img_title
Foto : Www.freepik.com/@senivpetro

IntipSelebKolesterol normal merupakan hal yang harus anda perhatikan. Sebab, jika sampai kadar kolesterol anda naik atau tinggi, maka dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit tertentu. Misalnya saja jantung, stroke hingga memburuknya sirkulasi darah.

Kolesterol sendiri merupakan suatu senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel di dalam tubuh. Sel-sel hati, merupakan tempat yang menghasilkan seperempat seperempat kolesterol dalam tubuh. Sebenarnya, kolesterol tak selamanya bersifat jahat, sebab pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan kolesterol agar tetap sehat.

Namun anda juga perlu tahu, bahwa meningkatnya kolesterol di dalam tubuh, justru dapat menyebabkan anda berisiko terkena beberapa penyakit. Lantas berapakah kadar kolesterol normal di dalam tubuh? Berikut ini akan kami bahas terkait kadar kolesterol normal dan tips makanan yang dapat digunakan sebagai penurun kadar kolesterol.

1. Kadar kolesterol normal berdasarkan usia

Perlu anda ketahui bahwa kadar kolesterol normal dapat berbeda-beda tergantung faktor usia hingga jenis kelamin. Umumnya, kadar kolesterol seseorang akan semakin meningkat seiring bertambahnya dengan usia.

Kendati demikian, selalu ada cara pencegahan sedini mungkin agar di usia tua nanti terhindar dari kadar kolesterol yang tinggi. Sebab jika terlambat, maka akan sulit untuk diobati.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kadar kolesterol akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Oleh sebab itu, anak-anak memiliki kemungkinan yang jauh lebih kecil terhadap kolesterol tinggi.

Anak-anak hanya perlu melakukan pemeriksaan kadar kolesterolnya sekali atau dua kali sebelum berusia 18 tahun. Akan tetapi, apabila jika sesuai pemeriksaan terindikasi bahwa anak tersebut memiliki faktor risiko kadar kolesterol yang lebih tinggi, maka harus lebih sering dipantau.

Dilansir dari website Bisnis.com, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat yang masih dapat diterima oleh anak-anak berbeda-beda. Kisaran kolesterol total yang dapat diterima oleh anak-anak adalah kurang dari 170 mg/dL atau miligram per desiliter (mg/dL).

Sedangkan, batas tinggi kadar kolesterolnya total berkisar antara 170 hingga 199 mg/dL. Setiap pembacaan kolesterol total lebih dari 200 mg/dL pada anak dianggap terlalu tinggi. Jadi jika masih di angka 199 mg/dL, maka kadar kolesterol normal.

Kadar kolesterol LDL pada anak juga harus lebih rendah dari orang dewasa. Kisaran optimal kolesterol LDL untuk anak adalah kurang dari 110 mg/dL. Batas tinggi adalah dari 110 hingga 129 mg/dL, sementara di atas 130 mg/dL dianggap tinggi.

Sedangkan pada orang dewasa, kadar kolesterol yang memiliki total kurang dari 200 mg/dL dianggap sebagai kadar kolesterol normal untuk orang dewasa. Angka antara 200 dan 239 mg/dL dianggap sebagai batas tinggi sedangkan jika sudah di atas 240 mg/dL dianggap tinggi.

Kadar kolesterol LDL harus kurang dari 100 mg/dL. Berada pada tingkat 100 hingga 129 mg/dL masih dapat diterima untuk dan dianggap kadar kolesterol normal. Akan tetapi, kadar kolesterol LDL ini lebih mengkhawatirkan bagi mereka yang menderita penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung.

Sebab, apabila kadar kolesterol LDL berada di angka 130 hingga 159 mg/dL hal ini merupakan batas tinggi dan 160 hingga 189 mg/dL dianggap sebagai kadar kolesterol tinggi. Terlebih lagi jika sudah berada di angka 190 mg/dL, maka dianggal kadar kolesterol sangat tinggi.

2. Kadar kolesterol normal berdasarkan jenis kelamin

Faktor lain yang menentukan kadar kolesterol normal seseorang adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Seiring bertambahnya waktu, tubuh seseorang biasanya akan menghasilkan lebih banyak kolesterol. Oleh sebab itu, semua orang dewasa disarankan untuk mengecek kadar kolesterolnya secara teratur, idealnya setiap 4 hingga 6 tahun.

Seseorang memiliki kadar kolesterol normal jika darah tidak banyak mengandung LDL. Dilansir dari Orami, total kolesterol normal pada pria berusia di atas 20 tahun adalah 125 hingga 200 mg/dL. Sedangkan tipe kolesterol normal Non-HDL kurang dari 130mg/dL, LDL kurang dari 100mg/dL dan HDL 40 mg/dL atau lebih.

Sementara itu, total kadar kolesterol normal pada wanita sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pria, yakni 125 hingga 200 mg/dL. Untuk kadar jenis kolesterol Non-HDL kurang dari 130 mg/dL, LDL kurang dari 110 mg/dL dan HDL 50mg/dL atau lebih.

Makanan penurun kolesterol

Setelah anda mengetahui kadar kolesterol normal, maka anda juga perlu tahu makanan apa saja yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi agar kembali normal.

Makanan-makanan berikut ini tak sulit didapatkan sehingga dapat anda jadikan makanan sehat jika sedang mengalami tinggi kolesterol. Simak tips makanan sehat penurun kolesterol berikut ini.

1. Susu kedelai atau olahan kedelai

Jika anda sedang mengalami tinggi kolesterol, maka anda bisa mencoba minum susu kedelai sebagai salah satu solusi untuk menurunkan kadar kolesterol anda agar normal kembali. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung soflavon yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Namun jika anda tak suka dengan susu kedelai, tak perlu khawatir. Anda bisa menggantinya dengan berbagai jenis olahan kacang kedelai lainnya yang juga mengandung isoflavone, misalnya saja tempe atau tahu.

2. Sayuran hijau

Jika anda tidak suka sayur, mungkin anda harus menurunkan ego anda terlebih dahulu. Sebab, jika anda sedang mengalami tinggi kolesterol, maka anda perlu mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau agar bisa menurunkan kadar kolesterol ke angka normal. Sayuran hijau ini di antaranya bisa bayam, kangkung ataupun arugula yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

Hal ini disebabkan dalam sayuran hijau tersebut terkandung antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mampu mencegah terakumulasinya kolesterol di dalam darah.

3. Pisang

Mengonsumsi buah-buahan salah satunya adalah pisang, ternyata mampu untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Hal ini dikarenakan pisang mengandung zat inulin yang mampu mengurangi kadar kolesterol. Hal ini tentunya bagus untuk mengdendalikan kadar kolesterol dan membuatnya menjadi normal kembali.

4. Teh hijau

Selanjutnya ada teh hijau. Teh hijau dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, sebab mengandung katekin yang berguna untuk menyerap berbagai kolesterol jahat yang ada di dalam gula darah. Anda bisa menikmati secangkir teh hijau sembari bersantai yang dimana manfaat lainnya adalah dapat membuat kolesterol anda kembali normal.

5. Oat

Makanan selanjutnya yang bisa menurunkan kolesterol adalah Oat. Oat merupakan makanan yang terbuat dari gandum dan mengandung beta glucan yang dipercaya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Beta glucan ini nantinya akan menyerap berbagai kolesterol dari makanan yang sebelumnya anda konsumsi.

Demikian adalah informasi terkait kadar kolesterol normal berdasarkan usia hingga jenis kelaminnya. Serta tips makanan sehat yang bisa anda konsumsi ketika mengalami tinggi kolesterol.

Mulai sekarang, anda bisa mulai memperhatikan kadar kolesterol anda agar tetap normal dan mengurangi risiko terkena penyakit seperti jantung hingga stroke. Anda juga bisa memeriksakan kondisi anda agar tetap sehat. (bbi)

Topik Terkait