img_title
Foto : Instagram/@isnaillailaparamasari

IntipSelebCara membuat tempe cukup sederhana dan dapat anda lakukan di rumah. Tempe sendiri merupakan panganan yang berbahan dasar utama kedelai. Banyak sekali makanan yang dapat buat dari tempe, misalnya saja tempe goreng, tempe orek hingga kripik tempe.

Makanan yang satu ini memang dikenal menjadi salah satu makanan favorit dan juga sehat, tak jarang pula jika banyak orang yang diet akan lebih memiliki mengonsumsi tempe karena sehat dan tidak berisi kalori yang tinggi. Sehingga sangat cocok untuk menjadi makanan di kala sedang diet.

Mungkin selama ini jika anda ingin memasak suatu menu makanan berbahan dasar tempe, anda cenderung akan membelinya di pasar. Akan tetapi pernahkah anda terpikir untuk membuat tempe sendiri? Kalau begitu tak ada salahnya jika anda sesekali mencoba membuat tempe sendiri.

Selain beda, membuat tempe sendiri di rumah secara tidak langsung anda dapat menjamin kualitas dan kebersihannya. Lalu bagaimana cara membuat tempe sederhana di rumah? Berikut ini akan kami sajikan beberapa cara membuat tempe yang mudah untuk anda.

Gizi pada tempe

Anda pasti sudah tahu bahwa tempe adalah salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Hal ini karena tempe mengandung berbagai protein yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan dalam tubuh.

Tempe mengandung kalsium zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, Vitamin B6, dan asam folat. Jadi cocok banget, nih, untuk anda yang ingin berdiet namun juga tetap makan enak. Sebab, kini sudah banyak sekali yang mengolah tempe sedemikian rupa hingga bercita rasa top layaknya daging, namun tetap dengan kalori yang kecil sehingga tak mengganggu jadwal diet.

Cara membuat tempe

Jika anda terpikir untuk membuat tempe di rumah, maka berikut ini kami akan sajikan cara membuat tempe sederhana yang dapat anda buat di rumah. Bahannya cukup simpel dan tentunya dengan harga yang murah.

Akan tetapi, membuat tempe cukup memakan waktu yang tidak sebentar, jadi alangkah baiknya jika memang anda ingin membuat tempe sendiri di rumah, buat dengan porsi banyak sekalian agar tidak sia-sia. Simak cara membuat tempe berikut ini.

1. Cara membuat tempe rumahan

Bahan-bahan membuat tempe
- 2 kg biji kedelai
- 1/2 sdt ragi tempe

Cara membuat tempe atau langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencuci kedelai yang telah anda disiapkan dengan air mengalir, cuci hingga bersih. Kemudian, rendam kedelai yang telah dicuci bersih selama kurang lebih 5 jam dengan dalam air bersih.
2. Seleai direndam, cuci kembali kedelai hingga benar-benar bersih.
3. Setelah itu, panaskan masukkan kedelai yang telah dicuci bersih itu ke dalam panci berisi air dan rebus selama kurang lebih 30 – 45 menit. Setelah selesai, rendam kembali di dalam air bersih selama satu malam.
4. Langkah selanjutnya adalah dengan mengupas kulit ari kedelai dengan menggunakan tangan atau jika anda punya mesinnya, bisa pakai mesin. Setelah itu, cuci hingga bersih.

5. Kukus selama kurang lebih 20 menit, barulah kemudian angkat dan dinginkan sejenak sebelum akhirnya ditaburi ragi tempe dan jangan lupa untuk mengaduk kedelai yang telah ditaburi ragi hingga rata.
6. Kemudian, bungkus kedelai dengan menggunakan daun pisang atau jika tidak ada bisa menggunakan plastik. Kemudian diamkan selam kurang lebih 2 hari agar proses fermentasi menghasilkan tempe yang bagus. Saat proses fermentasi ini, letakkan bungkusan tempe di suhu ruangan normal.
7. Setelah proses fermentasi selesai, maka tempe sudah matang dan siap diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

2. Cara membuat tempe

Bahan-bahan membuat tempe
- 400 gram kacang kedelai
- 1/2 sdt ragi tempe

Cara membuat tempe atau langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat tempe adalah dengan mencuci bersih kacang kedelai dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, rendam di dalam wadah berisi air selama kurang lebih 45 menit
2. Pada proses perendaman ini, nantinya akan ada biji kedelai yang mengapung dan ada juga yang tidak. Jika mengapung, maka tadanya kualitasnya tidak baik maka anda bisa pisahkan.
3. Setelah itu cuci bersih kembali dan lakukan perendaman selama semalaman atau minimal 8 jam. Barulah setelah itu, remas-remas biji kedelai hingga kulit arinya terkelupas dan cuci bersih.
4. Kemudian tuang biji kedelai yang telah dicuci bersih ke dalam panci berisi air dan rebus selama kurang lebih 20- 60 menit.
5. Setelah siap, angkat dan saring kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.

6. Pindahkan biji kedelai ke wadah besar, kedelai yang masih panas dibiarkan sebentar hingga suhunya normal. Barulah setelah itu anda bisa mulai menaburi ragi tempe pada kedelai yang sudah kering, kemudian diaduk hingga merata.
7. Siapkan daun pisang atau plastik dan mulai taruh biji kedelai yang telah ditaburi ragi ke wadah cetakan tempe dan bungkus. Jika menggunakan plastik, jangan lupa tusuk-tusuk bagian atasnya.
8. Kemudian simpan tempe di suhu ruangan lalu tutupi dengan kain bersih, jangan sampai tempe terkena sinar matahari. Proses fermentasi ini memerlukan waktu kurang lebih selama 2-3 hari sebelum. Jika sudah, maka tempe sudah siap dan siap untuk diolah menjadi makanan kesukaan anda.

Cara membuat tempe bacem (bonus)

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat tempe, berikut ini akan kami sajikan salah satu olahan tempe yang enak dan sayang jika tak anda coba, apalagi kalau bukan tempe bacem. Berikut ini adalah resepnya:

Bahan-bahan tempe bacem
- 2 papan tempe
- 3 sdm ketumbar
- 3 butir kemiri
- 3 biji asam jawa
- 4 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah

- 2 lembar daun salam
- 4 cm lengkuas
- 1 biji gula merah
- 5 sdm kecap manis
- 1 sdt garam
- 1 liter air

Cara membuat tempe bacem

1. Langkah pertama adalah potong tempe dengan ukuran agak tebal, jangan terlalu tipis kemudian sisihkan.
2. Kemudian haluskan kemiri dan ketumbar yang telah dihaluskan, tambahkan garam, bawang putih dan bawang merah kemudian kemudian haluskan kembali hingga rata. Anda bisa menghaluskannya dengan blender maupun manual dengan cobek.
3. Langkah selanjutnya adalah iris gula merah, kemudian tumis bumbu halus yang telah anda buat. Maska hingga harum dan matang, kemudian barulah masukan daun salam, lengkuas, gula merah dan asam jawa

4. Jangan lupa untuk menambahkan air kemudian aduk dan masak sampai mendidih.
5. Setelah, baru masukan tempe yang telah anda potong, kecap lalu tutup atau ungkep, masak kembali hingga matang.
6. Setelah air rebusan tempe mulai surut dan bumbu meresap ke dalam tempe, angkat.
7. Kemudian, goreng tempe bacem hingga matang, angkat dan tempe bacem siap untuk disajikan.

Demikian adalah cara membuat tempe yang bisa anda lakukan beserta resep dan cara membuat tempe bacem. Semoga informasi di atas dapat menjadi sumber informasi dan pengetahuan yang bermamfaat untuk anda.

Serta dapat menjadi ide bagi anda untuk memasak di rumah atau mencoba pengalaman baru dengan membuat tempe sendiri di rumah. (nes)

Topik Terkait