img_title
Foto : Pinterest/Cabaca Redaksi & Piknikdong

IntipSelebResep soto ayam bening pada dasarnya cukup mudah. Pastinya, anda sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Soto ayam merupakan salah satu makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Soto ayam pada dasarnya terdiri dari irisan sayuran kol, tauge, daun seledri dan daun bawang, suwiran ayam yang kemudian disiram dengan kuah berwarna kuning yang berasal dari bahan kunyit. Rasanya semakin mantap tatkala diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Maka, sensasi rasa kuah soto yang gurih dan asam akan membuat anda segar dan tentunya berbahaya. Kenapa berbahaya, sebab dapat membuat anda ketagihan! Sebenarnya jenis soto pertama yang ada bukanlah soto ayam, akan tetapi soto daging.

Namun karena penggunaan bahan daging yang berasal dari daging sapi yang cenderung mahal, maka banyak orang yang menyiasatinya dengan mengganti bahan tersebut menjadi ayam. Meski pun menggunakan ayam, rasanya pun tak kalah nikmat dibandingkan dengan soto daging sapi.

Biasanya soto ayam akan semakin nikmat jika dimakan dengan ditambahkan sambal sehingga membuat rasa kuah soto yang gurih dan asam dari jeruk nipis, kemudian berpadu dengan pedasnya sambal. Wah, bisa dibayangkan ya, perpaduan rasa tersebut akan memanjakan lidah kalian.

Akan tetapi ada juga yang lebih menyukai soto ayam versi originalnya alias tidak diberi tambahan apa-apa. Jika anda hanya suka kuah soto yang bening alias tanpa diberi tambahan apa pun, anda tidak perlu khawatir, sebab pada dasarnya soto menggunakan kuah bening. Sehingga banyak yang menyebutnya dengan soto ayam bening.

Jika saat ini anda sedang mencari-cari bagaimana resep soto ayam bening yang mudah, maka anda datang ke situs yang tepat. Sebab, berikut ini akan kami sajikan beberapa resep soto ayam bening yang tentunya mudah untuk anda praktikkan di rumah. Penasaran? Simak 2 resep soto ayam bening berikut ini.

1. Resep soto ayam bening

Pinterest/Cabaca Redaksi
Foto : Pinterest/Cabaca Redaksi

Bahan-bahan soto ayam bening

- 2,5 liter air
- ½ ekor ayam
- 1 sdm garam
- ¼ sdm gula pasir
- ½ sdm kaldu bubuk
- 2 lembar daun salam
- 10 lembar daun jeruk
- 2 batang serai geprek
- 1 ruas lengkuas geprek

Bumbu halus:
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- 5 butir kemiri
- ¼ sdt lada bubuk
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 5 siung bawang putih
- 15 siung bawang merah

Bahan pelengkap (isian):
- Kol
- Soun (direbus)
- Tauge
- Tomat
- Jeruk nipis
- Telur rebus
- Daun bawang
- Bawang goreng

Resep soto ayam bening atau cara membuatnya:
1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan memasak air hingga mendidih, kemudian rebus ayam yang telah dipotong menjadi beberapa bagian.
2. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar bubuk, lada bubuk dan sedikit air. Setelah halus, tumis bumbu tersebut hingga wangi dan matang kemudian tambahkan daun salam, serai, lengkuas dan daun jeruk.
3. Setelah bumbu matang, campurkan bumbu yang telah ditumis ke dalam panci kemudian diaduk hingga merata. Setelah itu tambahkan garam, kaldu bubuk, gula pasir dan aduk kembali hingga rata. Setelah ayam yang direbus matang, angkat dan sisihkan.

4. Selanjutnya anda masih perlu memasak kuah kaldu yang telah diberi bumbu tersebut, tambahkan setengah liter air kemudian tunggu hingga mendidih. setelah menddidih, koreksi rasa agar sesuai dengan selera.
5. Setelah kuah matang, suwir-suwir ayam yang telah direbus. Kemudian taruh suwiran ayam, tauge, irisan kol, soun, dan bahan pelengkap lainnya kemudian tuangkan kuah bening yang telah anda buat.
6. Soto ayam bening siap disajikan.

2. Resep soto ayam bening rumahan

Instagram/@inamaniez
Foto : Instagram/@inamaniez

Bahan-bahan soto ayam bening rumahan

- 1 ekor ayam
- 8 siung bawang merah
- 7 siung bawang putih (sisakan 2 siung untuk di cacah lalu ditumis)
- 7 butir kemiri
- 2 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 ruas lengkoas (digeprek)
- 2 batang sereh (digeprek)

- 3 lembar daun salam
- 10 lembar daun jeruk (dirobek agar wangi)
- 2 batang daun bawang (diiris)
- 1 sdt lada bubuk
- 1 sdt ketumbar (dihaluskan)
- 1 sdm gula pasir (sesuai selera)
- 1 sdm garam (sesuai selera)
- 1 sdm kaldu bubuk (sesuai selera)

Isian atau pelengkap soto Ayam:

- Soun direbus (sesuai selara)
- Kol diiris (sesuai selera)
- Tauge (sesuai selera)
- Telur rebus (sesuai selera)

Bahan Taburan Soto Ayam:

- Seledri (diiris tipis)
- Bawang goreng
- Kerupuk (sesuai selera)

Resep soto ayam bening atau cara membuatnya:
1. Langkah pertama adalah dengan merebus daging ayam hingga mendidih. Kemudian sembari menunggu air mendidih, haluskan bumbu yakni bawang merah, bawang putih (sisahkan 2 siung), kemiri, kunyit dan jahe kemudian tambahkan sedikit air.
2. Setelah itu, tumis 2 siung bawang putih yang telah diiris tipis. Setelah agak matang, tumis juga bersama dengan bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi dan matang. Setelah itu tambahkan ketumbar dan lada yang telah dihaluskan (bisa juga pakai yang bubuk). Jangan lupa tambahkan serai, lengkuas dan juga daun jeruk.

3. Setelah tumisan tersebut matang dan agak mengering, angkat dan masukkan tumisan bumbu yang telah dibuat ke dalam air rebusan ayam. Aduk-aduk dan masak untuk beberapa saat hingga daging ayam benar-benar empuk.
4. Setelah itu tambahkan garam, kaldu bubuk, gula pasir dan diaduk. Jangan lupa koreksi rasa, sesuaikan dengan selera anda.
5. Jika sudah dirasa pas, angkat ayam dari air rebusan, kemudian suwir ayam. Tambahkan suwiran ayam ke mangkuk bersama dengan soun, tauge dan juga bahan pelengkap lainnya.
6. Tuangkan kuah soto yang telah dibuat kemudian soto ayam bening siap disajikan.

Bonus cara membuat sambal soto

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Cara membuat sambal untuk soto ayam sangatlah mudah. Bahannya pun hanya dua, yakni cabai rawit dan garam. Caranya adalah dengan merebus beberapa buah cabai rawit kemudian diulek bersama dengan garam secukupnya. Setelah sambal halus, tambahkan air agar sambal soto bertekstur agak cair.

Demikian adalah beberapa resep soto ayam bening yang mudah untuk dibuat. Meski pun di atas dituliskan bahan isiannya cukup lengkap seperti terdiri dari soun, tauge, irisan kol, hingga telur rebus, namun pada saat pratiknya anda bisa sesuaikan dengan selera anda.

Jika anda tidak suka menggunakan soun maka anda bisa melewati bahan tersebut dan menggunakan bahan yang memang sekiranya anda suka saja. Semoga resep soto ayam bening di atas dapat menjadi referensi atau ide bagi anda. Atau anda juga bisa memanfaatkannya sebagai ide berjualan untuk Anda.

Topik Terkait