img_title
Foto : Pinterest/resepmamiku

IntipSelebEs pisang ijo adalah salah satu jenis kuliner di Indonesia yang keberadaannya cukup populer. Es pisang uji merupakanan makanan khas daerah Makassar yang dimana terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan hijau, serta dilengkapi dengan bubur sum-sum dan disiram dengan sirup cocopandan. Kesegrannya semakin terasa saat diberi remukan es batu.

Bayangkan jika anda menikmati seporsi es pisang hijau saat matahari sedang terik-teriknya. Perpaduan rasa sirup cocopandan yang manis serta rasa manis dari buah pisang serta es batu yang dingin, akan membuat anda segar dan kembali berstamina lagi.

Lantas tahukah anda bagaimana sejarah dari es pisang ijo? Jika belum, maka anda perlu mengintip sedikit bagaimana cerita rakyat dan hal-hal menarik tentang es pisang ijo berikut ini. Serta, kami akan membagikan pula beberapa resep es pisang ijo yang dapat anda buat di rumah.

Cerita atau legenda es pisang ijo

Melansir dari beberapa sumber, ternyata ada cerita atau legenda yang menarik tentang es pisang ijo. Diceritakan pada zaman dahulu, hiduplah seorang Raja yang terkenal bengis atau kejam. Hal ini dikarenakan karakternya yang tak pernah segan untuk membunuh rakyatnya sendiri, apabila memang diketahui orang tersebut melakukan kesalahan.

Lantas pada suatu hari, juru masak kerajaan yang bernama Ijo sedang mengalami sial, ia melakukan kesalahan. Masakan yang Ijo buat untuk Raja, disebut tak enak. Hal ini membuat Raja murka dan mengancam akan membunuh Ijo.

Akan tetapi, Ijo meminta kesempatan sekali lagi untuk menghidangkan makanan yang dijamin lezat sebagai pengampunan. Pada saat itulah, Ijo membuat kudapan yang sekarang dikenal dengan sebutan es pisang ijo.

Dengan kemampuan memasaknya, ia berinisiatif untuk mengolah pisang menjadi sebuah hidangan yang lezat. Buah pisang dipilih karena buat berkulit kuning itu merupakan buah kesukaan Raja. Lantas siapa sangka, ketika es pisang ijo disajikan, Raja sangat terkesan dengan rasanya yang lezat.

Maka semenjak saat itulah, Raja memutuskan untuk memberi nama hidangan yang berhasil menyelamatkan sang juru masak dengan nama 'Es Pisang Ijo'.

Filosofi es pisang ijo

Setelah mengetahui bagaimana cerita legenda dari es pisang ijo, anda juga perlu tahu bagaimana filosofi dan makna yang terkandung dari menu khas dari daerah Makassar ini. Sesuai dengan namanya, yang menjadi poin dari sajikan ini adalah buah pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau.

Adonan berwarna hijau ini, melambangkan malabbiri atau keanggunan, sopan santun, dan bertutur elok. Selain itu, warna hijau dari adonan ini pun dianggap sakral dan suci bagi masyarakat Makassar. Sebab, warna hijau pada balutan pisang di es pisang ijo ini dapat membawa rasa damai dan sejuk bagi siapa pun yang melihatnya.

Makanan favorit saat bulan Ramadhan

Memasuki bulan suci Ramadhan, biasnaya banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai makanan manis atau takjil yang dapat dinikmati ketika berbuka puasa. Salah satu menu takjil paling favorit adalah es pisang Ijo. Hal ini selain karena rasanya enak, es pisang ijo juga harganya enak.

Saat berbuka puasa memang dianjurkan untuk makan makanan yang manis terlebih dahulu untuk memulihkan energi, dan es pisang ijo pun memenuhi kriteria tersebut. Rasa manis dari sirup cocopandan berpadu dengan rasa manis dan tekstur khas dari pisang yang dibalut dengan adonan hijau, membuat stamina bisa cepat kembali.

Belum lagi bubur sum-sum yang lembut disertai dengan dinginnya dari es batu membuat masyarakat muslim yang lelah akibat beraktivitas sehari penuh tanpa makan dan minum, bisa kembali segar.

Selain itu mencari pedagang yang menjajakan es pisang ijo pun tak sulit, sebab saking populernya, banyak orang yang menjualnya di berbagai daerah. Jadi es pisang ijo ini tidak hanya bisa ditemui di daerahnya asalnya saja, Makassar, akan tetapi bisa dijumpai di daerah lain seperti Jakarta dan Bekasi misalnya.

Resep es pisang ijo

Setelah mengetahui berbagai hal yang menarik tentang es pisang ijo, maka tak lengkap jika anda tidak mengetahui bagaimana resep es pisang ijo. Mungkin jika di daerah anda masih belum banyak yang menjual, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat es pisang ijo pun tidak sulit, serta bahan yang anda butuhkan juga tidak terlalu sulit didapatkan. Langsung saja, berikut ini adalah resep es pisang ijo yang bisa anda coba di rumah:

Es pisang ijo

Bahan vla

- 1200 ml santan kelapa (1 butir kelapa)
- 300 gr gula pasir (15 sdm)
- 7 sdm tepung terigu

Bahan kulit pisang

- 500 gr tepung terigu (3 gelas)
- 750 ml air (3 gelas)
- 3 sdm margarin
- 1 sdm gula pasir
- 2 sdm pasta pandan
- pisang raja

Cara membuat es pisang ijo

1. Langkah pertama adalah campur semua bahan untuk vla ke dalam panci, kemudian diaduk hingga rata dan masak dengan api sedang hingga adonanan mendidih, setelah itu sisihkan
2. Kemudian, tuang tepung terigu ke dalam wadah, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk-Aduk hingga tercampur rata dan pastikan tidak ada adonan yang menggumpal. Jangan lupa tambahkan pasta pandan juga dna aduk hingga adonan tercampur rata.
3. Setelah itu tambahkan gula pasir dan margarin lalu aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.
4. Lalu saring adonan agar tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian kukus selama 30 menit. Angkat dan aduk adonan kemudian tunggu hingga adonan dingin.
5. Selanjutnya, ambil sedikit adonan kemudian pipihkan dan buat seperti kulit yang kira-kira dapat membungkus pisang raja.
6. Setelah itu potong-potong sesuai selera dan sajikan dalam piring. Tuangkan vla yang telah dibuat dan jangan lupa tambahkan sirup cocopandan dan juga es batu agar makin segar. Es pisang ijo siap disajikan.

Resep bubur sumsum

Jika anda tidak ingin menggunakan vla dan ingin menggunakan bubur sumsum, berikut ini adalah resep untuk bubur sumsumnya.

Bahan bubur sumsum

- 700 ml air
- 100 gram tepung beras
- 2 bungkus santan instan (@65ml)
- 2 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam

Cara membuat bubur sumsum

1. Tuangkan tepung beras ke dalam panci atau wadah untuk merebus, kemudian tambahkan 2 bungkus santan instan, tambahkan juga garam dan air. Penambahan air ini digunakan setengah terlebih dahulu, kemudian diaduk agar tidak ada yang menggumpal barulah tuang sisa airnya.
2. Kemudian aduk hingga merata. Setelah itu nyalakan api sedang, tambahkan daun pandan yang telah diikat kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga adonan mengental.
3. Masak hingga adonan meletup-letup. Aduk-aduk sebentar hingga letupannya menjadi banyak. Jika sudah, matikan kompor.
4. Tuang ke dalam mangkuk, kemudian sajikan bubur sumsum yang telah dibuat bersama dengan kuah gula yang manis yang telah dibuat. Bubur sumsum siap disajikan.

Topik Terkait