju secukupnya
- bubuk tabur

Cara membuatnya:

1. Masukan tepung tapioka/aci, terigu, masako, garam, merica dan daun bawang ke dalam wadah.

2. Didihkan air. Setelah mendidih tuangkan ke dalam adonan secara perlahan sambil adonan di aduk menggunakan sendok. Adonan di usahakan jangan sampai lembek.

3. Setelah adonan tercampur dengan rata, siapkan 5 sdm tepung untuk membalur adonan cimol yg sudah di bentuk bulat.

4. Bentuk adonan cimol, masukkan keju yg sudah d potong dadu, bulat bulat, lalu di taburi terigu agar nanti hasilnya aga krenyes dan tidak menempel antar cimol satu dengan cimol yang lainnya.

5. Masukan minyak ke dalam wajan. Usahakan agar minyak bisa merendam smua bagian cimol. Jangan dulu nyalakan kompor. Masukan cimol ke dalam wajan. Tunggu 1 menit, lalu nyalakan kompor dengan api kecil..

6. Selama menggoreng usahakan untuk selalu di aduk agar matang merata dan cimol ga loncat-loncat.

7. Setelah cimol aga mengeras, angkat dan tiriskan. Sajikan di piring lalu taburi bon cabe. Cimol siap di sajikan.

3. Cimol Mozarella

Kini cimol berinovasi dengan isian keju mozzarella di dalamnya. Berkat dipopulerkan itu cimol mozzarella kini naik daun. Teksturnya yang kriuk dibalut mozzarella yang lumer pasti banyak disukai.

Bahan-bahan:

•500gr tepung tapioca

•2 sdm tepung terigu

•2 sdt garam

•1 sdt penyedap rasa

•1 sdt merica bubuk

•500ml air panas

•4 siung bawang putih, dihaluskan

•1 kotak keju mozzarella

•Bumbu bubuk keju

•Cabe bubuk

Cara membuatnya:

1. Dalam wadah campurkan tapioca, terigu, garam, penyedap rasa, dan merica bubuk kemudian aduk merata.

2. Rebus air dan masukan bawang putih halus, aduk tunggu hingga mendidih.

3. Tuang air ke wadah tepung tadi perlahan-lahan lalu aduk sampai tercampur.

4. Selagi panas uleni adonan hingga kalis.

5. Bentuk cimolnya, balurkan tepung ke tangan agar tidak lengket, lalu ambil sedikit adonan dan letakkan mozzarella di dalamnya bentuk seperti bola. Lakukan hingga semua adonan dan keju mozzarella habis.

6. Taruh dan balurkan cimol yang sudah terbentuk ke wadah yang sudah diberi sedikit tepung beras agar tak lengket satu sama lain.

7. Masukan cimol ke minyak di api yang belum dinyalakan, pastikan cimol terendam.

8. Setelah semu cimol masuk barulah nyalakan api kompor kecil saja, masak cimol sambil seskali dibolka-balik tunggu hingga mengapung, angkat dan tiriskan.

9. Letakkan di piring saja kemudian taburkan bumbu keju dan cabai bubuk.

Topik Terkait