img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Berikut beberapa resep kue lumpur dengan banyak varian rasa, yang dapat kalian coba di rumah bagi para pemula dan pastinya mudah cara membuatnya anti ribet. Kue lumpur sendiri memang selalu menjadi incaran semua orang saat dijajahkan di pasaran, karena rasanya yang khas dan tidak membosankan.

Kue lumpur merupakan salah satu jajanan tradisional yang populer dan masih diminati hingga kini. Kue ini terbuat dari bahan utama kentang, yang dicampur dengan tepung terigu, gula, dan telur. Adonan hasil campuran beberapa bahan ini kemudian dipanggang di atas wajah cetak hingga matang.

Kue lumpur ini kerap disajikan sebagai makanan ringan di berbagai acara. Meskipun begitu, Anda juga bisa membuat kue lumpur untuk camilan ringan saat berkumpul dengan keluarga atau teman di rumah. Hidangan kue lumpur ini sangat cocok disantap dengan segelas teh atau kopi manis.

Meskipun termasuk camilan, sajian kue lumpur ini dapat memberikan rasa kenyang saat disantap. Dengan begitu, hidangan kue lumpur ini sangat cocok disantap sore hari atau waktu senggang untuk mengganjal rasa lapar, hingga waktu makan tiba. Jika tertarik, terdapat beberapa resep kue lumpur kembut dan manis yang bisa Anda coba. Mulai dari kue lumpur original hingga kreasi kue lumpur dengan berbagai bahan lain, seperti ubi, labu kuning, dan lain sebagainya. Tidak perlu khawatir, sajian kue lumpur ini dibuat dengan cara pengolahan yang sederhana sehingga mudah dipraktikkan.

Kue tradisional ini rasanya lembut manis. Kali ini dipadukan dengan ekstrak pandan suji dengan taburan potongan nangka yang harum semerbak.
Kue tradisional atau jajan pasar tak pernah membosankan. Karena bahannya sederhana dan enak dimakan kapan saja. Seperti kue lumpur kentang yang teksturnya lembut.

Kue lumpur biasanya dipadukan dengan kismis atau potongan kelapa muda. Disajikan hangat sebagai teman minum teh atau kopi rasanya makin mantap. Kini kue lumpur punya banyak variasi. Tekstur kue lumpur yang lembut empuk dipadukan dengan kentang atau dicampur dengan ekstrak pandan suji hingga wangi aromanya.

Bahan-bahan dasarnya adalah kentang, santan, dan telur. Namun, variasi lainnya kue lumpur bisa ditambahkan pandan atau ubi. Kentang atau ubi menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Menariknya, kue lumpur biasanya diberi hiasan kismis di atas sebagai pemanis.

1. Resep Kue Lumpur Kentang

Bahan-bahan:

✓250 gram kentang

✓250 gram tepung terigu

✓2 butir telur ayam

✓550 ml santan kelapa

✓3 sdm mentega

✓10 sdm gula pasir

✓1/2 sdt garam

✓1/4 sdm vanili bubuk

Cara membuatnya:

1. Kukus kentang sampai empuk.

2. Rebus santan dengan mentega dan garam sampai mendidih, lalu biarkan dingin.

3. Kentang yang sudah dikukus potong-potong kecil. Campurkan kentang dan air rebusan santan. Haluskan dengan blender sampai menyatu.

4. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut. Tak perlu sampai berbusa. Setelah itu, campurkan adonan yang sudah diblender ke kocokan telur. Aduk rata.

5. Pastikan tidak ada bagian yang bergerindil. Aduk sambil agak ditekan-tekan untuk menghasilkan kue yang teksturnya lembut.

6. Setelah adonan siap, panaskan cetakan. Oleskan mentega pada cetakan. Tuang adonan, tutup dan masak sampai matang. Kue lumpur kentang siap dinikmati.

2. Kue Lumpur Ubi Madu

Bahan-bahan:

✓250 g labu parang (berat setelah dikukus, tanpa kulit)

✓1 butir telur

✓125 g gula pasir

✓1/4 sdt garam

✓1/4 sdt vanilla essence

✓250 ml santan (dari ¼ buah kelapa)

✓125 g tepung terigu serbaguna

✓50 g margarin (lelehkan)

Cara membuatnya:

1. Kukus labu parang bersama kulitnya dengan api sedang sampai empuk. Kupas kulitnya, kemudian haluskan dengan garpu. Sisihkan.

2. Kocok telur bersama gula sampai pucat berbusa dan gula larut. Kemudian masukkan garam dan vanilla essence. Aduk kembali sampai tercampur rata.

3. Tuang santan. Aduk rata kembali. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk sampai tidak ada yang menggumpal.

4. Masukkan labu yang sudah dihaluskan. Aduk sampai tercampur rata. Tuang margarin yang sudah dilelehkan. Aduk sampai tidak ada margarin yang mengendap.

5. Panaskan wajan kue lumpur. Gunakan api kecil agar tidak mudah gosong. Olesi margarin tipis-tipis. Jika menggunakan yang berbahan teflon tidak perlu dioles margarin, adonan bisa langsung dituang. Tuang sebanyak 3/4 dari kedalaman cetakan. Kemudian tutup.

6. Setelah ½ matang bisa diberikan toping di atasnya (kismis, keju, atau meises). Karena saya tidak pakai toping, langsung tunggu sampai bagian pinggir kecoklatan dan permukaan bagian atas mengeras. Angkat dan tunggu dingin. Lakukan sampai adonan habis. Sajikan.

3. Kue Lumpur Pandan

Bahan-bahan:

✓400 ml santan segar

✓100 ml ekstrak daun pandan suji

✓1/2 sdt garam

✓150 g gula pasir

✓2 butir telur ayam

✓250 g kentang, kupas, kukus, haluskan

✓250 g tepung terigu

✓50 g mentega, lelehkan

✓Vanili

✓50 g margarin leleh

Topping:

✓kismis

Cara membuatnya:

1. Pertama-tama, rebus santan. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan.

2. Kocok kuning telur, telur, dan gula pasir hingga mengembang dan warnanya memucat. Kemudian, masukkan vanili dan garam. Kocok lagi sampai merata.

3. Masukkan santan, lalu kocok rata. Lalu, masukkan terigu, margarin meleleh bergantian dengan kentang yang sudah dihaluskan. Kocok lagi sampai merata.

4. Tambahkan pasta pandan pada santan dan tuang sedikit demi sedikit sambil dikocok rata. Adonan siap untuk digunakan.

5. Panaskan cetakan kue lumpur, oles tipis margarin.

6. Tuang adonan sebanyak ¾ cetakan, lalu tutup dan biarkan sampai setengah matang.

7. Buka tutup cetakan, lalu berikan kismis sebagai toppingnya sesuai selera. Kemudian, tutup kembali cetakan dan biarkan hingga matang.

8. Setelah matang, angkat kue lumpur dari cetakan dan siap untuk disajikan. Atau bisa langsung dimakan saat masih panas juga sangat lezat.

4. Kue Lumpur Ubi Ungu

Bahan-bahan:

✓250 gram ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan

✓250 gram tepung terigu

✓200 gram gula

✓2 butir telur

✓1 butir kuning telur

✓100 gram mentega yang sudah dicairkan

✓500 ml santan

✓½ sdt vanili bubuk

✓Garam, secukupnya

✓Kismis atau keju cheddar

Cara membuatnya:

1. Kocok telur dan gula sampai merata. Lalu, tambahkan vanili dan garam.

2. Tambahkan ubi ungu yang sudah dihaluskan. Campurkan dengan santan.

3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, kemudian masukkan pula mentega cair.

4. Panaskan cetakan kue dengan api kecil, oleskan mentega tipis agar cetakan tidak lengket.

5. Tuang adonan sebanyak ¾, tutup, dan tunggu sampai setengah matang.

6. Taburkan kismis atau keju di atasnya sebagai topping, tutup kembali, dan tunggu sampai matang.

7. Kue lumpur siap untuk disajikan.

5. Kue Lumpur Surga

Bahan-bahan:

✓150 ml santan kelapa

✓100 ml air pandan (daun pandan diblender dengan air lalu disaring)

✓3 butir telur ayam

✓2 sdm tepung terigu

✓10 sdm gula pasir

✓400 ml santan kelapa

✓1 sdm tepung beras

✓1 sdm tepung maizena

✓2 sdm gula pasir

✓sejumput garam

Cara membuatnya:

1. Campur semua bahan lapisan hijau. Aduk rata hingga tidak bergerindil.

2. Tuang lapisan hijau ke aluminium foil. Kukus selama sekitar 20 menit.

3. Campur semua bahan lapisan putih. Aduk rata hingga tidak bergerindil.

4. Masak lapisan putih sampai mengental.

5. Tuang lapisan putih di atas lapisan hijau. Kukus kembali selama sekitar 20 menit.

Topik Terkait