img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSelebTempat wisata di Aceh sangat banyak ragamnya. Jika anda berkesempatan datang ke Provinsi Aceh, maka anda juga tak boleh melewatkan tempat wisata di Aceh. Sebab, banyak tempat wisata di Aceh yang bagus dan juga indah, sehingga setidaknya anda patut datang ke tempat-tempat wisata tersebut setidaknya sekali.

Anda pastinya inign datang ke tempat wisata yang memiliki spot foto yang bagus, sehingga dapat memperindah feed media sosial anda. Maka beberapa tempat wisata di Aceh berikut ini dapat anda coba. Penasaran tempat wisata di Aceh apa saja yang kekinian dan juga bagus? Simak rekomendasi tempat wisata di Aceh berikut ini.

1. Pantai Iboih

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Pantai Iboih merupakan salah satu tempat wisata di Aceh yang wajib anda kunjungi. Sebenarnya, pantai ini merupakan sebuah Pelabuhan. Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Rubiah, maka biasanya akan dimulai dari pantai Iboih. Pantai Iboih beralamat di Jl. Sabang km 23 (Desa Iboih), Sabang, Aceh, Indonesia.

Kendati sebenarnya hanya Pelabuhan, pantai ini sangatlah bagus. Keindahan pantai Iboih dapat anda nikmati dan mampu menjernihkan pikiran anda seusai penat dengan pekerjaan yang menumpuk. Kawasannya yang masih asri, membuat pantai Iboih ini masih memiliki pasir yang putih bersih.

Selain itu, air tepi pantainya pun cukup dangkal dan jernih. Bahkan anda bisa melihat kecantikan warna gradasi air laut yang biru kehijauan yang khas. Tak hanya keindahan pantai saja, namun jika anda gemar snorkeling dan diving, maka anda bisa melakukannya di sini. Di pantai Iboih juga terdapat tempat yang menyewakan peralatan snorkeling jika pengunjung tidak membawanya.

Harga sewa peralatan snorkeling berkisar Rp50 ribu dan juga ingin memakai jasa instruktur maka harga dipatok senilai Rp400 ribu. Kemudian jika anda ingin menyebrang ke pulau Rubiah, maka anda akan dipatok dengan harga Rp150 ribu untuk 4 orang.

Sedangkan untuk penginapan di pantai Iboih, berkisar Rp150 ribu hingga Rp350 ribu per malamnya. Akan tetapi, harga-harga yang telah disebutkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu, jadi anda perlu mengeceknya kembali untuk memastikan harga yang sesuai apabila ingin berkunjung ke Pantai Iboih.

2. Pulau Rubiah

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Di pembahasan Pantai Iboih, Pulau Rubiah sempat disinggung-singgung. Oleh sebab itu rekomendasi tempat wisata di Aceh selanjutnya ada Pulau Rubiah. Pada dasarnya, banyak orang yang mengunjungi Pantai Iboih untuk memulai perjalanan mereka ke Pulau Rubiah. Jika sebagai Pelabuhan, Pantai Iboih saja sudah memiliki keindahan dan pesonanya, maka Pulau Rubiah pun tak kalah indah.

Tempat wisata Pulau Rubiah saat ini adalah sebuah pulau tidak berpenghuni. kendati demikian, masih banyak warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Pulau Rubiah pun kerap kali menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, dan selalu ramai ketika hari libur tiba.

Pulau Rubiah terkenal dengan keelokan pesona dunia bawah lautnya. Di Pulau ini anda bisa menjajal pengalaman baru dengan diving dan juga snorkeling. Kabarnya di Pulau Rubiah ini terdapat 14 dari 15 biota laut yang saat ini dilindungi di Indonesia.

Jika anda berminat untuk menyelam di Pulau Rubiah, maka anda harus siap untuk membayar senilai Rp400 ribu per orang. Tetapi, harga ini bisa sewaktu-waktu berubah jadi anda perlu memastikan kembali dengan mencaritahunya kembali melalui website tertentu sebelum anda datang ke pulau Rubiah.

3. Buntul Rintis

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Jika anda senang sekali mengabadikan potret diri dengan suasana latar tempat yang indah nan Instagramable, maka anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata di Aceh yang satu ini, yakni Buntul Rintis. Buntul Rintis berada di dataran tinggi Aceh sehingga memiliki pemandangan yang indah dan juga estetik.

Selain pemandangan yang indah, tempat tersebut juga disulap menjadi tempat wisata yang memiliki beragam spot foto yang apik. Buntul Rintis ini terletak di ketinggian 1.731 mdpl, hal ini lah yang justru membuat tempat nongkrong untuk para kalangan millennial ini ramai dikunjungi.

Selain suasana yang indah, ternyata tempat wisata yang terletak di Desa Tanseran, Bebesan Kabupaten Aceh Tengah ini memiliki harga tiket masuk yang luar biasa murah. Hanya dengan membayar Rp5000, maka anda sudah bisa menikmati pemandangan yang indah serta berfoto bebas di Buntul Rintis.

4. Museum Tsunami Aceh

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Begitu mendengar namanya, pasti anda sudah menebak bahwa museum ini akan berisi sejarah tentang musibah Tsunami yang pernah melanda Aceh pada tahun 2004 silam. Maka tebakan anda benar, Museum Tsunami Aceh dibangun pada tahun 2008 dengan tujuan untuk mengenang peristiwa Tsunami Aceh tahun 2004 sekaligus simbol kebangkitan warga Aceh.

Museum Tsunami Aceh merupakan hasil rancangan dari Ridwan Kamil yang kala itu masih berprofesi sebagai arsitektur. Ia mendesain Museum tersebut dengan memadukan rumah tradisional Aceh dengan bentuk seperti gelombang besar seperti Tsunami. Jika anda berminat untuk mengunjungi Museum Tsunami Aceh, maka anda perlu membayar tiket masuk seharga tiga ribu rupiah untuk orang dewasa dan sepuluh ribu rupiah untuk turis asing.

Di Museum Tsunami Aceh ada banyak hal menarik yang bisa anda lihat, salah satunya adalah ada sebuah ruangan yang dinamakan The Light of God yang berarti Cahaya Tuhan, di sini, anda bisa melihat ratusan ribu nama korban jiwa atas bencana Tsunami Aceh.

5. Masjid Baiturrahman

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Masjid memang merupakan sebuah tempat ibadah untuk umat muslim, namun tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Masjid Baiturrahman yang menjadi saksi saat bencana Tsunami terjadi. Masjid Baiturrahman ini telah dibangun sejak tahun 1612 dan bisa menjadi salah satu wisata realigi bagi anda ketika mengunjungi Aceh.

Ketika peristiwa musibah tsunami di Aceh terjadi di tahun 2004 silam, banyak warga yang bersembunyi dan berlindung di dalam Masjid tersebut. Kala itu ketika semua bangunan di kawasan Tsunami Aceh hancur, Masjid Baiturrahman masih kokoh tegak berdiri. Padahal air tsunami kala itu menerjang setinggi 15 hingga 30 meter. Hal ini tentunya menjadi sebuah keajaiban di tengah musibah yang menimpa masyarakat Aceh kala itu.

6. Air Terjun Suhom

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Tempat wisata di Aceh selanjutnya ada Air Terjun Suhom. Tempat wisata yang satu ini berada di tengah kawasan hutan Lhoong. Jarak yang harus ditempuh pengunjung pun sekitar 75 kilometer dari Banda Aceh melalui jalur Pantai Barat Aceh. Jika berminat datang, anda perlu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, sebab belum ada kendaraan umum untuk menuju ke tempat wisat ayang satu ini.

Demikian adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Aceh yang patut anda kunjungi. Mengingatkan kembali jika anda ingin berkunjung pastikan kembali harga-harga di tiap tempat wisata, karena beberapa harga yang telah kami cantumkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Semoga rekomendasi wisata di atas dapat menjadi referensi bagi anda untuk menikmati waktu liburan di kota Aceh.

Topik Terkait