img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Sejumlah resep dadar gulung dengan berbagai macam isian, bisa kalian cari dengan mudah dan praktis. Namun kali ini, IntipSeleb akan mengajak kalian melihat proses pembuatan dadar gulung dengan berbagai macam isi dan memiliki rasa yang unik.

Dadar Gulung merupakan kue tradisional yang harganya cukup terjangkau. Makanan ini menjadi pilihan favorit banyak orang. Dadar Gulung memiliki beragam varian,dengan berbagai rasa dan isian. Biasanya mudah ditemukan di toko kue.
Sebenarnya kue ini bisa dibuat sendiri di rumah. Resep kali ini agak berbeda karena menyajikan resep dadar telur gulung bergaya Jepang.

Kulit dadar tipis yang terbuat dari tepung diisi dengan parutan kelapa dan gula jawa cair yang kemudian digulung. Warna hijau pada adonan kulit didapat dari pewarna alami (daun suji/pandan) atau pewarna buatan (essens pandan).

Camilan tradisional khas Indonesia ada banyak dan tak kalah nikmat dengan camilan kekinian. Salah satu camilan yang banyak disukai orang adalah kue dadar gulung. Kue ini terbilang mudah dibuat dan bahannya juga murah.

Kue yang masuk ke dalam jenis panekuk ini sangat mudah ditemukan di pasar maupun kedai jajanan. Biasanya dadar gulung berwarna hijau dengan isian unti atau kelapa parut yang dicampur dengan gula aren. Namun saat ini dadar gulung pun bisa diisi dengan isian lain seperti pisang dan keju. Membuatnya pun tak begitu memakan banyak waktu.

Dadar gulung isi kelapa termasuk jajanan tradisional Indonesia yang jadi favorit banyak orang. Bagian luarnya yang lembut terasa meleleh di dalam mulut. Dadar gulung yang sering dijumpai di pasaran biasanya selalu dicari orang untuk acara syukuran ataupun disuguhkan sebagai teman ngopi di sore hari.

Langsung saja, yuk simak resep dadar gulung dengan berbagai macam varian rasa, berikut ini.

1. Dadar Gulung Isi Kelapa

Bahan-bahan:

✓250 gram tepung terigu

✓2 sdm tepung tapioka

✓1 butir telur

✓150 ml air pandan

✓650 ml santan kental sedang

✓Ekstrak vanili secukupnya

✓Garam secukupnya

Cara membuatnya:

1. Kulit dadar gulung: masukkan semua bahan dalam wadah, aduk rata. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal. Kamu bisa menyaring adonan kulit.

2. Panaskan wajan teflon antilengket. Olesi dengan sedikit minyak, tuang lebih kurang dua sendok makan adonan kulit. Angkat memutar wajan agar adonan tidak mengumpul di tengah.

3. Masak hingga kulit matang tetapi tidak sampai kering. Lakukan sampai adonan habis.

4. Unti kelapa: rebus air, gula merah, dan gula pasir sampai mendidih. Saring.

5. Masak lagi air rebusan gula merah. Masukkan kelapa parut, daun pandan, dan garam. Aduk-aduk sampai matang.

6. Penyelesaian: ambil selembar kulit dan letakkan satu sendok makan unti kelapa. Lipat dan gulung seperti amplop. Sajikan.

2. Dadar Gulung Isi Cokelat

Dadar gulung ini merupakan makanan khas Indonesia dan Malaysia yang dapat diisi dengan parutan kelapa yang dicampur. Terakhir ambil selembar kulit dadar gulung, tambahkan isi coklat pisang diatasnya kemudian gulung sesuai selera. dadar gulung coklat pisang siap dinikmati. Seperti dadar gulung pelangi, dadar gulung piscok keju lumer, dadar gulung pisang keju coklat, dadar gulung isi kelapa putih, dadar gulung coklat, dadar gulung rasa keju dan masih banyak lainya.

Bahan-bahan:

1. Silahkan siapkan 250 gram - terigu segitiga.

2. Silahkan siapkan 3 sdm - tepung tapioka.

3. Silahkan siapkan 1 sdt - garam.

4. Silahkan siapkan 3 sdm - minyak goreng.

5. Silahkan siapkan 1/2 sdt - vanili.

6. Silahkan siapkan - Pewarna makanan, pandan.

7. Silahkan siapkan - Bahan isian coklat.

8. Silahkan siapkan 1 sachet - skm coklat.

9. Silahkan siapkan 1 sachet - Drink beng-beng.

10. Silahkan siapkan 2 sdm - gula pasir.

11. Silahkan siapkan 2 sdm munjung - tepung tapioka.

12. Silahkan siapkan Secukupnya - air

Cara membuatnya:

1. Membuat isian coklat: campur semua bahan dalam wajan, tambahkn air secukupnya. Masak sampai meletup sambil diaduk. Matikan api, angkat dan sisihkn.

2. Membuat kulit dadar: masukkan terigu, tapioka, garam dan vanili. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai merata. Saring agar tidak ada tepung yang bergerindil. Masukan pewarna pandan, aduk rata kemudian tambahkan minyak goreng. Diamkan selama +- 60 menit.

3. Cetak adonan diatas teflon dengan api sedang cenderung kecil. Gunakan sendok sayur untuk satu takaran. Tunggu hingga adonan matang dan bisa digoyangkan di teflon. Lakukan berulang sampai adonan habis.

3. Dadar Gulung Pisang

Bahan-bahan:

✓250 gram tepung terigu protein sedang

✓2 butir telur ayam

✓2 sdm gula pasir

✓2 sdt garam

✓550 ml air

✓30 ml minyak sayur

✓1 sdm pasta cokelat

✓50 gram coklat batang

✓70 gram kental manis coklat

✓1 sdm gula pasir

✓200 ml air matang

✓1 sdm tepung terigu, larutkan dengan sedikit air

✓10 buah pisang matang, iris

✓keju parut secukupnya

✓manisan ceri secukupnya yang dipotong kecil-kecil

Cara membuatnya:

1. Untuk membuat vla, campurkan semua bahan kecuali terigu. Masak hingga mendidih, tuang larutan terigu. Aduk hingga mengental. Angkat dan biarkan dingin.

2. Untuk membuat kulia, aduk semua bahan kulit dengan mixer sampai rata. Saring, diamkan 15 menit.

3. Buat dadar kulit dengan menuang 1 sendok sayur adonan kulit ke teflon yang sudah diolesi sedikit margarin. Masak dengan api kecil hingga matang tanpa dibalik, angkat. Lakukan sampai semua bahan adonan habis.

4. Ambil kulit, beri isian vla coklat dan pisang, lipat, dan rapikan. Lakukan sampai semua bahan habis.

5. Siapkan plastik, letakkan ceri dan keju parut, taruh kue dadar, lalu gulung dan lipat.

4. Dadar Gulung Keju

Salah satu jajanan yang sudah bisa dikatakan berusia tua, dadar gulung, hingga saat ini masih sangat diminati dan mudah ditemukan di pasar maupun gerai perbelanjaan modern. Dadar gulung berasal dari pulau Jawa dan juga terkenal di Malaysia. Camilan tradisional ini berbahan dasar adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah atau gula aren serta parutan kelapa dengan cita rasa manis.

Bahan-bahan:

✓150 gram tepung terigu

✓200 mililiter santan

✓1 butir telur

✓½ sendok teh garam

✓10 lembar daun suji

✓Mentega secukupnya

✓150 gram kelapa parut

✓1 batang keju cheddar Prochiz Gold

✓50 gram gula merah

✓2 lembar daun pandan

✓Air putih secukupnya

✓¼ sendok teh garam

Cara membuatnya:

1. Sediakan sebuah wadah. Campurkan 150 gram tepung terigu, ½ sendok teh garam, dan 200 ml santan ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk hingga adonan merata dan tidak ada bahan yang menggumpal.

2. Sediakan wadah lain. Masukan daun suji dan isi air ke dalam wadah tersebut. Peras daun suji. Masukkan perasan daun suji ke dalam wadah berisi adonan tepung terigu. Kamu bisa menggunakan pewarna makanan sebagai alternatif. Kemudian tambahkan telur ke dalam wadah adonan tepung.

3. Siapkan sebuah teflon, oles dengan minyak goreng atau mentega. Gunakan teflon anti lengket agar adonan tidak menempel pada permukaan teflon.

4. Tuangkan adonan kulit resep dadar gulung keju. Masak hingga matang.

5. Untuk isian resep dadar gulung keju, campurkan parutan kelapa, gula merah, garam, dan keju ke dalam satu wadah. Aduk-aduk hingga merata. Kukus bersamaan hingga merata dengan daun pandan.

6. Masukkan isian dadar gulung keju yang sudah di kukus ke atas permukaan adonan kulit tepung. Kemudian gulung.

7. Dadar gulung keju sudah siap disantap. (bbi)

Topik Terkait