img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Sejuta manfaat kopi bagi tubuh mulai dari obat penahan ngantuk hingga dapat dijadikan sebagai beberapa obat penyakit. Tak hanya itu, kopi maupun ampas kopi memiliki khasiat baik untuk kecantikan dan dijadikan lulur tubuh.

Kopi sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup kaum urban. Banyaknya ragam jenis kopi asal Indonesia serta varian sajian kopi dari ribuan kedai kopi, membuat kopi menjadi menu wajib yang menemani aktivitas.

Meski beragam, dua jenis kopi yang paling dikenal yaitu arabika dan robusta. Perbedaan utama dari kopi arabika dan robusta adalah pada rasanya. Kopi robusta memiliki aroma dan rasa yang kuat. Sedangkan kopi arabika memiliki aroma dan rasa yang lebih variatif

Kadar kafein kedua jenis kopi ini juga berbeda. Kopi robusta mengandung kafein yang cukup tinggi, sekitar 1,8 hingga empat persen. Itulah sebabnya kopi robusta cenderung lebih pahit. Tak hanya itu, manfaat kopi robusta juga baik untuk kesehatan jantung di mana terdapat kandungan asam klorogenat yang jauh lebih banyak dari kopi arabika. Diketahui, kandungan tersebut baik dalam menjaga fungsi kerja jantung.

Bahkan, kafein di dalam kopi pun ampuh atasi migrain. Sifat analgesik di dalamnya membuat kafein bisa mengusir sakit kepala di tubuh yang rentan kambuh. Namun, hati-hati, asupan kafein berlebih malah berisiko terhadap sakit kepala kronis.

Suka minum kopi? Pastinya suka, dong! Apalagi kopi sekarang menjadi ajang gaya hidup. Rasanya kalau tidak mengopi itu ketinggalan zaman deh, apalagi tak merasakan nongkrong di kedai kopi kekinian yang saat ini tumbuh bak jamur di musim hujan. Nah, bagi penyuka kopi yang suka menyeduh sendiri kopinya atau pemilik kedai kopinya sendiri, ingat ada hal penting yang perlu kalian ketahui.

Kopi merupakan minuman paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, kopi menjadi salah satu minuman yang wajib ada di setiap harinya. Biasanya orang Indonesia minum kopi sebelum memulai aktivitas, sebagai pelengkap saat nongkrong, maupun sebagai teman bagi mereka yang bekerja lembur.

Untuk para pencinta kopi, meminum kopi tanpa gula merupakan suatu kewajiban. Ya, menurut mereka rasa kopi asli akan muncul ketika diminum tanpa gula dan aroma khasnya juga akan keluar. Memulai hari tanpa segelas kopi tentu aneh rasanya, bukan? Apalagi buat mereka yang gemar mengonsumsi minuman tersebut. Selain untuk mengusir rasa ngantuk, kopi juga berguna untuk menambah energi tubuh sehingga tetap semangat sebelum mulai beraktivitas.

Menurut penelitian, kopi juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan lho, apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas. Pasalnya, minuman satu ini mengandung senyawa yang baik untuk tubuh, seperti kafein, antioksidan, vitamin B2, B3, B5, kalium, magnesium, dan juga natrium.

Sebenarnya, penyebab meningkatnya asam lambung yang utama adalah terlalu banyaknya aktivitas atau kegiatan setiap hari, sehingga memicu pikiran stres. Stres dapat memicu produksi asam lambung meningkat, sehingga dinding lambung akan mengalami iritasi, maka timbul rasa nyeri yang berlebihan di lambung. Begadang atau tidur terlalu larut dan kurang istirahat juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Asam lambung sendiri memiliki fungsi untuk menghancurkan makanan. Namun, jika produksi asam lambung berlebihan dapat mengakibatkan dinding lambung mengalami iritasi.

Meskipun kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif untuk kulit. Sarat dengan antioksidan, dapat membantu melawan radikal bebas, yang merusak sel-sel kulit yang sehat. Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kandungan kafein adalah kunci pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada gilirannya, ini dapat membantu mengurangi tampilan selulit.

memang luar biasa, termasuk untuk pria jika dikonsumsi dengan benar dan teratur. Ya, pasalnya banyak di antara kita yang salah dalam menyeduh kopi jika ingin mendapatkan manfaatnya. Tetapi jika Anda hanya ingin sekedar menambah cairan tubuh berupa minuman kopi, sah-sah saja menambahkan beragam bahan ke dalamnya. Apalagi kopi hitam kekinian juga sering ditambahkan berbagai aroma, yang akan menambah selera kita untuk meminumnya.

Meski begitu, bahan alami yang ada di rumah pun juga memiliki segudang manfaat yang mungkin kamu belum tahu. Salah satu bahan yang bisa kamu coba adalah kopi. Kopi yang sering kita minum ini ternyata memiliki sejuta manfaat untuk perawatan kulit wajah. Pasti kamu tak asing lagi bukan dengan minuman bercita rasa menggoda seperti kopi? Umumnya orang akan langsung membuang ampas kopi pasca menyeduh airnya. Padahal terdapat manfaat ampas kopi yang sangat menakjubkan. Bahkan manfaat ampas kopi tak hanya baik bagi kesehatan kulit saja, melainkan untuk lingkungan juga. Penasaran apa saja manfaatnya?

Bubuk kopi tersebut akan mencegah hama seperti siput, bekicot hingga hewan pemakan daun bertubuh lunak lain. Bahkan ampas kopi juga mampu mencegah datangnya ulat daun. Sebab kupu-kupu tak tertarik guna bertelur pada daunnya akibat aroma kopi tersebut. Sebagian besar dari kita tidak akan bisa memulai hari tanpa secangkir kopi panas. Kopi ternyata mungkin memiliki manfaat yang mengejutkan untuk kulit. Antioksidan membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, dan kopi ternyata dikemas dengan antioksidan. Ini kabar baik untuk kulit Anda, karena antioksidan membantu melawan penuaan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kopi memiliki efek yang sama pada kulit sebagai asam hialuronat bahan perawatan kulit anti penuaan. Minyak biji kopi dapat meningkatkan kolagen dan elastin, membuat kulit tampak dan terasa lebih kencang. Ampas kopi memiliki banyak manfaat. Berbeda dengan ampas kopi dari minuman kopi rumahan yang diambil dari dalam cangkir pengguna, ampas kopi yang akan diolah secara lebih lanjut ini didapat dengan cara yang berbeda. Selama ini mayoritas kedai kopi membuang ampas kopi begitu saja, padahal sisa produk tersebut masih memiliki banyak kandungan seperti kafein, antioksidan, dan juga keasaman yang bermanfaat bagi manusia dan juga tumbuhan.

Di samping itu, manfaat minum kopi juga sangat baik bagi Anda yang obesitas yang ingin membakar lemak lebih banyak. Sebab, dengan minum kopi sebelum olahraga akan membakar lebih jauh lebih banyak dan efisien. Tak hanya itu, kopi juga memiliki manfaat minum kopi juga sangat baik bagi Anda yang obesitas yang ingin membakar lemak lebih banyak. Sebab, dengan minum kopi sebelum olahraga akan membakar lebih jauh lebih banyak dan efisien.

Tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha kopi menjadi salah satu buktinya. Perkembangan pesat industri kopi lokal dapat dilihat melalui bertambah banyaknya coffee roaster, baik berskala kecil maupun besar yang hadir.

Langsung saja kita Intip Manfaat Kopi bagi kesehatan tubuh dan dijadikan obat kecantikan, chek it out!

1. Membakar Lemak

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Jika kamu memiliki masalah dengan berat badan, kamu gak perlu risaukan. Karena kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi secangkir kopi. Kandungan kafein di kopi menjadi salah satu dari beberapa zat alami yang dapat membantu proses pembakaran lemak di tubuh.

Di samping itu, kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan laju metabolisme di tubuh. Jadi selain mengatur pola makan, program diet kamu akan berjalan lebih maksimal bila dibarengi dengan mengonsumsi kopi secara rutin.

2. Mengurangi Stres

Pinterest/Freepik
Foto : Pinterest/Freepik

Stres adalah salah satu sumber masalah bagi tubuh. Bagaimana tidak? Stres yang berlebihan bisa membuat tubuh rentan untuk terkena berbagai masalah kesehatan serius. Untungnya, secangkir kopi bisa membantu menurunkan stres yang ada alami.

Kandungan kafein di kopi mampu merangsang sistem saraf pusat dalam memproduksi hormon yang berperan dalam meningkatkan suasana hati, seperti dopamin, serotonin, dan neurotransmiter.

3. Mencegah Diabetes

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Penyakit diabetes bisa terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Apabila kamu memiliki riwayat penyakit ini, kamu harus pandai dalam mengatur pola makan dan rutin menerapkan gaya hidup sehat. Sebab jika tidak, penyakit diabetes bisa menyerang kamu kapan saja.

Tapi tunggu, kamu bisa kok mencegah penyakit diabetes dengan rutin mengonsumsi kopi. Kandungan klorogenik di kopi mampu menjaga kadar gula darah (glukosa) tetap stabil. Perlu diingat, manfaat ini baru bisa didapatkan jika kamu mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula, susu, serta creamer.

4. Mengencangkan Kulit Wajah

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Dalam publikasi “American Heart Association”, kopi dapat memperlancar aliran darah. Dengan meningkatkan aliran darah, kulit juga mengalami peningkatan untuk membuat kolagen dalam tubuh.

Kolagen adalah protein keras, tidak larut, dan berserat yang membentuk sepertiga dari protein dalam tubuh manusia. Molekulnya membentuk fibril tipis yang panjang. Ini bertindak sebagai struktur pendukung yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

5. Mencegah Penuaan Dini

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Kopi memiliki antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti aging. Antioksidan yang dimiliki kopi adalah polifenol. Polifenol dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, kandungan polifenol juga dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Masker kopi dapat mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya seperti flek hitam dan kerutan. Jadi, gunakan masker kopi secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda.

6. Mengurangi Selulit

Kandungan kafein dapat memperlancar peredaran di bawah kulit sehingga dapat menyamarkan selulit.

Campurkan air dengan kopi hingga menjadi pasta dan aplikasikan ke bagian selulit. Gosok perlahan ke seluruh bagian yang kamu inginkan. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menghilangkan Bau Kaki

freepik.com
Foto : freepik.com

Sudah banyak yang tahu bahwa kopi merupakan bahan penghilang bau kaki. Jika kamu punya masalah bau kaki, masker kopi bisa mengatasinya secara efektif.

Tapi, meskipun kopi adalah bahan alami yang aman untuk perawatan, tidak semua bisa langsung cocok. Apalagi kalau kulit kamu terutama wajah itu sensitif. Hasil yang didapatkan juga tidak bisa langsung instant, ya! Perlu dilakukan perawatan secara rutin agar hasilnya terlihat dan maksimal!

8. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Pori-pori wajah yang besar biasanya menyebabkan wajah berminyak yang bisa menimbulkan komedo dan juga jerawat. Nah, menggunakan masker kopi secara rutin dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah sekaligus mengecilkan pori-pori. Komedo dan jerawat pun akan menjauh dari wajah Anda.

Topik Terkait