img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Segudang manfaat daun sirih merah baik untuk kesehatan, bahkan dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit yang sudah disembuhkan. Daun sirih terbagi menjadi daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya, sama-sama ampuh dan menjadi obat mujarab bagi penyembuhan berbagai penyakit.

Dengan berbagai kandungan yang dimiliki, tidak heran jika daun sirih merah sering kali digunakan atau dikonsumsi sebagai obat herbal. Dalam hal ini, terdapat beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Seperti mengatasi peradangan gusi, mengurangi berbagai gejala gangguan pencernaan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Daun sirih merah merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat alami untuk kesehatan. Daun ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Mulai dari kandungan flavonoid, alkaloid, tannin, hingga senyawa polifenolat. Bukan hanya itu, daun sirih merah juga mengandung minyak atsiri yang tidak kalah penting untuk tubuh.

Manfaat daun sirih merah juga berguna untuk menurunkan kadar gula darah, mempercepat penyembuhan peradangan, hingga mengobati penyakit jantung koroner. Bagi Anda yang memiliki kondisi atau risiko dari beberapa penyakit ini, pengobatan dengan daun sirih bisa menjadi salah satu pilihan.

Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh begitu kaya.

Biasanya Anda mengonsumsi daun sirih hijau untuk mengatasi beberapa penyakit. Namun, daun sirih merah juga tak kalah dari daun sirih hijau dalam hal manfaat penyembuhannya.

Kandungan daun sirih merah tersebut baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah sampai rambut. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah disebutkan bisa dirasakan dengan merebus, menjadikan ramuan, sampai dibuat masker wajah daunnya. Tanaman merambat ini mudah ditemukan dan ditanam di pekarangan rumah.

Di Indonesia, daun sirih kerap digunakan untuk menginang para lansia dan cara inipun bisa mendatangkan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan mulut mereka. Tak cuma di Indonesia, sejak tahun 400 SM daun sirih sudah dipakai sebagai obat alternatif. Khususnya di India, Afrika, Filipina, hingga Srilanka.

Tanaman sirih sendiri banyak tumbuh di Indonesia. Memiliki manfaat beragam, daun ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Piper crocatum ini umumnya dikonsumsi dengan cara diseduh atau dimakan langsung. Selain itu, kandungan sirih merah juga dapat dijadikan suplemen yang baik untuk kesehatan.Biasanya, daun sirih merah digunakan untuk menghentikan pendarahan pada mimisan.

Sekitar 85-90% kandungan daun sirih adalah air, yang berarti memiliki kadar air yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah. Sebanyak 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori. Termasuk di dalamnya adalah 0,4-1% lemak dan 3-3,5% protein, yang menjadikannya sumber rendah lemak dan sumber protein sedang

Selain itu, daun sirih mengandung nutrisi esensial dalam jumlah sedang seperti yodium (3,4 mcg/ 100 gram), kalium (1,1-4,6%), vitamin A (1,9-2,9 mg/ 100 gram), vitamin B1 (13-70 mcg/ 100 gram), vitamin B2 (1,9-30 mcg/ 100 gram) dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/ 100 gram).

Dalam nutrisi tersebut daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betel phenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimia ini memiliki sifat obat dan membantu dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai penyakit dan gangguan.

Yuk kita simak tuntas manfaat dari kandungan daun sirih merah ampuhmenyembuhkan banyak penyakit.

1. Cegah Kanker Prostat

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Mencegah kanker prostat juga termasuk salah satu manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang tidak kalah penting. Dalam hal ini, kandungan tannin, saponin, dan hydroxychavicol dapat bekerja merangsang sel-sel kelenjar prostat yang mengalami kerusakan.

Dengan begitu, risiko peradangan pada prostat bisa diminimalisir dengan baik. Ini merupakan salah satu pengobatan herbal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi dan mencegah kanker prostat.

2. Menurunkan Gula Darah

narayanahealth.org
Foto : narayanahealth.org

Manfaat daun sirih merah berikutnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Diketahui, daun sirih merah mengandung senyawa aktif yaitu tannin yang memiliki sifat anti diabetes.

Selain itu, kandungan alkaloid yang terdapat di pada daun sirih merah juga mampu menurunkan kadar gula darah dan menghambat penyerapan glukosa pada usus secara efektif. Kandungan polifenol daun sirih merah juga berperan sebagai zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai risiko kerusakan sel akibat senyawa radikal bebas.

3. Atasi Gangguan Pernapasan

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang tidak kalah penting dapat mengobati masalah pernapasan. Diketahui, rebusan air daun sirih merah dapat membantu mengobati penyakit bronkitis.

Selain itu, ramuan ini juga berguna untuk mengatasi masalah saluran pernapasan lain seperti pneumonia. Untuk mendapatkan manfaat ini, rebus 5-7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih, lalu diamkan beberapa menit, dan minum selagi hangat.

4. Obat Batuk Kering

Freepik
Foto : Freepik

Daun sirih merah efektif untuk mengobati batuk. Cara meraciknya pun mudah, Moms hanya perlu merendam 10 lembar daun sirih merah segar di dalam larutan alkohol 70% selama 30 menit agar bakterinya mati.

Selanjutnya, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula pasir. Rebus hingga airnya menyusut lalu minum dengan takaran 1 sdm sebanyak tiga kali sehari.

5. Atasi Penyumbatan Luka

www.freepik.com/shayne_ch13
Foto : www.freepik.com/shayne_ch13

Lebih lanjut ditemukan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki efek yang sangat kuat pada penyembuhan luka pada kasus luka bakar. Dengan demikian, daun sirih merah berperan sebagai agen pelindung dalam penyembuhan luka dengan meningkatkan laju kontraksi luka dan kandungan protein total.

Peningkatan kadar stres oksidatif menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka. Daun sirih merah merupakan sumber antioksidan yang hebat. Antioksidan ini mengurangi stres oksidatif dan lebih lanjut membantu penyembuhan luka dengan cepat.

6. Merawat Organ Intim Wanita

Daun sirih merah juga dipercaya dapat mengatasi keputihan dan merawat organ intim wanita. Hal ini karena daun sirih merah memiliki sifat antiseptik yang dapat melindungi organ intim dari bakteri jahat.

Caranya, rebus 8 daun sirih merah yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin. Lalu, gunakan rebusan air daun sirih merah itu untuk membasuh organ intim sebanyak dua kali sehari.

7. Membersihkan Plak Gigi

Pinterest
Foto : Pinterest

Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan dan mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat daun sirih merah ini didapatkan dari minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi. (jra)

Topik Terkait