img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Tak hanya bahasa Indonesia dan Inggris saja, berbagai macam budaya di Tanah Air membuat banyak bahasa dan perbedaan di dalamnya. Namun, siapa yang tidak tahu dengan budaya Jawa? Hampir semua orang paham dan mengerti tentang hal ini. Lantas seringlah kalian menggunakan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa saat sedang sedih dan terpuruk?

Daripada kamu murung terus, IntipSeleb punya kumpulan beberapa kata bijak bahasa Jawa yang inspiratif dan bisa jadi pedoman hidup untuk kamu ke depannya. Yang namanya hidup pasti nggak akan selalu mulus. Kadang kita merasa bahagia akan keadaan, kadang juga kita merasa kecewa atas apa yang terjadi. Banyak yang nggak menyadari bahwa kegagalan dan kekecewaan yang kita alami merupakan sebuah pelajaran hidup supaya kita bisa lebih baik lagi di masa depan.

Suku Jawa terkenal atas keramahan dan sifat pekerja keras yang diajarkan secara turun-temurun oleh para nenek moyang. Itulah kenapa banyak orang yang mencari jodoh orang Jawa, geng. Nggak cuma sifat orang Jawa saja, filosofi hidup orang Jawa yang sederhana namun bermakna juga jadi panutan bagi orang dari segala suku. Makna yang dikandung bakal menuntun kamu menjadi manusia yang lebih baik. 

Kata kata bijak tak hanya bisa diungkapkan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris saja, namun juga ke dalam Bahasa Jawa. Ada ragam kata-kata Jawa bijak yang mungkin bisa menjadi inspirasi.Keragaman budaya, suku dan ras di Indonesia menjadikannya sebagai negara dengan ragam bahasa terbanyak di dunia. Salah satunya budaya Jawa, yang begitu terkenal dan sangat mendominasi di Indonesia Raya ini. Budaya Jawa menempati populasi terbesar di Tanah Air, bahkan hampir seluruh daerah tersebar orang-orang Jawa.

Oleh sebab itu, kepopuleran Bahasa Jawa menyebar hampir ke seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara seperti Suriname, sebuah negara kecil di Amerika Selatan.

Menurut ahli Bahasa Jawa dan Budaya, Sry Satriya Tjatur Wisnu Sasangka, "unggah-ungguh" bahasa Jawa dapat dibedakan menjadi dua yaitu bentuk ngoko (ragam ngoko) dan krama (ragam krama). Ragam ngoko tersebut terdiri dari ngoko lugu dan ngoko alus. Sedangkan ragam krama terdiri dari krama lugu dan krama alus. Keempat tingkatan bahasa ini dibedakan sesuai dengan usia hingga jabatan si lawan bicaranya.

kehalusannya dalam bertutur kata, suku Jawa juga memiliki kata-kata bijak Bahasa Jawa yang penuh kiasan dan makna mendalam. Kalian bisa menggunakan kata-kata Jawa bijak ini untuk mengajarkan motivasi hingga menasihati anak. Tentunya ada banyak hal positif yang dapat dipetik dari kata-kata bijak Bahasa Jawa tersebut.

Bahasa Jawa jadi salah satu bahasa daerah yang mempunyai banyak penutur. Sebagai bahasa daerah, bahasa Jawa tergolong cukup populer di kalangan masyarakat umum. Terbukti, belakangan bahasa Jawa muncul dalam berbagai karya populer, seperti film dan lagu. 

Topik Terkait