img_title
Foto : Instagram/@tukangjajanid

IntipSelebEmpal gentong, merupakan salah satu kuliner khas daerah Cirebon yang cukup populer di telinga masyarakat. Jika anda berkesempatan untuk datang ke daerah Cirebon, Jawa Barat, anda pasti akan dengan mudah menemukan banyak tempat makan yang menawarkan empal gentong.

Makanan yang satu ini sekilas mirip dengan gulai akan tetapi tentu memiliki sedikit perbedaan. Jika gulai biasanya menggunakan daging sapi atau kambing, empal gentong justru menambahkan jeroan seperti usus dan babat.

Anda tertarik untuk mencicipi empal gentong? Jangan khawatir, meski pun berasal dari Cirebon, karena empal gentong menjadi sajian yang cukup populer dan banyak diminati, sehingga membuat para pedagang di luar daerah Cirebon juga ikut menjajakan menu nusantara yang satu ini.

Jika empal gentong adalah salah satu makanan favorit anda, maka tidak ada salahnya jika anda mengintip sedikit sejarah terciptanya menu yang satu ini. Selain itu, kami juga akan memberikan resep empal gentong yang tentunya mudah untuk anda buat di rumah. Penasaran? Simak artikel di bawah ini untuk membaca selengkapnya.

Sejarah empal gentong

Tak banyak yang tahu mengenai sejarah empal gentong, maka dari itu tidak ada salahnya anda mengetahui informasi yang satu ini. Makanan yang berasal dari daerah Cirebon ini memang kurang lebih mirip dengan gulai, bahkan banyak orang yang mungkin tidak bisa membedakan antara empal gentong dengan gulai.

Akan tetapi, bumbu dan cara memasak antara empal gentong dan gulai memiliki perbedaan. Menilik dari sejarahnya, empal gentong kabarnya diciptakan di abad ke 15 masehi dan banyak disebut sebagai salah satu media dalam penyebaran agama Islam di Cirebon.

Pada awalnya, empal gentong dibuat dari bahan daging kerbau. Daging kerbau dipilih karena pada masa itu, masyarakat Cirebon banyak yang menganut agama Hindu. Dan di dalam agama Hindu sendiri, hewan sapi, merupakan hewan sakral yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Maka dari itu, daging kerbau dipilih sebagai pengganti daging sapi.

Selain itu, hal yang membedakan empal gentong dengan gulai adalah penambahan jeroan ke dalamnya. Hal ini banyak disebut bahwa empal gentong merupakan makanan yang menjadi bukti perpaduan budaya Arab dan India serta Cina dan lokal.

Budaya Arab dan India terlihat dari penggunaan bahan bakunya (daging kerbau), Cina dari penggunaan jeroan yang di mana masyarakat Tionghoa banyak yang mengonsumsi jeroan. Serta lokal dilihat dari bumbu-bumbu yang digunakannya.

Kemudian nama empal gentong sendiri diambil dari cara pembuatannya. Dahulu empal gentong dimasak dengan cara menggunakan kuali atau periuk atau banyak yang menyebutnya juga dengan gentong, serta dimasak dengan menggunakan kayu bakar atau tungku. Sedangkan empal sendiri mengarah pada daging yang diolah.

Rekomendasi tempat makan empal gentong di Cirebon

Selanjutnya kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi tempat makan yang patut anda coba jika ingin mencicipi empal gentong langsung di tempat asalnya. Berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Empal Gentong H. Apud

Tempat makan ini merupakan tempat makan paling terkenal dan legendaris jika ingin menikmati empal gentong. Sudah berdiri sejak tahun 1994, tempat makan ini masih menjadi favorit hingga sekaran. Jika berkunjung ke Cirebon tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat makan ini.

2. Empal Gentong Amarta

Tempat makan yang ini tak kalah legendaris. Telah beridiri sejak tahun 1997, tempat makan ini menyajikan empal gentong khas Cirebon yang lezat dan juga dagingnya yang empuk. Patut untuk dicoba jika anda datang ke Cirebon.

3. Empal Gentong Bu Darma

Tempat makan empal gentong ini sudah diwariskan turun temurun. Tempat makan ini telah berdiri sejak tahun 1980 dan hanya ada satu di Cirebon. Tempat makan ini tak memiliki cabang di daerah lain, jadi sudah pasti resepnya pun tidak berubah sejak dahulu hingga sekarang.

Resep empal gentong

Setelah mengetahui bagaimana sejarah serta rekomendasi tempat makan empal gentong di Cirebon, maka anda juga tak boleh kelewatan untuk mengetahui resep empal gentong. Memasak empal gentong sebenarnya mudah, kurang lebih sama seperti memasak gulai. Akan tetapi membutuhkan kesabaran.

Sebab, proses memasak empal biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama agar membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan menambah cita rasa agar makin enak. Oleh sebab itu, berikut ini akan kami sajikan resep empal gentong yang dapat anda coba di rumah:

Empal gentong khas Cirebon

Bahan-bahan empal gentong khas Cirebon

Bahan utama
- 250 gr daging sapi+lemak+tetelan
- 65 ml santan instan (500 ml santan biasa)
- 1 liter air

Bahan rebus daging
- 250 gr daging sapi campur lemak+tetelan
- 1/2 liter air
- 3 cm jahe (digeprek)

Bumbu yang dihaluskan
- 8 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 5 cm kunyit (bakar)
- 1 cm buah pala
- 4 buah kemiri (sangrai)
- 1/2 sdt ketumbar (sangrai)
- 1 sdm garam
- 1 sdm kaldu bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- minyak secukupnya untuk memudahkan penghaluskan bumbu

Bumbu cemplung
- 3 cm lengkuas (geprek)
- 3 cm jahe (geprek)
- 2 buah kapulaga
- 1 batang sereh (geprek)
- 3 buang cengkeh
- 4 cm kayu manis
- 2 buah daun salam

Cara membuat empal gentong khas Cirebon

1. Langkah pertama adalah rebus 1/2 liter air kemudian masak jahe yang telah digeprek bersama dengan daging. Rebus daging hingga empuk. Proses perebusan ini mungkin akan memakan waktu yang sedikit lama, sebab anda harus benar-benar memastikan daging telah benar-benar empuk agar makin menambah cita rasa empal.
2. Setelah empuk angkat daging kemudian potong kecil-kecil, sesuaikan dengan selera lalu sisihkan.
3. Kemudian masak rebus 1 liter air, setelah mendidih, tambahkan daging yang telah dipotong kecil-kecil. Lalu masak hingga mendidih.
4. Sembari menunggu, anda bisa mulai menghaluskan bumbu halus (bahannya telah tertera di atas). Haluskan menggunakan blender.

5. Setelah itu, tumis bumbu halus yang telah dibuat. Tumis hingga matang atau harum dan berubah warna. Jangan lupa tambahkan daun salam, lengkuas, serai, jahe, kapulaga, kayu manis dan cengkis. Kemudian aduk kembali hingga tercampur rata.
6. Kemudian, masukkan bumbu tersebut ke dalam rebusan daging. Aduk-aduk, kemudian tambahkan kaldu bubuk, garam, gula merah, lada bubuk lalu aduk hingga semuanya tercampur rata.
7. Setelah itu tambahkan santan. Aduk terus agar santan tidak pecah, masak terus hingga mendidih.
8. Setelah mendidih dan daging sudah benar-benar empuk, kecilkan api lalu tutup panci dan masak hingga kurang lebih 30 menit.
9. Lalu aduk-aduk dan matikan kompor. Ambil empal gentong ke mangkuk kemudian empal gentong siap disajikan.

Demikian adalah sedikit sejarah, hal menarik serta resep empal gentong yang mudah untuk anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda. (bbi)

Topik Terkait