img_title
Foto : Www.freepik.com/wayhomestudio

IntipSelebPantangan asam urat umumnya adalah berupa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Bagi yang belum tahu, asam urat merupakan sebuah penyakit yang di mana penderitanya akan merasakan gejala nyeri bahkan pembekakan yang kemudian disertai dengan rasa panas di area persendian.

Pada dasarnya, setiap sendi di tubuh dapat berisiko terkena asam urat, akan tetapi, area yang paling sering terkena asam urat adalah bagian jari tangan, lutut, hingga pergelangan kaki. Penyakit asam urat biasanya akan terjadi apabila kadar asam urat di dalam tubuh terdeteksi tidak normal atau tinggi. Tingginya kadar asam urat terkadang dipengaruhi dari apa yang seseorang makan.

Oleh sebab itu, para penderita asam urut umumnya memiliki makanan terlarang yang tidak boleh dimakan, alias makanan pantangan asam urat. Kira-kira apa saja ya, pantangan asam urat? Simak beberapa pantangan asam urat berikut ini.

Makanan pantangan asam urat

Jika membicarakan asam urat, maka tak lepas dengan membicarakan purin, Purin adalah molekul yang terbentuk dari nitrogen dan karbon. Umumnya, purin dapat dijumpai di sel-sel makhluk hidup. Hewan, manusia bahkan tumbuhan memiliknya. Akan tetapi ada beberapa bagian dari tumbuhan atau pun hewan yang memiliki tingkat purin yang tinggi, sehingga harus dihindari oleh para penderita asam urat.

Pada dasarnya, asam urat merupakan produk sampingan dari purin, baik itu purin endogen maupun purin eksogen. Ketika kedua jenis purin ini diproses di dalam tubuh, maka terbentuklah asam urat. Kurang lebih sebanyak 90% asam urat mampu diserap kembali oleh tubuh. Sedangkan sisanya, asam urat yang tidak terserap akan dikeluarkan lewat urine dan feses.

Jika purin di dalam tubuh masih memiliki jumlah yang normal, maka tubuh akan baik-baik saja. Lain halnya jika purin terlalu tinggi, maka penyakit asam urat akan muncul sehingga tidak lagi bisa diproses oleh tubuh. Oleh sebab itu, berikut ini adalah makanan pantangan asam urat yang perlu anda hindari.

1. Jeroan

Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah jeroan. Tentu banyak orang yang sangat menyukai berbagai jenis olahan jeroan hewan seperti hati, jantung, ampela dan lain-lain. Bahan dasar tersebut biasanya akan diolah menjadi panganan yang kaya akan bumbu, misalnya saja soto babat, sate usus hingga nasi goreng ati kambing.

Tentunya, banyak orang yang tidak tahan menahan pesona kuliner bertemakan jeroan tersebut. Eits, meskipun enak, tapi makanan yang berbahan dasar jeroan adalah musuh utama bagi pada penderita asam urat. Hal ini dikarenakan jeroan yang mengandung purin yang tinggi yang dapat memicu tingginya asam urat.

Oleh sebab itu, meski pun rasanya enak, anda harus bisa mengontrol dan menjaga pola makan anda agar kadar asam urat yang anda miliki tidak tinggi. Sehingga anda akan terhindar dari sakit yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

2. Daging merah

Makanan pantangan asam urat selanjutnya adalah daging merah. Daging merah ini meliputi seperti daging sapi, kambing hingga domba. Selain itu, daging putih pun juga sama, seperti daging entok, kalkun hingga kelinci. Semua jenis dagng tersebut dapat memicu asam urat anda tinggi.

3. Minuman manis

Ternyata, minuman manis tidak hanya menjadi pantangan bagi para penderita diabetes saja, akan tetapi minuman manis juga menjadi pantangan bagi para penderita asam urat. Minuman manis ini biasanya meliputi soda, minuman yang mengandung pemanis buatan, serta jenis minuman yang mengandung fruktosa atau gula dari sirup jagung.

Kenapa anda perlu menghindari minuman di atas, sebab, normalnya tubuh anda akan memecah fruktosa dan kemudian menghasilkan purin. Sedangkan purin sendiri merupakan zat yang perlu dihindari oleh para penderita asam urat.

4. Makanan laut

Makanan pantangan asam urat selanjutnya adalah berbagai jenis makanan laut. Misalnya saja kerrang, udang ataupun ikan teri, karena makanan tersebut mengandung purin yang tinggi, yang dimana tidak baik untuk para penderita asam urat. Selain itu, berbagai jenis ikan seperti sarden, makarel dan juga herring pun mengandung purin yang tinggi.

Akan tetapi, tidak semua makanan laut tidak mengandung purin yang tinggi. Jika anda ingin mengonsumsi makanan laut namun sednag menderita asam urat, maka anda bisa mencaritahu kandungan purin dalam makanan tersebut. Salah satu makanan laut yang rendah purin ada ikan salmon.

5. Daging olahan

Makanan pantangan asam urat lainnya adalah daging olahan. Jika anda adalah pecinta daging, maka anda sepertinya perlu untuk berpuasa makan berbagai jenis olahan daging yang mengandung purin yang tinggi. Ternyata tidak hanya daging segar saja yang dilarang, namun daging oalah seperti salami dan ham pun patut dihindari oleh para penderita asam urat.

Selain mengandung purin yang tinggi, daging olahan ini pun mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Lemak jenuh ini mampu untuk membuat berat badan naik. Ketika seseorang memiliki berat badan yang berlebih, maka biasanya orang tersebut akan menghasilkan insulin yang tinggi.

Insulin ini lah yang kemudian dapat mengganggu fungsi ginjal untuk mengeluarkan asam urat berlebih. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penumpukan hingga membentuk kristal di persendian yang kemudian mengakibatkan nyeri di bagian sendi.

6. Minuman beralkohol

Selanjutnya ada minuman beralkohol. Jika anda sering kali mengonsumsi minuman beralkohol maka anda perlu mengurangi saat anda menderita asma urat.

Minuman beralkohol seperti bir dapat memicu kadar asam urat tinggi, hal ini karena sifat alkohol yang mampu mengurangi kemampuan tubuh untuk mengurangi kadar asam urat, sehingga justru malah terjadi penumpukan. Selain itu, alkohol juga memiliki banyak risiko yang tidak baik untuk tubuh.

Pantangan asam urat lainnya

Selain makanan, ada beberapa hal yang juga menjadi pantangan bagi para penderita asam urat, yakni sebagai berikut:

1. Dehidrasi

Para penderita asam urat, sangat pantang mengalami dehidrasi. Hal ini karena jika anda kekurangan cairan di dalam tubuh, maka otomatis akan meningkatkan kadar asam urat. Jika asam urat berlebih dalam tubuh, maka tubuh akan segera mengeluarkannya melalui urine, akan tetapi jika anda kekurangan cairan, maka tubuh akan kesulitan mengeluarkan asam urat melalui urine.

2. Malas berolahraga

Olahraga memang menjadi salah satu hal yang utama untuk bisa hidup sehat. Hal ini pun berkaitan dengan penyakit asam urat. Jika anda malas berolahraga, maka berkemungkinan bahwa berat badan anda akan bertambah.

Dan jika mengalami kenaikan berat badan atau bahkan obesitas, maka akan membuat ginjal kesulitan bekerja karena orang berbadan gemuk, biasanya menghasilkan insulin yang tinggi. Jika kerja ginjal terganggu, maka akan sulit untuk mengeluarkan asam urat yang berlebih dari tubuh.

Demikian adalah pantangan asam urat yang perlu anda tahu. Semoga informasi di atas dapat menjadi sumber informasi bagi anda. Jika anda menderita asam urat, ada baiknya untuk segera periksakan tubuh anda dan mulai mengubah pola makan agar menjadi lebih sehat. (bbi)

Topik Terkait