img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Kebanyakan orang selalu saja menyempatkan sarapan pagi sebelum mengawali aktivitas sehari-harinya. Menu sarapan pagi orang Indonesia, kebanyakan selalu diisi dengan makanan-makanan simpel namun memiliki gizi tinggi dan sudah pasti mengenyangkan.

Sarapan sudah menjadi kebutuhan utama sehari-hari. Sebelum bekerja, sebelum sekolah, setiap pagi kita akan konsumsi makanan tertentu yang mengenyangkan sehingga bisa menjalani aktivitas sampai siang hari. Sebelum heboh berbagai menu sarapan dari luar negeri, ada berbagai menu sarapan khas Indonesia yang turun temurun selalu jadi kesukaan masyarakat kita.

Menu Sarapan pagi memperhatikan menu sarapan pagi menjadi hal yang penting. Dengan makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang, maka Anda bisa mendapatkan manfaat dari sarapan pagi. Memperhatikan menu sarapan pagi menjadi hal yang penting. Dengan makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang, maka Anda bisa mendapatkan manfaat dari sarapan pagi.

Sebelum beraktivitas di pagi hari, tentu kita perlu sarapan. Namun, jangan asal pilih menu sarapan pagi karena ternyata bisa memengaruhi mood kita dalam menjalani kegiatan sepanjang hari, lho.

Sebagian orang kerap melewatkan sarapan pagi dengan alasan terburu-buru atau tidak terbiasa menyantap sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong, kamu juga butuh “bahan bakar” layaknya mobil. Sarapan pagi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam beraktivitas.

Berbagai aktivitas kerap membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi untuk menyelesaikannya. Selain itu, sarapan pagi juga bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi mencerminkan gangguan kardiovaskular dan peningkatan obesitas. Sarapan pagi juga dapat membuat tubuh terhindar dari kolestrol karena mampu mendorong produksi enzim.

Jika asupan yang masuk ke dalam tubuh teratur dan pemenuhan gizi diperhatikan, maka kerja organ tidak akan terlalu keras. Kemudian sistem pencernaan akan tertata dengan baik dan meminimalisasi penyerangan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan rutinitas melakukan sarapan disetiap pagi, setidaknya perut akan sedikit terisi sebelum akhirnya makan siang. Kebanyakan orang yang tidak melakukan sarapan di pagi harinya, mereka rata-rata terkena penyakit maag. Manfaat sarapan pagi juga banyak bagi tubuh manusia diantaranya yaitu bisa menyeimbangkan energi dan imun tubuh kita pada saat akan melakukan sejumlah aktivitas di luar sana.

Selain baik bagi kesehatan, sarapan pagi juga merupakan cara terbaik untuk membuat pikiran kita akan lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu nantinya, karena dengan perut kosong kita akan sedikit kesusahan berfikir dan hilang fokus.

Langsung saja kali ini IntipSeleb akan merekomendasikan 10 menu sarapan pagi yang sering dijadikan andalan orang Indonesia dan memiliki gizi yang sangat tinggi, chek it out!

1. Nasi Goreng

Orang Indonesia memang akrab dengan berbagai olahan nasi sebagai menu sarapan pagi. Nasi goreng bisa menjadi salah satu menu sarapan pagi yang sehat selama memenuhi persyaratan gizi.

Kalian bisa menambahkan berbagai bahan pelengkap sesuai dengan selera untuk memenuhi kebutuhan tubuh, seperti potongan ayam dan telur. Menu sarapan pagi yang satu ini juga sudah mendunia.

Nasi goreng selalu enak dimakan kapan saja, tetapi biasanya kita akan menyantapnya di pagi hari sebagai menu sarapan. Saking terkenalnya, makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, lo. Apalagi dalam membuat nasi goreng kita bebas menambahkan bahan pelengkap sesuai selera untuk menambah kelezatan cita rasanya.

2. Nasi Uduk

Ada sebuah pepatah nyeleneh yang mengatakan bahwa “Orang Indonesia belum makan kalau belum ketemu nasi.” Agaknya inilah yang membuat banyak menu sarapan khas Indonesia berupa nasi. Salah satunya yang populer ialah nasi uduk.

Nasi yang dimasak dengan santan membuat cita rasanya gurih ditambah dengan lauk-pauk seperti bihun, suwiran telur dadar, orek tempe, dan bakwan. Bahkan salah satu gerai fastfood sempat membuat menu nasi uduk di Indonesia.

Nasi uduk merupakan menu sarapan khas Indonesia yang cukup populer. Nasi uduk memiliki daya tariknya sendiri sebagai menu sarapan khas Indonesia.

Rasa gurih nasi yang dimasak dengan santan, bumbu rempah, dan berbagai tambahan lauk-pauk membuat cita rasa nasi uduk tak tertandingi. Kamu bisa memilih tambahan lauk-pauk, seperti telur dadar, ayam goreng, bihun, tempe, dan aneka gorengan.

3. Bubur Ayam

Makanan yang satu ini menjadi menu ringan pengganjal perut yang cocok untuk pencernaan. Kalian tidak akan kesulitan untuk mencari bubur ayam sebagai menu sarapan karena makanan yang satu ini mudah ditemui di sekitar lingkungan rumah.

Bubur ayam hadir dengan rasa yang nikmat dan harga relatif murah. Meski tergolong sebagai menu sarapan yang tidak ideal, kita bisa menambahkan sumber protein seperti telur sebagai pelengkap bubur ayam. Dengan begitu bubur ayam dapat menjadi menu sarapan yang ideal dan penuh nutrisi.

Bubur merupakan salah satu menu sarapan yang cukup populer di Indonesia. Dari tua, muda, hingga anak-anak menyukainya. Selain bubur kuah kuning di Jawa, ada pula bubur tinutuan khas Manado yang menjadi menu sarapan favorit di sana.

4. Lontong Sayur

Selain bubur, satu lagi menu sarapan yang populer di berbagai daerah di Indonesia ialah lontong sayur. Uniknya, meski bahan utamanya sama saja, yakni lontong atau ketupat, untuk sayurnya bisa berbeda di setiap daerah dengan ciri khas tersendiri.

Misalnya di lontong sayur padang yang disajikan dengan gulai nangka dan rendang. Sedangkan lontong sayur betawi, disajikan dengan sayur labu siam dan semur tahu, lontong medan, dan lain-lain.

Selain bubur ayam, lontong sayur juga menjadi menu sarapan pagi yang populer di berbagai penjuru tanah air. Lontong atau ketupat menjadi bahan utama dalam pembuatannya.

Selain itu, lontong sayur dapat menjadi menu sarapan yang ideal. Namun, kalian tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lontong sayur setiap hari karena mengandung santan, minyak, dan karbohidrat yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat membuat proses pembakaran energi menjadi terhambat.

5. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi ide sarapan pagi yang mudah, praktis, dan menyehatkan. Oatmeal sebagai menu sarapan pagi dapat menjadi makanan pembangkit energi bernutrisi.

Campurkan oatmeal dengan susu sebagai pengganti air untuk meningkatkan kandungan protein. Kalian bisa membuat oatmeal dengan tambahan sirup, madu, dan potongan buah-buahan favorit.

Mengonsumsi semangkuk bubur oatmeal dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tergolong cukup tinggi. Oatmeal yang kaya akan vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium cocok menjadi menu sarapan pagi keluarga.

7. Salad

Siapa bilang membuat salad itu repot? Salad menjadi menu sarapan pagi yang mudah untuk dibuat karena kalian hanya perlu menggunakan beberapa bahan segar. Kamu bisa memilih sayuran favorit dan mencucinya hingga bersih.

Setelah itu, tambahkan kentang rebus atau tomat dan beri ekstra telur sebagai saus salad alami yang menggugah selera. Kalian juga bisa mempertimbangkan penggunaan berbagai kombinasi jenis sayuran yang berbeda setiap harinya.

Saat menjadikan salad sebagai menu sarapan, kamu perlu memastikan kandungan gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Seseorang dapat menjalani aktivitas sehari-hari secara optimal dengan mengonsumsi sarapan pagi yang cukup.

8. Telur Omlette

Pilihan menu sarapan pagi selanjutnya yaitu telur. Makanan ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan nutrisi lain yang cukup lengkap.

Sudah banyak studi yang menyebutkan manfaat telur. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan telur merupakan menu sarapan yang terbaik, karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Konsumsi telur saat sarapan bisa mengurangi keinginan untuk mencicipi makanan berkalori tinggi di siang hari. Anda bisa mengkonsumsi telur dalam berbagai olahan seperti scramble egg, telur goreng, atau telur rebus.

Topik Terkait