img_title
Foto : Pinterest/tripadvisor

IntipSelebTempat wisata di Banjarmasin miliki banyak destinasi untuk dikunjungi. Banjarmasin merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kota yang dikenal dengan julukan 1000 sungai itu awalnya Ibu kota dari Kalimantan Selatan. Hingga akhirnya terdengar adanya perencanaan Ibu kota yang akan pindah ke Banjarbaru.

Melansir pada Kompas, per Februari 2022 kemarin, Banjarbaru resmi ditetapkan sebagai Ibu kota baru dari Kalimantan Selatan. Rancangan Undang-undang pemindahan Ibu kota Kalimantan Selatan itu telah disepakati DPR RI dalam rapat paripurna.

Namun hal itu tak membuat Banjarmasin kehilangan pamornya untuk dikunjungi. Pasalnya, terdapat salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang super hits dan menjadi ciri khas kota ‘bungas’ tersebut, yaitu Pasar Terapung.

Di mana jika kamu mengunjungi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang pernah menjadi trademark salah satu ciri khas iklan sebuah stasiun televisi itu, kamu akan merasakan sensasi berbelanja di perahu kecil yang beraada di atas sungai. Sangat seru, bukan?

Namun tempat wisata di Banjarmasin tak hanya itu saja loh ternyata. Rupanya masih banyak lagi tempat wisata di Banjarmasin yang tak kalah seru untuk didatangi.

Mulai dari tempat wisata di Banjarmasin terdekat hingga tempat wisata di Banjarmasin yang cukup memakan waktu. Namun selagi kamu sedang berada di sana, sayang jika menyia-nyiakan kesempatan mengunjungi tempat wisata di Banjarmasin.

Lantas apa sajakah tempat wisata di Banjarmasin yang menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk rekomendasi tempat wisata di Banjarmasin. Yuk simak artikel selengkapnya di bawah!

1. Sungai Barito

ibukotakita.com
Foto : ibukotakita.com

Dijuluki sebagai kota sungai, berwisata ke Banjarmasin tidak lengkap rasanya jika tak mampir ke Sungai Barito. Sungai yang merupakan ikon Kota Banjarmasin ini merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Selatan. Panjangnya mencapai 10.000 Kilometer dengan kedalaman rata-rata 8 meter.

Saat kamu berada di Banjarmasin, jangan lewatkan kegiatan menyusuri objek wisata Banjarmasin yang populer ini. Dengan susur sungai, kamu jadi lebih dapat melihat berbagai aktivitas masyarakat kota Banjarmasin.

Pasalnya, Sungai Barito tidak hanya dijadikan sebagai tempat transportasi masyarakatnya, namun juga sebagai tempat berdagang. Umumnya, para penjual sayuran, buah dan kebutuhan dasar lainnya menjajakan barang dagangannya dari atas perahu. Oleh karenanya, sungai Barito terkenal dengan sebutan Pasar Terapung Barito.

Saat mengunjungi pasar terapung, kamu tidak hanya berbelanja atau mengamati lakon para penjual dan pembeli tapi juga dapat mencicip makanan khas daerah tersebut seperti soto Banjar. Untuk menyusuri sungai, kamu dapat menyewa sebuah kapal yang memuat banyak orang atau dikenal dengan sebutan ‘klotok’. Tarif penyewaan klotok pun berkisar ratusan ribu. Sehingga kamu dapat melakukan proses tawar menawar jika berada di sana.

2. Pulau Kembang

celebes.co
Foto : celebes.co

Kembang kerap disangkutpautkan dengan bunga, tetapi berbeda jika kamu berada di Banjarmasin. Jika kamu mengunjungi Ubud di Bali dengan Monkey Forestnya, maka kamu akan bertemu dengan para kera di Pulau Kembang ini. Pulau Kembang disebut oleh masyarakat setempat sebagai kerajaan monyet.

Walaupun belum terkenal seperti yang ada di Bali, seiring berjalannya waktu kawasan wisata ini semakin ramai oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar Kalimantan.

Karena pulau ini menjadi tempat tinggal para monyet, kamu bisa membeli makanan seperti kacang atau roti yang ada di sekitar, wisatawan dapat memberi makan kepada monyet-monyet tersebut dan melihat tingkah laku mereka.

Saat melintasi pulau ini saja kamu sudah bisa melihat banyak monyet yang bergelantungan di pohon. Sebaiknya simpan barang berhargamu di tas dan bawas ecukupnya saja, hal ini tentu untuk menghindari adanya kehilangan atau diambil monyet-monyet tersebut.

Pulau ini masih termasuk wisata alam, saat berkunjung ke sini kamu bisa melihat berbagai keindahan alam yang ada di sekelilingnya. Selain menyaksikan ulah kera-kera jenaka, pengunjung juga bisa menonton kera-kera yang pandai berenang di sungai.

3. Pasar Martapura

banjarmasin.tribunnews.com
Foto : banjarmasin.tribunnews.com

Tak hanya alam, Banjarmasin menyediakan destinasi wisata belanja. Di mana salah satu tempat wisata belanja di Banjarmasin yang terkenal ialah Pasar Intan Martapura.

Bukan hanya dikenal sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin pun menjadi kota penghasil intan terbesar di Indonesia. Sehingga jika kamu berkunjung ke Pasar Martapura, maka akan meenmukan intan-intan dengan kualitas terbaik.

Banyak sekali wisatawan yang menyukai batu datang berkunjung dan ikut berburu intan di pusat penjualan aksesoris intan yang sekaligus tempat penggosokan intan. Pasar Martapura sendiri sangat terkenal di kalangan turis lokal maupun macanegara.

Di pasar intan ini kamu akan menemukan banyak sekali perhiasan yang dibandrol dengan harga yang variatif. Bahkan ada juga perhiasan yang dijual dengan harga hingga jutaan rupiah. Intan yang diperjualbelikan sendiri sudah menjadi berbagai bentuk aksesoris, salah satunya cincin.

Harga yang dibandrol ini tergantung dengan keunikan dan kelangkaan jenis batu intan dan bahan kayu yang digunakan. Kamu bisa berkunjung ke Pasar Intan Martapura untuk melihat lihat koleksi dari batu intan yang murah. Tak hanya harganya yang cukup murah, namun kualitas batu dan kayu yang diperjualbelikan tak perlu diragukan lagi.

4. Jembatan Sungai Barito

travel.okezone.com
Foto : travel.okezone.com

Sempat memegang rekor sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia dari 1997, jembatan Sungai Barito menjadi salah satuu destinasi wisata lokal Banjarmasin.

Jembatan Barito memiliki panjang 1.082 meter ini membelah sungai Barito yang berada di Pulau Kalimantan. Jembatan yang sempat memegang rekor sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini diresmikan oleh presiden Soeharto pada tahun 1997.

Pada tahun 2009 rekor jembatan gantung terpanjang di Indonesia diambil alih oleh jembatan Suramadu yang berlokasi di Jawa Timur.

Jembatan Sungai Barito menghubungkan 2 Provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Jembatan yang menjadi satu objek wisata buatan ini berada di Kabupaten Barito Kuala. Oleh warga setempat jembatan ini adalah salah satu aset kebanggaan mereka.

Bagi pengunjung yang ingin berfoto selfie atau membuat video bisa mendatangi lokasi bawah jembatan ini. Banyak sekali orang yang datang ke jembatan gantung yang satu ini.

Baik mereka yang memang bertujuan untuk berlibur ke tempat wisata buatan ini atau mereka yang hanya sekedar lewat dan berhenti sebentar untuk menikmati keindahan alam di sekitar jembatan untuk sesaat.

5. Menara Pandang Banjarmasin

disbudpar.banjarmasinkota.go.id
Foto : disbudpar.banjarmasinkota.go.id

Objek wisata Menara Pandang tentu tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Banjarmasin, sebab menara ini disebut sebut sebagai ikon dari kota Banjarmasin yang telah diresmikan sejak 2004 silam.

Gedung yang memiliki 3 lantai dengan ketinggian sekitar 21 meter ini, menawarkan pengalaman melihat pemandangan menakjubkan dari setiap sudut kota. Dari atas menara kamu bisa melihat pemandangan kota dengan jelas, bahkan hingga bagian sudutnya.

Itulah dia 5 tempat wisata di Banjarmasin yang wajib masuk dalam daftar list kunjungan kamu kalau berlibur ke daerah tersebut. Bagaimana? Seru sekali kan! (jra)

Topik Terkait