img_title
Foto : Pinterest/eresep.com

IntipSelebMakanan khas Surabaya ada banyak ragamnya. Selain dikenal sebagai negara yang memiliki beragam budaya dan suku, Indonesia juga memiliki beragam kuliner yang khas di tiap daerahnya.

Semua makanan tersebut biasanya memiliki cita rasa yang sesuai dengan selera masing-masing daerah, misalnya saja jika di daerah Jawa, maka cenderung anda akan banyak menemui makanan yang manis. Lantas bagaimana dengan di Surabaya?

Jika anda sedang berada di Surabaya, tentunya tidak akan lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Surabaya. Sebab, beberapa makanan khas Surabaya mungkin hanya bisa ditemui di tempat asalnya saja. Selain itu, menikmati makanan khas suatu tempat akan terasa makin nikmat apabila dinikmati di tempat asalnya langsung.

Lantas apa saja makanan khas Surabaya yang populer? Berikut ini akan kami sajikan beberapa jenis makanan khas Surabaya yang patut anda coba apabila sedang mengunjungi Kota bersimbol Buaya dan Hiu itu.

1. Rujak cingur

Pinterest/Widya
Foto : Pinterest/Widya

Makanan khas Surabaya yang cukup terkenal adalah rujak cingur. Makanan ini berbahan dari dari potongan cingur atau hidung sapi yang telah direbus hingga dagingnya benar-benar empuk. Kemudian, cingur itu akan ditambah sayur yang telah direbus serta irisan lontong.

Mirip dengan pecel, rujak pecel juga biasanya diguyur dengan bumbu kacang dan juga petis khas Jawa Timur. Apabila anda berkunjung ke Surabaya, maka anda tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini. Di Surabaya pun pedagang rujak cingur bertebaran dimana-mana, jadi cukup mudah dan pastinya memiliki sensasi yang lain ketika anda menikmatinya langsung di Kota Surabaya.

2. Pecel semanggi

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Makanan khas Surabaya selanjutnya da pecel semanggi. Makanan yang satu ini juga kurang lebih mirip dengan rujak cingur karena terdiri dari sayur-sayuran dan disiram dengan bumbu kacang, akan tetapi ada yang membedakannya.

Pecel semanggi berbahan dasar dari sejenis tanaman paku yang dikukus dan dicampur dengan daun pepaya dan juga tauge yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang bercita rasa gurih, manis serta pedas. Wah, makanan yang terdiri sayuran ini cocok untuk yang sedang diet namun juga ingin makan makanan enak. Jadi wajib coba apabila anda datang ke Surabaya.

3. Tahu tek

Pinterest/resepkoki.id
Foto : Pinterest/resepkoki.id

Tahu tek merupakan makanan khas Surabaya selanjutnya yang patut anda coba. Tahu tek merupakan makanan yang terdiri dari lontong yang dipotong-potong, kemudian ditambah dengan campuran tahu goreng serta diberi saus petis sebagai pelengkapnya.

Biasanya, sambal petis ini terbuat dari rebusan ikan atau pun udang yang kemudian dicampur dengan rempah-rempah hingga bertekstur kental seperti saus. Ada yang tahu kenapa nama makanan ini dinamakan tahu tek? Penamaan tahu tek ini karena berawal, para pedagang yang menjajakan panganan ini, menjual dengan cara keliling.

Kemudian ketika pedagang itu memotong tahu dan lontong dengan menggunakan gunting, maka terdengar suara 'tek, tek, tek'. Hal ini lah yang kemudian membuat panganan ini dikenal dengan nama tahu tek.

4. Sego sambel

Pinterest/Du
Foto : Pinterest/Du

Makanan khas Surabaya berikutnya ada sego sambel. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, sego sambel berarti adalah nasi sambel. Pasti sudah kebayang bukan, panganan ini pasti berpoin pada nasi dan juga sambal yang pedas namun bikin nagih. Yap, betul sekali.

Sego sambel ini adalah hidangan yang menyajikan nasi putih hangat yang dilengkapi dengan lauk iwak pe atau ikan pari asap yang memiliki cita rasa khas, dan tentunya sambal yang bikin nagih. Meskipun namanya sego sambel, tapi ada juga pilihan lauk lainnya yang bisa anda nikmati.

Wah, dijamin, menikmati seporsi sego sambel di Kota Surabaya langsung, akan terasa sangat nikmat dan mungkin saja anda akan rindu untuk makan makanan yang satu ini lagi jika seusai berlibur dari Surbaya.

5. Sate karak

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Jika anda penggemar sate dan jeroan, wah, sudah pasti, anda akan sangat menyukai makanan khas Surabaya yang satu ini. Sate karak adalah sate yang berbahan utama dari jeroan sapi yakni usus yang kemudian diberi bumbu spesial yang pastinya enak.

Meskipun berbahan dasar jeroan sapi, tapi satu tusuk sate karak akan diselingi dengan daging sapi. Seporsi sate karak cukup banyak, jadi dijamin anda akan puas dan kenyang. Dan yang membuat hingan ini semakin unik, adalah makanan pendampingnya.

Jika biasanya anda menikmati seporsi sate lengkap dengan nasi putih, maka anda akan menikmati sate karak dengan ketan hitam. Jangan takut merasa aneh, perpaduan antara ketan hitam dengan sate karak sudah pastijuara!

6. Lontong balap

Pinterest/Widya
Foto : Pinterest/Widya

Makanan khas Surabaya selanjutnya ada lontong balap. Makanan ini adalah sajian yang berbahan dasar dari potongan lontong, tahu goreng, lentho atau perkedel kacang hijau, rebusan tauge yang kemudian disiram dengan kuah bercita rasa manis dan juga gurih.

Akan semakin enak jika anda menikmati lontong balap dengan sambel petis khas Surabaya. Tahukah anda kenapa makanan ini diberi nama lontong balap? Kabarnya, asal mula penamaan lontong balap ini adalah dari penjualnya yang selalu berlari ketika memikul dagangannya yang berat. Hal ini lantas terlihat seperti sedang balapan, maka dari itu diberi nama lontong balap.

7. Sate klopo

Pinterest/eresep.com
Foto : Pinterest/eresep.com

Selanjutnya ada sate klopo. Sate klopo adalah makanan khas Surabaya selanjutnya yang patut anda coba. Klopo jika diartikan ke bahasa Indonesia maka artinya adalah kelapa. Penamaan sate klopo tak lepas dari proses pembuatannya.

Makanan ini berbahan utama dari daging sapi dan lemak yang kemudian dibungkus dengan olahan kelapa lalu dibakar. Dijamin, anda tidak akan bisa menemukan cita rasa yang unik dan khas dari sate klopo ini. Aroma yang dihasilkan dari daging sate yang dibakar bersama dengan kelapa, akan menimbulkan wangi yang mampu membuat perut anda keroncongan.

Biasanya, sate klopo akan dinikmati bersama dengan lontong maupun nasi. Jika anda datang ke Surabaya, maka jangan heran jika menemukan banyak warung sate klopo yang selalu ramai. Sebab rasanya memang enak sehingga banyak orang yang tidak segan untuk mengantre dan menikmati sajian yang satu ini.

8. Rawon

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Rasanya, rawon sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ternyata, rawon merupakan salah satu makanan khas dari Surabaya, Jawa Timur yang pastinya wajib anda coba. Rawon umumnya terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek.

Jika anda kadang berpikir kenapa kuah rawon berwarna hitam, itu berasal dari biji buah kluwek yang menghasilkan warna hitam. Biasanya dalam semangkuk rawon akan dilengkapi dengan tauge, timun dan juga sambal yang tentunya walaupun pedas, bisa membuat anda ketagihan untuk memakan lagi dan lagi.

Demikian adalah makanan khas Surabaya yang populer. Makanan khas Surabaya di atas dapat menjadi referensi bagi anda jika sedang berkunjung ke Surabaya. Semoga informasi terkait makanan khas Surabaya di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Topik Terkait