img_title
Foto : Pinterest/Doyan Resep

IntipSelebResep bakso sapi sangat beragam, akan tetapi resep tersebut cukup mudah jika anda ingin membuatnya di rumah. Bakso sendiri sudah menjadi menu makanan yang tak asing lagi di Indonesia. Rasanya hampir di setiap daerah pasti ada yang menjajakan bakso.

Selain itu, popularitas bakso sendiri pun tak bisa diragukan lagi. Setiap kalangan, baik yang muda maupun yang sudah berumur, banyak yang menyukai bakso. Makanan yang satu ini juga dapat dinikmati di berbagai musim.

Sebab, jika anda memakannya di saat cuaca sedang panas, maka bakso akan terasa sangat nikmat, belum lagi kuahnya yang panas dan bercita rasa gurih, asin dan pedas bisa membuat anda segar. Sedangkan jika anda menikmatinya saat di musim penghujan, maka semangkuk bakso panas dapat menghangatkan perut sekaligus badan anda.

Bakso sendiri dapat terbuat dari berbagai daging, mulai dari daging ayam, daging ikan hingga yang paling populer adalah dengan menggunakan daging sapi. Ternyata, resep bakso sapi itu cukup mudah, lho. Anda bisa mencobanya di rumah dan mengkreasikannya sesuai dengan selera anda. Penasaran? Berikut ini akan kami sajikan resep bakso sapi yang mudah untuk anda.

1. Resep bakso sapi mudah

Bahan bakso sapi mudah
- 250 gram daging sapi bagian paha dalam tanpa lemak
- 100 gram es batu
- 40 gram tepung tapioka
- 1 sdm garam kasar
- 1 sdt baking powder
- Kaldu penyedap secukupnya

Resep bakso sapi atau cara membuat bakso sapi

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan daging bersamaan dengan es batu. Setelah halus tambahkan garam, baking powder dan juga kaldu penyedap kemudian haluskan kembali.
2. Setelah itu tambahkan tepung tapioka lalu aduk hingga adonan tercampur rata kemudian sisihkan.
3. Kemudian, panaskan air mendidih di dalam panci yang akan jadikan alat untuk merebus bakso nantinya.

4. Setelah air panas siap, anda bisa mulai membentuk adonan bakso bulat-bulat dengan tangan, kemudian setelah dibentuk bulat, taruh ke dapat air yang berisi air panas. Ditaruh ke dalam air panas bertujuan agar adonan bakso mulai termasak secara tidak langsung dan adonan yang telah dibulatkan pun tidak menjadi lembek nantinya.
5. Setelah selesai membentuk adonan bakso, kemudian masak dengan api sedang hingga bakso mengapung. Jika telah mengapung dan berubah warna menjadi putih keabu-abuan tandanya bakso telah matang.

6. Angkat bakso, dan bakso sapi siap disajikan.

2. Resep bakso sapi simpel

Bahan-bahan bakso sapi simpel

- 500gr daging sapi bagian dalam
- 150 gr es batu
- 60gr tepung sagu
- 1 butir putih telur
- 3 siung bawang merah yang telah diiris tipis kemudian digoreng
- 6 siung bawang putih yang telah diiris kemudian digoreng
- 2 sdt garam
- 1/2 sdt baking powder
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt kaldu sapi
- 2 sdt gula pasir

Resep bakso sapi simpel atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah giling daging sapi yang telah disiapkan bersama dengan es batu, usahan air esnya tidak dipakai. Setelah halus tambahkan tepung sagu, telur, bawang merah, gula pasir, kaldu bubuk, bawang putih, baking powder, garam, dan merica bubuk.
2. Giling kembali adonan hingga benar-benar halus. Setelah itu diamkan di dalam freezer selama kurang lebih 1 jam.

3. Setelah itu, mulai rebus air di dalam panci yang akan digunakan untuk merebus bakso sapi yang dibuat. Tidak perlu menunggu air mendidih, hanya pastikan bahwa air mulai hangat anda mulai bisa membentuk bulat-bulat adonan bakso yang telah dikeluarkan dari freezer.
4. Lakukan hingga adonan habis, masak hingga mendidih dan bakso matang atau mengapung.
5. Setelah itu angkat dan bakso sapi siap disajikan.

3. Resep bakso sapi lembut

Bahan-bahan bakso sapi lembut

- 500 gr daging sapi cincang
- 140 gr es batu
- 5 sdm tepung sagu
- 1 butir putih telur
- 2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- 1 sdm bawang putih goreng (haluskan)
- 1 sdm bawang merah goreng (haluskan)

Resep bakso sapi lembut atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan es batu yang telah disiapkan, bisa gunakan blender. Kemudian halus daging sapi cincang sedikit demi sedikit, agar blender tidak macet.
2. Setelah itu pindahkan daging yang telah dihaluskan ke dalam wadah, kemudian tambahkan garam, gula, merica bubuk, bawang putih serta bawang merah yang telah dihaluskan, baking powder dan tepung sagu.
3. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata, bisa gunakan sendok besar untuk mengaduknya atau apapun. Jika anda punya alat pencampur, maka juga bisa menggunakan alat tersebut.

4. Setelah itu, tambahkan putih telur dan aduk kembali adonan hingga semuanya tercampur rata.
5. Kemudian panaskan air panas hingga mendidih, kemudian setelah mendidi, kecilkan api hingga yang paling kecil, lalu mulai bentuk adonan bakso bulat-bulat hingga adonan habis.
6. Adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat dimasukkan ke dalam panci yang berisi air panas. Kemudian setelah selesai membentuk semua adonan menjadi bulat, masak bakso dengan api sedang, kemudian masak hingga bakso mengapung atau matang.
7. Angkat dan bakso sapi siap disajikan.

Resep kuah bakso bening (bonus)

Setelah mengetahui resep bakso sapi, berikut ini akan kami sajikan pula resep kuah bakso sapi bening sebagai pelengkap untuk bakso yang anda buat.

Bahan-bahan

- 3 siung bawang putih
- jahe (kurang lebih seujung kelingking)
- 1 liter air
- 1 sdt merica
- garam
- kaldu ayam bubuk
- sedikit micin (jika tidak suka bisa dilewati)
- daun bawang secukupnya (untuk taburan)

Resep kuah bakso bening atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih, jahe dan merica (bisa diulek atau diblender), usahakan jangan terlalu halus.
2. Setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis dengan api kecil dan hingga bumbu harum. Lalu, tambahkan 1 liter air dan masak dengan api sedang.
3. Setelah itu tambahkan garam, kaldu ayam bubuk, dan juga micin. Sesuaikan dengan selera anda. Kemudian tambahkan bakso yang telah dibuat atau bakso siap saji.
4. Masak hingga mendidih dan jangan lupa tambahkan irisan daun bawang.
5. Sajikan bakso di dalam mangkuk dan anda bisa menambahkan pelengkap lainnya seperti irisan seledri dan juga bawang goreng.

Demikian adalah resep bakso sapi yang mudah dan praktis. Semoga resep bakso sapi di atas dapat menjadi inspirasi bagi anda untuk membuat olahan daging sapi salah satunya adalah membuatnya menjadi bakso. Semoga berhasil! (bbi)

Topik Terkait