img_title
Foto : Pinterest/Topwisata.info

IntipSelebEs doger, pastinya anda sudah tidak asing lagi bukan dengan minuman manis yang satu ini? Es doger merupakan salah satu kuliner yang berasal dari dari daerah Cirebon. Akan tetapi, saking populernya jajanan yang satu ini, anda bisa menemukannya di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta, Malang, hingga Surabaya.

Di daerah Jakarta sendiri, keberadaan es doger sudah sangat melekat di hati masyarakat. Pasalnya, tak sulit untuk menemukan jajanan manis yang satu ini, sebab banyak penjual es doger yang menjajakannya di pinggir jalan dan juga mudah ditemui di restoran-restoran tertentu.

Es doger sendiri merupakan jenis minuman yang terbuat dari campuran es serut yang ditambah susu, sirup, parutan kelapa, potongan alpukat, tape hingga nangka. Es doger ini menjadi primadona di kota-kota yang memiliki suhu cenderung panas, sebab dapat melepas dahaga dan memulihkan stamina.

Bayangkan saja, rasa manis dari susu yang menyerap di dalam lembutnya es serut serta dilengkapi dengan buah alpukat yang memiliki cita rasa khas serta berpadu dengan parutan kelapa. Wah, membayangkannya saja sudah bikin ngiler, ya.

Lantas sudah tahukah anda tentang sejarah dari es doger? Jika belum, tidak ada salahnya jika anda menilik sejarah tentang es doger yang cukup menarik berikut ini. Selain sejarah, kami juga akan menyajikan resep es doger yang bisa anda buat di rumah. Yuk simak artikelnya berikut ini.

Sejarah es doger

Pinterest/Winarni Gunawan
Foto : Pinterest/Winarni Gunawan

Jika anda adalah pecinta es doger, maka tak ada salahnya jika anda menyimak sejarah dari es doger berikut ini. Ada beberapa sejarah tentang es doger, tidak ada yang pasti sebab ini merupakan kisah yang diturunkan turun temurun.

Minuman yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat ini, dipercaya dulunya dimanfaatkan oleh masyarakat suku Bertawi sebagai hidangan yang disajikan saat acara-acara tertentu. Pada dasarnya, es doger disepakati sebagai minuman dingin yang dibuat dari kelapa muda diserut, kemudian ditambah dengan susu, tape dan bahan-bahan lainnya.

Kemudian, di jaman dulu, para pedagang yang menjajakan es doger menjualnya dengan cara dipikul. Penjualan seperti ini pun berlangsung cukup lama hingga akhirnya terpikirkan ide untuk memanfaatkan gerobak untuk menjajakan es doger.

Gerobak tersebut didorong hingga kemudian muncul lah nama yang dikenal hingga saat ini yakni es doger, yang tak lain dan tak bukan merupakan singkatan dari Dorong Gerobak. Akan tetapi ada sejarah lain tentang asal usul nama es doger ini.

Beberapa ada yang menyebut bahwa asal usul nama Es Doger mengacu kepada jajanan yang biasa disuguhkan pada Pertunjukkan Doger. Doger sendiri merupakan sebutan untuk penari perempuan Ronggeng di wilayah Dermasuci, Dermayon/Indramayu, Subang, Cirebon. Karena sering dijajakan dalam acara pertunjukkan tersebut, maka es yang satu ini dikenal dengan nama es Doger.

Kendati sejarahnya memiliki beberapa kisah yang berbeda, namun keduanya sama-sama memiliki keunikan tersendiri.

Cara membuat es doger

Pinterest/Topwisata.info
Foto : Pinterest/Topwisata.info

Setelah mengetahui bagaimana sejarah terkait asal usul nama dari es doger, selanjutnya tak lengkap jika anda tidak mengetahui bagaimana cara membuat es doger.

Mungkin beberapa di antara anda berada di wilayah yang tidak ada pedagang yang menjual es doger, maka dari itu anda tidak perlu khawatir. Sebab es doger dapat anda buat di rumah serta caranya pun cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa cara membuat es doger yang bisa anda lakukan di rumah.

1. Resep es doger

Bahan-bahan es doger

- 300 gr gula pasir
- 1000 ml santan
- sirup cocopandan secukupnya
- tape
- 100 gr sagu mutiara
- 800 ml air
- susu kental manis secukupnya
- alpukat
- nangka
- ketan hitam

Cara membuat es doger:

1. Langkah pertama adalah dengan mencampur gula pasir, santan lalu diaduk hingga gula pasir larut. Kemudian masak dengan api kecil hingga mendidih dan jangan lupa untuk terus diaduk.
2. Kemudian setelah mendidih, tambahkan sirup cocopandan (sesuaikan dengan selera) dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu matikan dan tuang ke dalam wadah, diamkan hingga agak dingin kemudian baru masukkan ke dalam freezer. Biarkan hingga beku.
3. Langkah selanjutnya adalah panaskan air kemudian tambahkan sagu mutiara, masak selama kurang lebih 5 menit. Kemudian setelah selesai, aduk-aduk sebentar dan tutup kembali panci yang berisi sagu mutiara dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian jika masih ada sagu yang tampak bagian putihnya, tandanya belum matang. Maka anda perlu memasaknya kembali selama kurang lebih 7 menit.

4. Setelah selesai, diamkan kembali selama 30 menit. Setelah jadi anda bisa mulai potong kecil-kecil alpukat, nangka dan juga tape. Isian dari es doger ini bisa disesuaikan dengan selera anda, jika tak suka dengan salah satu bahan tersebut bisa tidak digunakan.
5. Selanjutnya, jika es doger yang dibekukan ke dalam freezer sudah beku, keluarkan dan kerok.
6. Barulah anda bisa menaruh sagu, ketan hitam, potongan nangka dan alpukat, tape kemudian tambahkan es yang telah dikerok ke atasnya. Tambahkan susu sebagai pelengkapnya dan es doger yang lembut siap anda nikmati.

2. Resep es doger

Bahan-bahan es doger:

- 1 liter Air
- 2 bungkus santan instant (@65ml)
- 8-10 sdm sirup coco pandan (sesuai selera)
- 1/4 sdt garam
- 4 s/d 5 sdm gula pasir

Bahan toping:

- tape singkong
- alpukat
- agar-agar
- roti tawar
- daging kelapa muda

Cara membuat es doger:

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat es doger adalah membuat bahan utamanya, yakni esnya. Pertama anda campurkan santan instan ke dalam air di dalam panci, kemudian aduk sebentar dan tambahkan sedikit garam. Barulah tambahkan sirup cocopandan, sesuaikan dengan selera.
2. Setelah itu tambahkan gula pasir dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu nyalakan kompor dan masak dengan api kecil, aduk terus hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor dan tambahkan daging kelapa muda setelah itu tuang ke dalam wadah dan diamkan sebentar.

3. Kemudian jika suhu sudah seperti suhu ruangan, masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga beku.
4. Selagi menunggu, anda bisa memotong kecil-kecil buah alpukat, nangka, alpukat, roti dan juga agar-agar yang telah disiapkan.
5. Setelah itu keruk es yang telah jadi dan mulai susun komposisi es doger. Taruh sedikit es serut sebagai dasar kemudian baru taruh topping yang telah anda siapkan. Setelah itu tutup kembali dengan parutan es doger.
6. Tambahkan susu sebagai pelengkapnya, dan es doger siap disajikan.

Demikian adalah sejarah tentang es doger serta cara membuat es doger. Semoga informasi terkait es doger di atas dapat bermanfaat bagi anda dan sekaligus dapat menjadi ide berkreasi anda di rumah.

Topik Terkait