img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Tak banyak yang tahu jika manfaat minum air hangat pada saat berbuka puasa memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Usai berpuasa, kita pasti merasa letih dan dehidrasi karena tidak minum seharian.

Tubuh memiliki kandungan air lebih dari 70 persen, sehingga konsumsi air akan membantu kinerja organ dalam tubuh. Mungkin banyak di antara kamu yang sudah mengetahui manfaat air mineral bagi tubuh, jika mengonsumsinya dengan cukup setiap hari. Mulai dari mencegah dehidrasi, hingga meningkatkan kesehatan bagi tubuh secara keseluruhan. Bahkan kecantikan kulit juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi air secara cukup.

Ketika panggilan azan bergema, ada banyak orang yang akan segera mencari minuman dingin untuk menghilangkan rasa haus yang sudah tak tertahankan. Namun berbuka puasa bukan hanya soal makanan atau minuman mana yang paling enak, tetapi juga harus mempertimbangkannya dari faktor kesehatan.

Apakah Anda saat ini sudah minum air hangat? Banyak orang umumnya memilih untuk minum air dingin karena terasa lebih segar. Perlu Anda ketahui, bahwa dengan mengonsumsi air hangat setiap hari akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Anda akan merasakan efek positif seperti menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan gigi, hingga seluruh organ tubuh. Mengonsumsi air hangat merupakan sesuatu yang mudah dan tidak membutuhkan biaya namun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Mengonsumsi air hangat merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk semua orang. Pasalnya air merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Air juga termasuk salah satu zat yang paling mudah dicerna oleh tubuh, tanpa menimbulkan efek samping dan juga indikasi yang berbahaya.

Akan tetapi lebih dari itu, ternyata kebiasaan minum air hangat di pagi hari sangatlah memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh Anda. Karena itu biasakanlah, untuk Anda mengkonsumsi air hangat di pagi hari agar kesehatan tubuh Anda tetap selalu terjaga dengan baik.

Ya, mengonsumsi air hangat di pagi hari secara rutin membantu menurunkan berat badan dengan sangat efektif dan efisien. Dikarenakan kalori akan mudah dibakar dan membantu mengurangi kegemukan. Selain itu, minum air hangat rutin di pagi hari diklaim mampu memperbaiki sistem imunitas tubuh, agar kesehatan tidak terganggu.

Meminum air hangat, bisa menjadi cara detoksifikasi alami bagi tubuh. Meminum segelas air putih hangat setiap pagi, dapat membersihkan tubuh dari segala jenis racun yang membahayakan tubuh. Jadikan rutinitas, agar tubuh lebih sehat. Menurunkan bobot tubuh dengan air hangat, adalah resep turun-temurun yang sudah dijadikan kebiasaan oleh para orangtua dahulu. Minumlah campuran air hangat, lemon, dan madu setelah makan, untuk melancarkan pencernaan dan mengusir lemak berlebih yang ada di dalam tubuh

Minum air hangat sebelum tidur di malam hari dan setelah bangun tidur di pagi hari, ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita. Namun sayangnya, terkadang hal ini sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Jika selama ini Anda lebih suka dengan minuman dingin, ada baiknya Anda coba merasakan manfaat sehat dari minum air hangat.

Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi air putih hangat dapat membuat tubuh lebih sehat. Faktanya, air putih hangat bisa memberi jutaan manfaat lain yang membuat tubuhmu lebih bugar. Air putih hangat yang dikonsumsi tentu memberi rasa rileks pada tubuh. Bahkan, itu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti ginjal yang sehat, energi lebih banyak, hingga menurunkan kolesterol jahat

yuk langsung simak apa manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh kita pada saat berpuasa ramadhan, jangan di skip ya!

1. Mencegah Sembelit

Pinterest
Foto : Pinterest
Mengonsumsi air putih hangat pada saat buka puasa bisa membantu mencegah sembelit, yang sering terjadi karena sistem pencernaan tidak lancar. Minum segelas air hangat saat perut kosong, bisa membantu menghilangkan akumulasi limbah pada tubuh, dan membantu penyerapan nutrisi lebih cepat.

Minum air hangat saat buka puasa, membantu usus berkontraksi sehingga akan membantu mencegahnya sembelit.

2. Mencegah Dehidrasi

Pinterest
Foto : Pinterest

Pada saat puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, karena kekurangan cairan pada tubuh. Manfaat meminum air putih saat buka puasa, bisa membantu tubuh agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi air sangat diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Biasakanlah mengonsumsi air hangat, pada saat keadaan perut kosong, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah terserang penyakit.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Mengonsumsi air putih hangat saat buka puasa bisa membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan karena air putih hangat bisa menghidrasi kulit.

Air putih hangat bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan, karena air merupakan pelumas untuk membuat makanan yang dicerna ke tubuh, mengalir dengan lancar dari perut menuju ke usus.

4. Menurunkan Berat Badan

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Minum air hangat membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat tubuh mengkompensasi suhu hangat air, ia menurunkan suhu internal, dan mengaktifkan metabolisme.

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Efek ini dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

5. Kembalikan Energi Tubuh

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Jika merasa letih dan lemah setelah berpuasa, minum air hangat sangat berbuka bisa mengembalikan kembali energi. Minum air putih saat perut kosong bisa membuat tubuh langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

6. Mencegah Sakit Perut

pexels.com
Foto : pexels.com

Ketika berbuka, orang-orang cenderung makan secara berlebihan. Padahal ketika puasa, tubuh sedang menyesuaikan dengan pola makan yang baru. Makan secara berlebihan saat berbuka tentunya membuat perut akan kaget dan kesulitan memecah makanan yang dikonsumsi. Minum air hangat saat perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan perasaan kenyang dan mencegah kamu makan secara berlebihan.

7. Mencegah Masalah Kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Penyebab berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit kering yang paling umum adalah karena timbunan lemak dalam tubuh serta kulit yang dehidrasi karena kurang minum. Membiasakan diri minum air hangat dapat membantu tubuh mengurangi penumpukan lemak serta menjaga kulit agar selalu lembap. Bonusnya, sel-sel kulit jadi mudah beregenerasi, kulitmu jadi bersih, dan gak mudah keriput.

8. Mencegah Sakit Tenggorokan

Air hangat dikenal mampu membuat tenggorokan lebih nyaman dan bersih. Dampaknya kamu jadi terhindar dari berbagai penyakit seperti flu, sakit tenggorokan, serak, hidung tersumbat, dan batuk.

Cairan membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasinya lancar. Dengan sirkulasi lancar, infeksi sekunder seperti sinus bisa diantisipasi. Temperatur minuman yang hangat cenderung menenangkan bagian belakang tenggorokan. Namun ada juga orang yang lebih cocok dengan minuman dingin. Coba yang paling pas buat Anda.

Nah diatas tadi merupakan 8 manfaat untuk kita yang sering mengonsumsi air hangat pada saat berbuka puasa. Atau justru rutin di waktu lain seperti sebelum tidur dan di pagi hari, semoga bermanfaat.

Topik Terkait