img_title
Foto : Www.freepik.com/wayhomestudio

IntipSelebAsam urat normal tentunya perlu anda perhatikan dan jaga. Asam urat merupakan sebuah penyakit yang dimana penderitanya akan merasakan gejala nyeri bahkan pembekakan yang kemudian disertai dengan rasa panas di area persendian.

Pada dasarnya, setiap sendi di tubuh dapat berisiko terkena asam urat, akan tetapi, area yang paling sering terkena asam urat adalah bagian jari tangan, lutut, hingga pergelangan kaki. Penyakit ini umumnya lebih banyak diderita oleh pria, terlebih lagi jika berusia lebih dari 30 tahun.

Sedangkan pada wanita, biasanya asam urat akan menyerang ketika telah melewati masa menopause. Ketika mengalami gejala asam urat, maka biasanya rasa sakitnya akan bertahan selama kurang lebih lebih 3 hingga 10 hari.

Jika anda mengalami asam urat dan hanya dibiarkan saja, maka akan menyebabkan kerusakan sendi, terutama ketika serangan urat terjadi dalam waktu yang berkepanjangan. Hal ini yang kemudian dapat menyebabkan jaringan sendi rusak permanen sehingga sendi tidak bisa bergerak kembali.

Oleh sebab itu, anda perlu menjaga kadar asam urat di tubuh anda agar tetap berada di angka normal untuk menghindari kemungkinan terburuknya. Lantas berapa kadar asam urat normal? Berikut ini akan kami sajikan terkait kadar asam urat normal dan makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

1. Tes asam urat normal pada darah

Melakukan tes asam urat, merupakan hal yang bisa anda lakukan untuk memastikan bahwa anda memiliki asam urat normal. Tes asam urat ini bisa dilakukan dengan menggunakan darah atau bisa disebut juga dengan tes asam urat serum. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak asam urat di dalam darah.

Dilansir dari Halodoc, pada dasarnya, kadar asam urat normal setiap orang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi berdasarkan jenis kelaminnya. Kadar asam urat normal bagi perempuan, yakni di angka 2,5-7,5 mg/dL sedangkan kadar asam urat normal pada laki-laki adalah 4,0-8,5 mg/dL.

Sementara itu jika seseorang sering merasakan nyeri sendi, maka idealnya ia perlu memiliki kadar asam urat yang kurang dari 6,0 mg/dL. Jika anda memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam darah, maka ini mengindikasi bahwa ginjal tidak bekerja secara maksimal. Sebab, fungsi ginjal lainnya adalah untuk menyaring asam urat yang ada di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, kadar asam urat yang tinggi juga mengindikasikan bahwa anda mungkin saja menderita penyakit lain seperti diabetes, gangguan sumsum tulang (leukemia), dan kanker sel plasma pada sumsum tulang.

2. Tes asam urat normal pada urine

Selain dengan pemeriksaan menggunakan darah, anda juga bisa melakukan pemeriksaan asam urat dengan menggunakan urine. Kadar asam urat yang tinggi pada urine, dapat membuat seseorang lebih berisiko menderita batu ginjal. Oleh sebab itu, pemeriksaan ini cukup disarankan jikalau ingin mengetahui apakah seseorang menderita penyakit batu ginjal atau tidak.

Cara pemeriksaan tes asam urat dengan urine ini nantinya urine atau air seni akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa. Jika kadar asam urat pada urine yang dihasilkan selama 24 jam berada di angka 250-750 miligram atau 1,48-4,43 milimoles (mmol), maka artinya kadar asam urat normal. Akan tetapi jika kadar asam urat anda lebih tinggi dari sangka tersebut, itu berarti kadar asam urat dalam tubuh kamu tinggi atau berlebihan.

3. Tanda asam urat normal

Selain dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, anda juga bisa mengetahui anda memiliki kadar asam urat yang tinggi atau tidak dengan gejala yang anda rasakan. Jika anda merasakan sendi nyeri atau bengkak, sendi terasa hangat ketika disentuh hingga kulit tampak mengkilap dan berubah warna di sekitar persendian, maka bisa saja anda sedang mengalami asam urat yang tinggi.

Akan tetapi jika anda tidak merasakan gejala di atas, bisa dipastikan bahwa anda memiliki kadar asam urat normal. Kendati demikian anda perlu menghindari makanan yang bisa saja menyebabkan asam urat anda naik. Tetap biasakan untuk makan-makanan yang sehat.

Makanan penurun kadar asam urat

Setelah mengetahui tanda dan kadar asam urat normal, anda juga bisa mengetahui bahwa ada juga beberapa makanan yang bisa anda jadikan sebagai menu sehat jikalau sewaktu-waktu asam urat anda tinggi. Apa saja makanan sehat itu? Simak di bawah ini.

1. Ikan salmon

Makanan sehat yang bisa anda makan ketika mengalami asam urat tinggi adalah ikan salmon. Hal ini disebabkan ikan salmon yang kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan pada sendi maupun peradangan.

Selain itu, salmon juga dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh sebab memiliki kadar asam lemak jenuh yang sedikit. Tapi anda perlu ingat, bahwa ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, bukan ikan lainnya. Sebab beberapa ikan justru mengandung purin yang tinggi yang justru tidak baik untuk penderita asam urat.

2. Sayuran kaya serat

Jika anda tidak suka sayuran, maka anda sepertinya perlu menurunkan ego anda. Sebab, jika anda sedang menderita asam urat, maka anda perlu mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan sifat serat yang berfungsi untuk menyerap asam urat berlebih di dalam darah sehingga mampu menormalkan kadar asam urat. Sayuran yang kaya akan serat yang bisa anda makan adalah tomat, brokoli hingga jamur.

3. Teh hijau

Makanan penurun kadar asam urat selanjutnya ada teh hijau. Hal ini disebabkan jika seseorang mengonsumsi teh hijau, maka kandungan katekin di dalam teh hijau dapat berguna untuk menghambat produksi asam urat di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga dipercaya dapat mengeluarkan kristal asam urat hingga meluruhkan batu dalam ginjal.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika anda bersantai sambil menikmati secangkir teh hijau hangat yang secara tidak langsung berguna untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh anda.

4. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Buah memang sudah bukan menjadi rahasia lagi jika mengandung beragam manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya ialah dapat menurunkan kadar asam urat.

Jika anda mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, selain dapat meningkatkan imun dalam tubuh, manfaat lainnya adalah dapat membantu proses pengeluaran asam urat yang berlebih melalui urine. Buah-buahan yang mengandung vitamin C antara lain ada jeruk, sirsak, kiwi, jambu biji, hingga nanas.

Demikian adalah informasi terkait tanda dan kadar asam urat normal serta makanan yang sehat untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Menjaga pola makan yang sehat perlu dilakukan untuk menjaga kadar asam urat tetap normal. Selain itu, anda juga bisa mulai memeriksakan kesehatan anda secara rutin agar terhindar dari penyakit asam urat. (bbi)

Topik Terkait