img_title
Foto : Viva.co.id

IntipSeleb – Bulan suci penuh ampunan identik dengan hadirnya bulan ramadhan yang penuh berkah. Hikmah puasa ramadhan selain untuk mengontrol diri, juga sebagai salah satu cara melatih diri agar dapat menahan hawa nafsu baik sesama manusia atau menjaga tutur kata dari perbuatan jahat.

Ramadhan adalah bulan istimewa bagi semua umat Muslim. Ada banyak keutamaan bulan Ramadhan yang sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa persiapan yang baik.

Dilakukan selama 1 bulan dalam 1 tahun sekali, banyak yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk perbaikan diri. Selama bulan Ramadhan, seseorang akan belajar tentang banyaknya kesabaran, empati, pengendalian diri, berbagi kebaikan, dan banyak hal positif lain.

Ini bukan hanya baik untuk pengembangan diri, tapi juga diganjar dengan pahala dan keberkahan yang tidak sedikit. Sehingga jika amalan-amalan tersebut terbangun menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan di bulan-bulan lainnya, maka seseorang disebut telah mendapatkan keberkahan dari bulan Ramadan.

Setiap perintah Allah dan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pasti memiliki hikmah dan manfaat yang dapat manusia peroleh. Bukan hanya sebagai bentuk ibadah kepada Allah, namun juga dapat dirasakan manfaatnya bagi yang menjalankan.

Termasuk ketika menjalankan ibadah puasa, maka akan ada manfaat yang dapat kita peroleh. Tentu saja hikmah apa yang dijalankan setiap orang akan berbeda-beda, namun dalam menjalankan-nya ada beberapa hal yang kita rasakan bersama.

Untuk itu, menjalankan ibadah puasa wajib, akan mendapatkan banyak sekali kebaikan termasuk mampu menahan diri dan kebahagiaan lainnya yang dapat dirasakan oleh ummat islam yang menjalankannya.

Salah satu ibadah ini akhirnya diteruskan hingga Nabi Muhammad saw. dan sampai sekarang seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia tak lupa melaksanakan ajaran ini. Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan bukan hanya sekadar menahan haus dan lapar. Di bulan puasa Ramadan, setiap umat Islam wajib menjalani ibadah yang satu ini.

Selain meningkatkan kualitas diri serta keimanan, masih banyak hikmah puasa Ramadhan lainnya.Ibadah puasa sudah ada sejak Nabi Adam As yang kala itu melakukan puasa Ayyamul Bidh.

Lantas apa saja hikmah puasa Ramadhan itu? Bulan Ramadhan disebut juga sebagai bulan suci yang penuh ampunan. Selama 30 hari, umat Islam tidak hanya menjalankan ibadah puasa saja. Ada beberapa ibadah yang sangat dianjurkan seperti melaksanakan shalat tarawih, i'tiraf atau berdiam diri di masjid, membaca Al-Qur'an, sedekah, zakat dan lain sebagainya.

Pada saat puasa, dilarang untuk melakukan kemaksiatan seperti halnya meninggalkan shalat fardu, berzina, menghardik anak yatim, serta mencemooh orang lain. Perbuatan-perbuatan tersebut selain akan menambah dosa juga akan mengurangi pahala puasa bahkan dapat membatalkan puasa.

Puasa wajib di bulan suci ramadhan bagi umat Islam memberikan hikmah yang luar biasa besarnya seperti disebutkan dalam sejumlah hadits.

Salah satu Hikmah Puasa Ramadhan paling utama yakni membentuk kepribadian Muslim menjadi manusia yang bertakwa. Selain itu, sebagai penyucian jiwa dan benteng atau pertahanan diri dari segala hawa nafsu.

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban tiap Muslim yang sudah ditetapkan Allah bagi hamba-Nya yang beriman. Kewajiban puasa Ramadhan ini disebutkan dalam firman Allah SWT, Surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:
Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaiman telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa.” (QS Al-Baqarah : 183)

Di dalam berpuasa terkandung hikmah yakni membersihkan jiwa, menyucikannya serta membebaskannya dari endapan-endapan yang buruk (bagi kesehatan tubuh) dan akhlak-akhlak yang rendah. Selama puasa seorang muslim selalu merasa diawasi oleh Allah swt, mereka berani menahan syahwat hanya karena merasa bahwa Allah swt selalu mengawasi, perasaan inilah yang jika berlanjut setelah Ramadhan akan menjadi sebab takwa seorang muslim.

Seorang hamba mendekatkan diri kepada Tuhan-nya dengan meninggalkan apa-apa yang dicintai jiwa dan nafsunya baik makanan, minuman maupun hubungan kelamin. Dari situ nampak ketulusan iman seorang hamba, kesempurnaan hambanya, kecintaannya kepada Tuhan-nya dan harapnya kepada pahala-Tuhan-nya. Karena seseorang tidaklah meninggalkan apa-apa yang dicintainya kecuali untuk sesuatu yang lebih agung. Karena itu seorang muslim, hendaknya engkau termasuk mereka yang berpuasa demi mengharap apa-apa yang ada di sisi Allah dan menghinakan diri kepada-Nya dengan ibadah ini.

Lantas apa saja keistimewaan dan hikmah yang ada dalam bulan suci ramadhan bagi umatnya yang menjalankan puasa, yuk simak artikel berikut.

1. Mengontrol Hawa Nafsu

Hikmah dari puasa Ramadan berikutnya yaitu sebagai wadah untuk lebih bisa mengasah kemampuan untuk mengontrol hawa nafsu.

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, seseorang akan lebih cenderung melakukan amalan saleh untuk bisa mengontrol keinginannya. Sebab, tidak selamanya puasa akan berjalan lancar. Akan selalu ada godaan untuk melakukan perbuatan jelek bahkan berujung pada perbuatan maksiat.

2. Melatih Empati Terhadap Sesama Manusia

saat berpuasa seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih ramah dan saling berbagi kepada sesama. Dengan merasakan lapar karena tidak makan dan minum seharian, diharapkan seseorang dapat berempati dan peka pada orang yang kurang mampu dan tidak berkecukupan.

Empati yang tumbuh akan menghasilkan rasa saling merasakan kepada kekurangan saudara seiman. Sehingga hikmah puasa Ramadan lainnya adalah menghasilkan umat yang mudah memberi dan berbagi.

3. Meningkatkan Ibadah & Pahala

Puasa Ramadan juga merupakan ibadah terlama karena dilakukan selama 1 bulan penuh. Selain puasa, banyak ibadah lain yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan, dan akan mendapatkan imbalan pahala yang berlipat ganda.

Misalnya membaca Alquran, bersedekah, salat sunah tarawih, salat tahajud, dan amal ibadah lainnya. Tentu saja ini menjadi salah satu keutamaan bulan Ramadan.

4. Doanya Mustajab

Setiap orang tentu sangat mendambakan sebuah doa yang mustajab atau dikabulkan oleh Allah SWT. Diantara waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah ketika dalam keadaan berpuasa terutama di Bulan Ramadhan. Dalam hadits Nabi disebutkan:

“Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan dan orang orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini. (HR. Ahmad).

5. Mensucikan Jiwa

Hikmah puasa Ramadhan lainnya yaitu dapat mensucikan jiwa. Dengan menjalankan ibadah puasa, manusia telah memilih untuk menahan diri dari hal-hal yang sebenarnya halal untuknya. Sejak terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari, manusia menahan diri dari makanan, minum, dan bersetubuh.

Jika ia mau ia bisa saja melakukannya. Toh tidak ada yang mengetahuinya. Saat berada di rumah tertutup, di dalam kamar yang terkunci, tidak ada orang lain yang mengetahui jika ia makan dan minum. Tetapi tidak melakukannya karena Allah SWT.

6. Baik Untuk Kesehatan

Bukan hanya dapat mengontrol hawa nafsu, hikmah puasa Ramadhan juga dapat membantu kesehatan jasmani sebagaimana rohani. Dengan berpuasa, kebutuhan rohani akan kedekatan dengan Allah SWT dapat terpenuhi. Sedangkan secara jasmani, sistem pencernaan dalam tubuh selama sementara waktu akan istirahat. Puasa juga memberi kesempatan untuk mengeluarkan semua kotoran serta zat-zat berbahaya di dalamnya. (bbi)

Topik Terkait