img_title
Foto : Www.freepik.com/dashu83

IntipSelebManfaat lemon sangat lah beragam bagi kesehatan tubuh. Buah berwarna kuning cerah ini memiliki nama latin Citrus limon. Lemon masih termasuk dalam keluarga jeruk. Buah yang satu ini, merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh di iklim tropis dan subtropis.

Oleh karena itu, di Indonesia sendiri tanaman yang satu ini sangat mudah untuk tumbuh. Maka jangan heran jika anda bisa dengan mudah menemui buah lemon di mana pun. Jika anda berniat untuk menanam buah lemon langsung dari bijinya, maka akan memerlukan waktu kurang lebih 5 tahun agar bisa berbuah.

Akan tetapi, anda tentunya bisa mencoba teknik penanaman lain jika ingin segera memanem buah lemon langsung dari pohonnya, misalnya dengan teknik stek. Ciri-ciri buah lemon adalah memiliki kulit tebal berwarna kuning cerah, daging buahnya berwarna kuning pucat, memiliki bulir seperti buah jeruk, berair dan juga memiliki aroma khas yang menyegarkan.

Anda tentu tahu jika buah pastilah sehat bagi kesehatan, lantas tahukah anda apa saja manfaat buah lemon untuk kesehatan? Berikut ini akan kami rangkum dan sajikan manfaat lemon yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lemon yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Di masa pandemi seperti ini, memiliki daya tahan tubuh yang baik sangatlah diperlukan. Sebab, jika tidak memiliki saya tahan tubuh yang baik, maka tubuh akan mudah sekali terserang berbagai macam penyakit.

Alasan buah lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah karena buah lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C berguna untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh sehingga kebal dari berbagai macam penyakit.

Namun tak hanya sampai di sana saja, antioksidan juga dapat berguna untuk menangkal radikal berbahaya di dalam tubuh. Tak tanggung-tanggung, bahkan manfaat lemon lainnya yakni disebut mampu untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker yang ada di dalam tubuh.

2. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat lemon selanjutnya adalah dapat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan, vitamin serta serat yang dapat berguna untuk menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol, serta mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Hal ini yang kemudian membuat lemon dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko bagi seseorang terkena penyakit kardiovaskuler seperti misalnya saja jantung atau pun struk.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda mulai melirik buah yang satu ini dan mulai memanfaatkannya untuk kesehatan tubuh. Semakin bertambahnya usia, pasti tubuh mulai rentan terkena penyakit jadi anda harus pintar-pintar menjaganya.

3. Mencegah batu ginjal

Selanjutnya, manfaat lemon yang tak kalah baik untuk tubuh adalah dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena kandungan asam sitrat di dalam buah lemon, mampu untuk meningkatkan volume serta nilai pH urine, sehingga berpengaruh dengan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Namun ternyata tak hanya mencegah saja, jika di tubuh anda tanpa sadar terdapat batu ginjal, lemon juga disebut-sebut ampuh untuk memecah batu ginjal agar menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga akan ikut terbawa urine saat anda buang air kecil. Wah, jadi tidak ada salahnya ya jika anda mulai mengonsumsi buah lemon.

Karena rasanya asam, maka anda bisa juga mencampurnya dengan teh serta madu, jadi tak hanya khasiat lemon saja yang anda rasakan, tapi teh serta madu pun ikut serta.

4. Menyehatkan pencernaan

Siapa di sini yang sering kali menghadapi masalah sembelit? Wah, seperti anda harus rajin mengonsumsi buah lemon. Sebab, manfaat lemon adalah dapat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan salah satunya adalah mencegah anda terkena sembelit.

Pastinya jika sedang sembelit, perut akan terasa tidak nyaman karena kembung dan tampak membuncit karena ada zat sisa yang tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu, serat di dalam buah lemon dapat berguna untuk memperlambat proses pencernaan karbohidrat serta mencegah kenaikan gula darah secara drastis.

Jadi selain para pasien sembelit, seseorang yang memiliki riwayat diabetes pun cukup disarankan untuk mengonsumsi buah yang satu ini agar dapat mengontrol atau menjaga kadar gula darah di dalam tubuh anda.

5. Menjaga kesehatan kulit

Anda tentu menyadari jika banyak produk kecantikan atau skincare, sering kali menonjolkan poin utama mereka yakni kandungan vitamin C-nya. Hal ini karena vitamin C selain dapat meningkatkan kekebalan imun, namun juga dapat membuat kulit anda lebih sehat.

Vitamin C umumnya dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga berguna untuk membuat kulit tetap kenyal, mengurangi tanda penuaan dini, garis halus dan mengencangkan kulit. Tentunya, sebagai buah jeruk, lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik jika anda manfaatkan untuk kesehatan kulit.

6. Mengontrol berat badan

Adakah di sini yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan alias diet? Jika ada, maka anda bisa memanfaatkan air lemon untuk membantu anda menjaga berat badan anda.

Manfaat lemon lainnya ialah mampu untuk mengontrol berat badan karena mengandung serat, sehingga akan menimbulkan efek kenyang yang lebih lama bagi tubuh. Jika tubuh merasa kenyang, tentunya anda tidak akan sering makan atau nyemil, hal ini lah yang akan membuat anda mengontrol berat badan karena pola makan anda akan teratur.

Anda bisa menjadikan buah lemon menjadi infused water dan meminumnya selama menjalani program diet. Namun jangan lupa, anda juga perlu berolahraga agar lebih efektif. Atau anda juga bisa membuat minuman dari campuran air lemon dan juga kayu manis, dua kombinasi ini dipercaya dapat berguna untuk menurunkan berat badan tubuh.

7. Mencegah anemia

Manfaat lemon selanjutnya adalah mampu untuk mengatasi anemia. Anemia merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, olah sebab itu produktivitas sel darah merah akan berkurang.

Anemia ditandai dengan rasa mudah lemas dan lelah pada para penderitanya, hal ini disebabkan karena asupan oksigen tidak tercukupi bagi tubuh. Selanjutnya, jika anda sebelumnya dalam posisi duduk kemudian berdiri, biasanya pada penderita anemia akan merasakan gelap sesaat atau berkunang-kunang.

Namun tak perlu khawatir, buah lemon mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, sehingga anda akan tercegah dari mengalami anemia.

8. Mencegah dehidrasi

Ketika anda memakan buah lemon, buah ini sangatlah berair, sehingga dapat berguna untuk mencegah anda terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika anda memang tipe orang yang mudah merasa haus atau kehilangan cairan, maka manfaat lemon ini sangat baik untuk anda.

Jika anda tidur dan terbangun di tengah malam karena rasa haus, anda bisa mulai rutin untuk mengonsumsi air lemon hangat sebelum tidur agar tubuh tetap terhidrasi sehingga menghindari anda kekurangan cairan.

Demikian adalah sederet manfaat lemon bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki segudang manfaat, anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi buah lemon secara berlebihan.

Atau jika yang memiliki penyakit mag, ada baiknya tidak mengonsumsi buah lemon disaat perut sedang kosong, sebab dikhawatirkan justru akan membuat reaksi sehingga membuat perut menjadi perih atau panas. Semoga informasi terkait manfaat lemon berguna serta menambah pengetahuan untuk anda.

Topik Terkait