img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Sejumlah makanan khas Aceh yang terkenal dan wajib dicoba saya berkunjung ke wilayah Indonesia paling ujung tersebut banyak sekali macamnya. Tak hanya Mie Aceh, beberapa kuliner dengan cita rasa yang begitu nikmat pun telah menunggu Anda saat datang ke Aceh.

Selain dikenal dengan keindahan alam dan keragaman budayanya, Indonesia juga dikenal kaya akan wisata kulinernya, lho! Salah satu surga kuliner di Nusantara adalah Aceh.

Buat kamu yang berasal dari Aceh, kira-kira, apa saja nih makanan khas Aceh yang paling kamu rekomendasikan?

Sebagai provinsi yang terletak di paling barat, Aceh menjadi pintu masuk para pedagang ke Nusantara. Pada masa prakolonial, Kerajaan Aceh merupakan pengelola perdagangan rempah di Indonesia, bersama negara-negara lainnya. Saat itu, Aceh mampu menguasai pasar rempah dunia.

Aceh juga merupakan pusat perdagangan lada dan kayu manis di Indonesia. Sehingga, kuliner-kuliner khas di Aceh didominasi oleh makanan yang berbahan dasar rempah. Berikut rekomendasi kuliner khas Aceh yang kuat akan rasa rempah-rempahan, yang pastinya mengundang selera.

Jika kalian Sedang merencanakan liburan ke Serambi Mekah? Nah, selain berjalan-jalan ada baiknya Anda dan kluarga juga tak melewatkan ragam makanan khas Aceh nan menggugah selera.

Aceh dikenal dengan kulinernya yang punya cita rasa khas dan bikin ketagihan. Bukan hanya makanan berat, sebenarnya Aceh juga punya hidangan pendamping minum teh yang nikmat. Beberapa makanan khas Aceh ini bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah restoran atau warung makan sekitar.

Menurut situs resmi Provinsi Aceh, ragam makanan khas Aceh amat sangat memanjakan lidah. Walaupun gaya hidup saat ini serba instan dan memiliki kontribusi hilangnya warisan budaya seperti kuliner. Mungkin, kalian tak lagi asing dengan mie Aceh. Namun, hidangan khas Serambi Mekah ini tak hanya mie Aceh.

Tidak hanya memiliki kekayaan adat, budaya, serta objek wisata yang memesona, Aceh juga dikenal memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Kuliner di Aceh pada umumnya dikenal memiliki cita rasa rempah yang sangat kuat. Hal ini membuat banyak orang merasa ingin menambah porsi makannya.

Makanan khas Aceh yang populer seperti Mie Aceh sudah banyak dikenal banyak orang di seantero negeri, bahkan hingga ke mancanegara.Tetapi, masih banyak lagi makanan khas Kota Serambi Makkah ini yang tidak kalah kelezatannya. Penasaran apa saja kuliner khas Aceh yang enak-enak?

Yuk langsung saja Intip makanan khas Aceh yang memiliki cita rasa nikmat dan berhasil bikin ngiler, chek it out!

1. Kuah Pliek

Ini adalah makanan khas Aceh yang paling disukai masyarakatnya terutama yang berada di daerah Timur Aceh, Aceh Pidie dan sekitarnya. Bahan utama dari kuah pliek ini adalah pliek u, yaitu sisa perahan kelapa pada pembuatan minyak kelapa bukan melalui pemanasan tetapi melalui fermentasi.

Ciri makanan khas Aceh ini adalah pencampuran berbagai sayuran yang telah dipotong kecil-kecil termasuk cabai hijau.

2. Masak Mirah

Masak mirah merupakan makanan khas Aceh yang banyak ditemukan di pesta perkawinan atau kenduri lainnya, bahkan pada hari menyambut bulan puasa atau menjelang Ramadan. Pada hari itu, masyarakat Aceh pasti akan membeli daging lembu atau kerbau yang dimasak sebagia pertanda puasa akan tiba.

Masak Mirah yang menggunakan daging sapi atau kerbau atau juga ayam kampung ini pakai bubuk cabai merah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Sehingga, warna khas masakan itu terlihat dan pasti akan menambah selera makan.

3. Mie Aceh

Siapa yang tak tau dengan mie Aceh? Makanan khas Aceh yang satu ini sudah sangat terkenal dan kamu bisa dengan mudah menemukannya di luar Aceh. Mie dengan cita rasa rempah yang kuat ini biasanya disajikan dengan dua cara, yakni digoreng dan direbus atau dengan kuah.

Bahan lain sebagai pendamping mie Aceh. Telur, daging ayam, kepiting, cumi, dan lain-lain bisa kamu sajikan bersama mie Aceh ini. Meski sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, sesekali kamu harus mampir ke Aceh untuk menyantap mie Aceh langsung dari tempat asalnya.

4. Ayam Tangkap

Ayam tangkap adalah masakan yang dibuat dari daging ayam yang dipotong kecil dan ditumbuk dengan cabai hijau serta daun kemangi. Agar aroma dari ayam tangkap ini lebih menggoda, biasanya orang Aceh akan menambahkan taburan bawang goreng di atasnya.

Rasa ayam goreng pada ayam tangkap memang tidak jauh berbeda dengan ayam goreng pada umumnya, namun bumbu cabai hijau dan daun kemangilah yang membuat ayam tangkap menjadi sangat spesial.

5. Asam Keueng

Makanan khas Aceh yang tak kalah terkenal dan paling banyak dicari dan mudah ditemui dengan cepat di warung-warung Aceh. Kuah Asam Keueng ini merupakan masakan ikan.

Biasanya orang-orang Aceh menggunaan ikan tongkol, lele atau lainnya, yang di olah dengan rasa khas Asam Keueng. Asam yang digunakan adalah asam sunti, yaitu asam yang dibuat dair buah belimbing wuluh yang sudah dikeringkan.

6. Asam Udeueng

Asam Udeueng (udang), ini biasanya dibuat seperti sambal.Udang sungai atau udang laut yang sudah direbus terlebih dahulu kemudian digiling menggunakan cabai dan menggunakan asam belimbing wuluh (boh limeng) yang masih segar.

Belimbing yang masih segar ini adalah ciri khas dari asam udeung. Biasanya menjadi menu pada saat orang Aceh berladang.

7. Kue Timpahan

Timphan adalah kue wajib menjamu tamu di Aceh. Hampir semua rumah di Aceh menyajikan makanan ini saat Lebaran.

Bahkan anggota keluarga yang pulang mudik ke rumah orang tuanya, menuntut kue itu jauh-jauh hari. Kue itu bisa tahan sepekan.

Kue berbentuk pipih lonjong dengan bungkus daun pisang muda ukurannya 2-3 kali ukuran jari orang dewasa ini memiliki tekstur lembek. Bahan utamanya tepung dan pisang serta isi dalamnya kelapa dengan gula ataupun srikaya.

8. Pengat Ikan Depik

Makanan khas Aceh lainnya adalah penganan dari ikan depik. Ikan langka dengan nama latin Rasbora Tawarensisíñini hanya hidup dan terdapat di danau laut tawar, Aceh Tengah.

Depik yang hanya berukuran sebesar telunjuk orang dewasa sering dimasak menjadi dedah depik kering, peyek depik dan pengat depik.

Pengat merupakan jenis kuliner gulai yang rasanya agak asam dan pedas. Bumbu masakannya tidak selangka ikannya, cukup bawang merah, cabai merah, kunyit dan asam sunti dan air jeruk nipis, semuanya digiling halus.

Bumbu ini tidak ditumis dengan minyak sebagaimana memasak gulai ikan lainya, tapi dicampur dengar air dan depik sekalian, jangan lupa garam secukupnya.

9. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong adalah makanan khas Aceh Besar yang selalu meramaikan perayaan Kenduri Besar di Aceh dan dimasak sekaligus dalam porsi yang sangat besar.

Dikenal juga dengan nama gulèe sie kamèng, kuliner khas Aceh ini berbahan dasar daging kambing dan nangka yang dimasak dengan bahan-bahan dan bumbu lainnya hingga menhasilkan cita rasa yang sangat kaya dan unik.

Topik Terkait