img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Beberapa resep martabak mini tampak ya masih dicari banyak orang, lantaran jajannan yang satu ini memang selalu menjadi primadona kuliner bagi setiap kalangan. Martabak mini selain memiliki bentuk yang lucu, namun rasanya juga sedikit berbeda dengan martabak pada umumnya.

Bicara tentang martabak, dulunya di Indonesia hanya memiliki 2 varian saja, yakni martabak manis (terang bulan) dan martabak telur. Seiring perkembangan zaman, martabak mengalami banyak sekali perubahan terutama untuk martabak manis.

Di mana, sekarang ini banyak sekali variannya, salah satunya yang akan kita bahas kali ini yakni martabak mini. Martabak mini bisa dibilang martabak manis versi kecil atau mini. Martabak dengan varian ini bisa dengan mudah kita temui di berbagai tempat, seperti di pinggir jalan hingga Mall.

Dan saat ini banyak penjual yang menjajakan martabak mini. Dan ternyata martabak mini disukai banyak orang. Resep martabak mini bisa jadi pilihan menu yang kamu buat sendiri di rumah. Terlebih jika Anda adalah seorang penggemar martabak, tentunya sudah tidak asing dengan makanan lezat yang satu ini. Martabak pada umumnya memiliki dua jenis, yakni martabak manis dan martabak telur. Selain dua jenis tadi, Anda juga harus tahu tentang resep martabak mini.

Resep martabak mini ini banyak digemari dan memiliki bahan dasar yang hampir sama seperti tepung terigu dan telur. Bedanya, martabak manis diolah dengan cara dipanggang. Sedangkan martabak telur diolah dengan cara digoreng.

Ukuran martabak reguler memang bisa dibilang terlalu besar dan cocok untuk dinikmati bersama-sama. Namun, jika Anda membutuhkan camilan untuk diri sendiri, resep martabak mini bisa jadi pilihan tepat.

Resep martabak mini, sesuai dengan nama dan bentuknya, memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari versi regulernya. Jika kamu membuatnya sendiri, kamu tidak perlu repot-repot memotong-motongnya terlebih dahulu karena bentuknya sudah mungil dan tentunya juga cocok untuk bekal camilan sehat si kecil.

Kamu penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak beberapa cara dan bahan yang diperlukan dalam membuat berbagai macam resep martabak mini yang lezat, mudah, praktis, dan anti gagal.

Bukan hanya bisa dikreasikan dengan aneka isian, martabak manis juga bisa dikreasikan dengan berbagai ukuran. Misalnya saja, martabak manis dengan ukuran mini. Seperti resep martabak manis mini yang bisa kamu ikuti dengan menggunakan cetakan kue lumpur. Menggunakan sedikit ragi instan agar tekstur dari martabak manis mini lebih lembut dan mengembang.

Kini, banyak orang yang tertarik dengan martabak berukuran mini. Selain memiliki ukuran yang kecil, martabak mini mudah dibuat. Cara membuat martabak mini yang enak banyak dicari oleh ibu-ibu yang ingin membuat martabak mini ketika ada acara atau sekadar untuk cemilan bersama keluarga.

Hal ini membuat banyak orang memberikan variasi pada toping agar martabak terlihat lebih menarik. Ukuran martabak yang besar terkadang membuat kamu yang mengonsumsinya merasa kekenyangan. Inilah sebabnya kamu mencari cara membuat martabak mini.

Langsung saja kita intip resep martabak mini spesial dengan berbagai toping pilihan berikut ini!

1. Martabak Mini Rasa Green Tea

Resep martabak mini dengan rasa green tea atau matcha memang bukan makanan yang asing lagi. Banyak makanan memiliki cita rasa lezat dengan rasa green tea atau teh hijau. Simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

✓250 gram tepung terigu protein sedang

✓1,5 sdm susu bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream

✓1/4 sdt baking powder

✓5 sdm Susu Kental Manis Frisian Flag

✓1/4 sdt garam

✓1/4 sdt vanili bubuk

✓300 ml air mineral

✓1 sdm bubuk green tea

✓1/2 sdt ragi

✓3 butir telur ayam ukuran sedang

✓3 sdm gula pasir

✓3/4 sdt soda kue

✓2,5 sdm margarin

✓Margarin

✓Keju parut

✓Kismis secukupnya

Cara membuatnya:

1.Campur terigu, susu bubuk, baking powder, susu kental manis, garam dan vanili bubuk di dalam baskom untuk membuat adonan dasar resep martabak mini. Aduk rata.

2. Tuang air sedikit demi sedikit, lalu aduk rata.

3. Saring adonan agar tdk ada bubuk green tea yg bergerindil. (Jika ingin rasa original vanila, maka step ini bisa dilewati)

4. Masukan ragi. Aduk rata. Pastikan ragi yg dipakai masih aktif.

5. Diamkan adonan resep martabak mini antara 30 menit hingga 45 menit, agar ragi bekerja. Nanti adonan akan bergelembung.

6. Sambil menunggu, kamu bisa siapkan bahan kedua. Kocok telur dan gula pasir di mangkok lainnya hingga merata.

7. Lelehkan margarin dan letakan di mangkuk kecil.

8. Siapkan topping. Parut keju & potong kismis menjadi tiga bagian kecil-kecil.

9. Setelah itu, tuangkan kocokan telur ke dalam baskom yg berisi adonan. Aduk rata.

10. Terakhir, masukan soda kue dan margarin yg telah dilelehkan. Aduk rata dan lakukan tes rasa.

11. Selanjutnya, panaskan teflon mini yang biasa untuk menggoreng telur (diameter 12cm). Teflon tidak perlu dioles margarin, karena adonan sudah mengandung banyak margarin, jadi tidak akan lengket.

12. Jika sudah panas, maka masukan adonan sebanyak 1 kali sendok sayur.

13. Jika sudah ada rongga-rongga pada adonan di teflon, kamu bisa tambahkan sedikit taburan gula pasir. Tapi, jika kamu tidak suka manis, kamu bisa langsung menutup teflon agar cepat matang.

14. Setelah matang, matikan kompor. Lalu keluarkan dengan menggunakan spatula plastik. Setelah itu, oleskan margarin pada bagian atas dan beri topping sesuai selera.

2. Martabak Mini Rainbow

Tren makanan rainbow atau berwarna-warni seperti pelangi yakni rainbow cake, lidah kucing rainbow, hingga burger rainbow, juga bisa diaplikasikan pada resep martabak mini dengan versi warna warninya.

Bahan-bahan:

•250 gram tepung terigu

•5 sdm gula pasir

•1 butir telur

•2/3 sdm margarin atau mentega, lelehkan

•500 ml Frisian Flag Purefarm Low Fat (bisa diganti dengan air atau santan)

•1/2 sdt ragi instan

•Pewarna makanan (kuning, merah muda, hijau muda, ungu, dan biru muda)

•Topping favoritmu (meises, keju, susu kental manis, atau potongan coklat favorit).

Cara membuatnya:

1. Campur bahan kering seperti tepung, gula pasir, dan ragi instan terlebih dahulu

2. Masukkan telur dan lelehan mentega di tengahnya

3. Lalu aduk sambil masukkan susu cair secara perlahan hingga adonan menjadi kental seperti seharusnya

4. Bagi adonan menjadi 5 bagian

5. Beri masing-masing bagian warna kuning, merah muda, hijau muda, ungu, dan biru muda.

6. Tuangkan adonan resep martabak mini di atas teflon atau panaskan cetakan martabak mini.

7.Tunggu adonan hingga meletup-letup atau muncul pori-pori kecil di permukaannya.

8. Kemudian tutup selama beberapa saat hingga adonan matang.

9. Lakukan bergantian hingga adonan warna-warni tersebut habis.

10. Terakhir, taburi dengan topping favorit yang sebelumnya sudah kamu siapkan.

3. Martabak Mini Tanpa Telur

Bahan-bahan:

-120 gram tepung terigu serbaguna

-180 ml air

-1 sendok makan tepung topioka

-1 sendok makan susu bubuk

-2 sendok makan gula pasir

-1/2 sendok teh vanili

-1/2 sendok teh baking powder

-1/2 sendok teh baking soda

Cara membuatnya:

1. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah, lalu tuangi air sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan whisk, lalu masukkan baking powder dan baking soda.

2. Panaskan cetakan martabak mini, oles margarin secukupnya.

3. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan, lalu tekan sedoknya hingga membentuk pinggiran.

4. Tunggu sampai permukaan martabak manis tidak basah lagi, lalu taburi gula pasir.

5. Kecilkan api, lalu masak lagi sampai gula pasir meleleh. Setelah itu angkat dari kompor.

6. Olesi martabak manis dengan margarin lagi, tuangi sedikit kental manis putih, lalu taburi topping sesuai selera. (bbi)

Topik Terkait