img_title
Foto : Instagram/@yenscooking28

IntipSelebCara membuat martabak telur sangatlah mudah. Panganan yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Adakah yang datang ke rumah kekasihnya sambil membawa martabak telur spesial? Wah, kalau iya, kamu boleh menyimak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat martabak telur.

Sesekali jangan beli, anda bisa membuatnya sendiri agar makanan tersebut lebih berkesan dan juga memiliki nilai. Siapa tahu, martabak telur yang anda buat dapat mencuri hati calon mertua anda. Biasanya martabak telur banyak dijual saat malam hari bersamaan dengan martabak manis.

Martabak telur, biasanya menggunakan telur ayam maupun telur bebek. Tergantung kesukaan masing-masing. Selain itu, kulit martabaknya pun khusus dan bisa dipipihkan hingga lebar sebelum digoreng dan akan sangat garing ketika sudah matang.

Pada dasarnya, cara membuat martabak telur sangat simpel. Bahan yang digunakan pun mudah dijumpai dan tergolong memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Lantas bagaimana cara membuat martabak telur yang mudah?

Simak beberapa resep di bawah ini yang akan memberikan informasi tentang cara membuat martabak telur yang mudah dan tentunya enak. Mulai dari martabak telur dengan kulit buatan sendiri hingga martabak telur rumahan yang menggunakan kulit lumpia.

1. Resep martabak telur dengan kulit martabak buatan sendiri

Bahan kulit martabak :

- 150gr tepung terigu protein tinggi seperti cakra kembar
- 75ml air
- 1.5 sdm minyak goreng
- 1 sdt garam

Bahan isi martabak :
- 75gr daging sapi giling atau daging ayam giling
- 1 buah bawang bombay
- 4 butir telur
- 3 batang daun bawang
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya

Bahan acar :

- 1 buah timun (buang bijinya)
- 1/2 buah wortel
- 3 siung bawang merah
- 15-20 cabe rawit hijau
- 1 buah jeruk nipis, diperas (sebagai pengganti cuka)
- 100ml air hangat
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat martabak telur:

1. Langkah pertama membuat martabak telur adalah membuat kulitnya. Campurkan tepung terigu, garam, minyak goreng lalu aduk. Kemudian barulah tambahkan air sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga tercampur rata. Uleni hingga kalis.
2. Setelah itu, bagi adonan menjadi dua adonan, kemudian rendam di dalam minyak goreng dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
3. Sembari mendiamkan adonan, anda bisa mulai membuat isian martabak. Langkah selanjutnya adalah dengan menumis bawang bombay yang telah dipotong dadu, kemudian setelah setengah layu, tambahkan daging, garam, dan merici aduk hingga rata. Masak hingga matang.
4. Selanjutnya adalah tuang 2 butir telur ke wadah, kemudian tambahkan garam lalu kocok hingga tercampur rata. Barulah ditambahkan daun bawang yang telah dipotong serrta daging yang telah ditumis sebelumnya. Aduk hingga rata.

5. Selanjutnya, adonan martabak yang telah didiamkan selama satu jam, bisa dipipihkan selebar mungkin sebagaimana kulit martabak pada umumnya. Setelah selesai, panaskan teflon.
6. Letakkan kulit martabak yang telah ditipiskan ke atas teflon, lalu tambahkan isian martabak (telur yang dicampur daun bawang dan daging) ke atas kulit martabak.
7. Masak hingga martabak matang. Setelah matang, angkat, potong sesuai selera dan martabak telur siap disajikan.

2. Resep martabak telur mini lumpia rumahan

Bahan-bahan martabak telur mini
- Kulit Lumpia
- 3 butir telur
- 1/2 buah bawang bombay
- 7 siung bawang putih
- 150 gr daun bawang
- 1 sdt garam
- kaldu bubuk
- lada bubuk
- minyak goreng

Cara membuat martabak telur mini rumahan:

1. Langkah pertama adalah kocok tiga butir telur hingga berbusa
2. Kemudian panaskan minyak diteflon, dan tumis bawang bombay yang telah dipotong hingga setengah lalu. Barulah tambahkan bawang putih yang telah di iris tipis.
3. Setelah harum, barulah tambahkan telur dan diaduk seperti membuat telur orak-arik. lalu saat setengah matang, tambahkan potongan daun bawang dan aduk-aduk hingga rata.
4. jangan lupa tambahkan kaldu bubuk, garam dan lada bubuk. Aduk kembali hinga tercampur rata. Anda juga bisa koreksi rasa.
5. Angkat dan sisihkan. Barulah siapkan kulit lumpia di atas piring datar, kemudian tuang isian telur yang telah di masak ke atas kulit lumpia dan lipat membentuk kotak. Perekatnya bisa menggunakan air biasa.
6. Kemudian, goreng martabak telur lumpia hingga matang lalu angkat dan martabak telur mini lumpia, siap disajikan.

3. Resep martabak telur rumahan

Bahan martabak telur :
- 4 Lembar Kulit Lumpia
- 3 Butir Telur
- 2 Batang Daun Bawang
- 1/4 Buah Bawang Bombay
- 2 Siung Bawang Putih
- 1/2 Sdt Garam
- 1/2 Sdt Lada
- 1/2 Sdt Penyedap
- 1/2 Sdt Bubuk Kari

Cara membuat martabak telur rumahan

1. Langkah pertama adalah potong daun bawang, bawang bombay dan bawang putih kecil-kecil. Setelah itu, pecahkan 3 butir telur ke dalam wadah, tambahkan lada, garam, penyedap rasa, bubuk kari, setelah itu diaduk hingga semuanya tercampur rata.
2. Barulah tambahkan itu tambahkan bawang-bawangan yang telah dipotong ke dalam telur, aduk kembali hingga tercampur rata.
3. Selanjutnya, panaskan teflon dengan sedikit minyak kemudian tambahkan 2 lembar kulit lumpia ke teflon, lalu tambahkan adonan telur yang telah dibuat ke atas kulit lumpia. Kemudian tambahkan lagi dua lembar kulit lumpia di atasnya.
4. Jangan buru-buru dibalik, biarkan dimasak sejenak hingga bagian bawahnya setengah kering agar mudah dibalik. Tambahkan minyak ke atas martabak yang sedang dimasak agar martabak tidak terlalu kering.
5. Setelah setengah kering, balik martabak dan masak hingga bagian sisi yang lain martabak matang. Setelah matang, angkat dan potong-potong sesuai dengan selera. Martabak siap disajikan.

Resep acar martabak telur (bonus)

Martabak tentunya tak lengkap jika tanpa acar. Oleh sebab itu, berikut ini adalah resep acar martabak telur yang paling simpel dan tidak memerlukan cuka. Berikut ini adalah resepnya:

Bahan acar :

- 1 buah timun (buang bijinya)
- 1/2 buah wortel
- 3 siung bawang merah
- 15-20 cabe rawit hijau
- 1 buah jeruk nipis, diperas (sebagai pengganti cuka)
- 100ml air hangat
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat acar martabak telur

1. Langkah pertama membuat acara adalah tuang air hangat ke dalam mangkuk, perasan jeruk nipis (pengganti cuka), gula, garam, lalu aduk hingga gula dan garam larut.
2. Setelah itu tambahkan potongan timun, wortel, cabai utuh, potongan bawang merah lalu aduk hingga rata.

Demikian adalah tiga cara membuat martabak telur yang mudah dan juga enak. Semoga resep serta cara membuat martabak telur di atas dapat menjadi ide memasak bagi anda serta membantu anda yang ingin mencoba membuat martabak telur sendiri di rumah. (bbi)

Topik Terkait