img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Berbagai macam manfaat teh hijau sering digunakan sebagai minuman hingga ramuan herbal penyembuh berbagai macam penyakit yang serius. Teh hijau, memang sering dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari orang tua hingga anak-anak.

Teh hijau kaya akan manfaat untuk kesehatan. Ini waktu yang tepat minum teh hijau.
Teh hijau minuman yang populer di seluruh dunia. Sebagian orang menjadikan teh hijau sebagai alternatif minuman yang lebih sehat.

Teh hijau mengandung polifenol dan flovonoid yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah batuk dan flu.
Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Manfaat lainnya dari teh hijau adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak. Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di dunia. Banyak pula ahli kesehatan yang setuju dengan pernyataan ini. Memang, sih, tidak ada makanan ataupun minuman yang benar-benar bisa melindungi Anda dari infeksi penyakit. Tetapi, kandungan senyawa catechin pada teh hijau sangat berkhasiat. Sebagai antioksidan, catechin dalam teh hijau mampu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Rutin konsumsi teh hijau disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, jenis minuman yang satu ini cocok bagi orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Namun tunggu dulu, nyatanya konsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan tidak boleh dilakukan secara asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapat manfaat dari teh hijau.

Teh ini dipercaya dapat menurunkan berat badan asal dikonsumsi dengan cara yang tepat. Agar khasiatnya bisa didapat, hindari mencampurkan apapun ke dalam teh hijau yang akan diminum. Selain itu, ketahui juga kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi minuman ini.

Kandungan senyawa catechin pada teh hijau sangat berkhasiat. Catechin dalam teh hijau mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta dapat mencegah kerusakan sel. Saat ini minuman berbahan dasar teh merupakan salah satu favorit semua kalangan usia. Salah satu jenis teh yang populer adalah teh hijau atau sering disebut juga dengan green tea. Selain menyegarkan, teh hijau juga kaya akan kandungan nutrisi yang memberikan manfaat pada kesehatan.

Teh hijau atau dalam padanan bahasa Inggris disebut green tea semakin digemari beberapa tahun belakangan. Pamor teh hijau kian meningkat diiringi dengan banyaknya makanan dan minuman kekinian yang menggunakan bahan dasar teh hijau sebagai campurannya.

Manfaat teh hijau bagi kesehatan telah dipercaya sejak dulu. Bahkan, teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia dan diyakini dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya. Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, seperti teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman ini juga baik dikonsumsi oleh balita dan anak-anak ketika mereka bosan minum air putih. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Paparan radikal bebas berlebih dapat merusak sel-sel tubuh hingga menyebabkan penuaan dini dan penyakit berbahaya seperti kanker. Salah satu kandungan antioksidan dalam teh hijau adalah katekin.

Langsung saja kita Intip berbagai macam manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh dan wajah, Chek it out!

1. Melawan Sel Kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kandungan polifenol dalam teh hijau memiliki peran dalam membantu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker. Mengonsumsi teh hijau secara rutin pada wanita disebut menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium.

2. Mencegah Penuaan Dini

www.freepik.com/lifeforstock
Foto : www.freepik.com/lifeforstock

Antioksidan dapat melawan radikal bebas, yang tidak hanya dapat menyehatkan tubuh. Antioksidan dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Teh hijau memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, zat protein di dalam teh hijau juga turut berperan aktif untuk menjaga kelenturan kulit. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah kamu. Produk kosmetik dengan ekstrak teh hijau dipercaya dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit.

3. Membuat Tidur Nyenyak

www.freepik.com/drobotdean
Foto : www.freepik.com/drobotdean

Tidak hanya saat stres, jika Anda mengalami susah tidur, minum teh hijau sebelum tidur dapat memberikan manfaat. Kandungan theanine dalam teh hijau memiliki efek antistres pada hewan maupun manusia. Hal ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak sekaligus membantu memperbaiki kualitas tidur yang buruk.

Meskipun teh hijau mengandung kafein, kadar zat ini dalam teh cukup rendah sehingga efeknya dalam meningkatkan kewaspadaan tidak besar.

4. Membantu Membakar Lemak

Pinterest/popsugar
Foto : Pinterest/popsugar

Katekin adalah antioksidan alami yang ada pada teh hijau. Antioksidan dalam minuman ini dapat membantu menurunkan berat badan. Katekin bisa mempercepat proses metabolisme, salah satunya memecah lemak pada tubuh yang berlebihan. Itu artinya, teh hijau bisa membantu membakar lemak.

Oleh sebab itu, khasiat teh hijau bisa menurunkan risiko penyakit diabetes. Pasalnya, risiko diabetes cukup tinggi pada orang yang memiliki obesitas (kelebihan berat badan). Manfaat inilah yang membuat teh hijau baik untuk para panderita diabetes atau orang yang dengan menjalani diet.

5. Menghilangkan Bau Mulut

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Manfaat teh hijau yang satu ini mungkin belum Anda ketahui, yaitu dapat mengatasi bau mulut. Teh hijau mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa mencegah pembentukan bakteri pada mulut. Itu artinya, teh jenis ini dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Di samping mengatasi bau, teh hijau juga bisa mencegah karies gigi dan pembentukan plak pada gigi. Oleh karena itulah, banyak orang menggunakan teh hijau sebagai obat kumur tradisional.

6. Meningkatkan Kesuburan

www.freepik.com/pikisuperstar
Foto : www.freepik.com/pikisuperstar

Dengan mengonsumsi teh hijau, peluang kamu untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih tinggi. Tak hanya berlaku untuk kaum hawa, senyawa polifenol dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kesuburan bagi kaum adam.

Kandungan polifenol teh hijau dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma menjadi lebih optimal. Proses pembuahan akan lebih mudah terjadi dengan mengonsumsi teh hijau atau green tea.

7. Mengatasi Insomnia

freepik.com
Foto : freepik.com

Dengan mengonsumsi teh hijau, peluang kamu untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih tinggi. Tak hanya berlaku untuk kaum hawa, senyawa polifenol dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kesuburan bagi kaum adam.

Kandungan polifenol teh hijau dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma menjadi lebih optimal. Proses pembuahan akan lebih mudah terjadi dengan mengonsumsi teh hijau atau green tea.

Teh hijau yang memiliki kandungan l-theanine dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein kadar rendah sehingga efek yang ditimbulkan tidak sebesar kopi.

8. Menjaga Tekanan Darah

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh hijau memiliki kandungan polifenol yang mampu menurunkan tekanan darah. Kemudian teh hijau juga bermanfaat untuk membuat otot pada pembuluh darah menjadi rileks.

Topik Terkait